6 Tips Meminimalisir Budget Saat Melakukan Travelling

Saat traveling makanan merupakan hal yang sangat penting, percuma kan kalau hati Anda bahagia tapi perut menangis.
Ilustrasi (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Sering melakukan travelling tentu merupakan hobi yang menyenangkan. Pasalnya, selain Anda bisa memperoleh banyak teman dan pengalaman baru, travelling juga sangat berguna untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan.

Ternyata ada cara meminimalisir budget traveling Anda mulai dari hal yang terkecil seperti makanan. Saat traveling makanan merupakan hal yang sangat penting, percuma kan kalau hati Anda bahagia tapi perut menangis.

Tapi bagaimana jika budget yang kamu siapkan untuk makanan Anda ternyata habis untuk biaya-biaya lainnya? Nggak perlu khawatir lagi, Anda bisa ikuti cara-cara ini ketika traveling nih.


1. Buatlah Rincian Perjalanan Anda Secara Detail

Sebelum melakukan travelling, sebaiknya buatlah rincian perjalanan yang detail terlebih dahulu. Contohnya, seperti merencanakan budget pengeluaran, jenis dan rute transportasi yang akan digunakan, hingga tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi ketika Anda sudah berada di daerah atau negara tujuan.

Dengan membuat rincian perjalanan, Anda bisa mengira berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan travelling. Selain itu, jika pengeluarannya dirasa terlalu besar, Anda juga bisa melakukan penyesuaian rencana agar menjadi lebih hemat. Nah, keuntungan “penghematan” seperti ini tentu tidak bisa Anda peroleh apabila hanya mengandalkan spontanitas saat travelling.


2. Melakukan Perjalanan Malam Hari Untuk Menghemat Biaya Penginapan

Guna menghindar dari bayar penginapan, kita bisa bepergian di malam hari, terutama untuk perjalanan panjang atau antarkota. Dengan cara ini, kita tidak hanya menghemat biaya karena bisa tidur di dalam kendaraan yang kita tumpangi.


3. Menginap di Homestay Atau Hotel Biasa Saja

Buat Anda yang ingin menghemat pengeluaran saat travelling, Anda bisa memilih Homestay atau hotel bintang satu untuk menginap. Terlebih jika Anda hanya sekedar transit atau singgah untuk satu dua malam saja. Daripada menginap di hotel mewah dengan budget yang tinggi, bukannya jauh lebih baik jika kamu menghemat uang tersebut untuk keperluan lain saat travelling, bukan?


4. Memakai Penawaran Diskon

Dalam melakukan travelling, ada banyak sekali penawaran diskon & kode promo yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran Anda. Baik itu untuk diskon harga tiket pesawat, kamar hotel, transportasi dari dan ke bandara, hingga penawaran promo makan di restoran tertentu.

Nah, salah satu cara untuk mendapatkan penawaran diskon, kode promo, bahkan cashback pembelian tiket pesawat untuk travelling biasanya mendapat penawaran cashback.


5. Cari Restoran Dengan Harga Terjangkau

Nah kalau Anda belum ada persiapan dalam memilih pengiapan, Anda harus tetap mencari restoran murah di sekitar penginapanmu ya. Coba tanyakan kepada resepsionis penginapan Anda, siapa tahu dia bisa merekomendasikan restoran murah untuk Anda.


6. Tidak Membeli Oleh-Oleh

Belum juga berangkat traveling, tidak jarang kita sudah ditodong oleh-oleh. Kalau sudah begini kita harus tegas untuk bilang “maaf, tidak ada oleh-oleh ya!”

Namun, jika memang ingin membeli cenderamata untuk kenang-kenangan, kita bisa membelinya agak jauh dari lokasi wisata. Pasti deh, harganya lebih murah.

Bagaimana, mudah kan? Silakan dicoba supaya traveling kamu tetap nyaman di kantong. Tetapi jangan lupa untuk selalu menyiapkan dana cadangan ya. Selamat traveling.[]


(Farhan Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Mencari Makanan Enak Saat Traveling
Makanan enak bisa ditemukan hampir dimana saja. Tanpa menggunakan ulasan online, berikut tips untuk mengetahui makanan yang lezat saat traveling.
Jakarta-Surabaya Rp 700 Ribu, Artis Ini Nyaman Traveling Mobil
Dengan mobilnya, artis ini melintasi Surabaya dari Jakarta lantas nyeberang liburan ke Pulau Bali.
Yuk, Simak 3 Ide Berkelanjutan Traveling ke Anyer Banten
Provinsi Banten memiliki banyak destinasi wisata menarik. Seperti di Anyer berjejer keindahan alam berupa pantai yang cantik.
0
6 Tips Meminimalisir Budget Saat Melakukan Travelling
Saat traveling makanan merupakan hal yang sangat penting, percuma kan kalau hati Anda bahagia tapi perut menangis.