6 Tips Ampuh Agar Tak Salah Pilih Beli Mobil

Anda harus memahami betul kondisi, kualitas, dan kemampuan mobil seperti apa yang dibutuhkan agar tak salah pilih mobil impian.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Pexels/Pixabay)

Jakarta - Hal utama yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli mobil hanyalah terkait spesifikasi dan budget yang mampu dikeluarkan.

Hal tersebut mengharuskan Anda untuk memahami betul kondisi, kualitas, dan kemampuan mobil seperti apa yang dibutuhkan serta keperluan pendukung agar lebih siap untuk menghadapi situasi tak terduga yang mungkin terjadi di masa depan.

Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada pihak-pihak terkait seperti sales, diler.


1. Bagaimana Pertanggungan Asuransinya?

Secara umum, asuransi mobil memiliki dua jenis, yaitu, total loss only atau TLO, dan comprehensive atau all risk. Sesuai namanya, TLO hanya mencakup perlindungan saat kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75 persen atau hilang total.

Sedangkan untuk comprehensive atau all risk, perlindungan kendaraan yang diberikan mencakup segala kerusakan ringan maupun berat. Untuk itu, tidak mengherankan jika asuransi mobil jenis all risk biasanya lebih mahal ketimbang TLO.


2. Bagaimana Fasilitas Kreditnya?

Biasanya, diler mobil menyediakan fasilitas finansial pada konsumen yang membeli mobil, misalnya, leasing dan asuransi mobil. Jika kedua hal ini tak Anda temukan saat membeli mobil, mungkin Anda perlu mencari diler lain yang menyediakan. Opsi lain adalah mendatangi Bank atau fasilitas leasing di luar diler yang bisa menanggung pembelian Anda secara kredit.


3. Bagaimana Resale Valuenya?

Setiap mobil yang dijual dalam kondisi bekas pasti mengalami ketimpangan harga yang cukup signifikan. Namun, tergantung dari merek dan tipe kendaraan, selisih harga mobil bekas tak selalu sama, ada yang langsung anjlok, ada pula yang tak terlalu jauh berbeda. Nah, selisih harga mobil saat dijual kembali ini perlu diketahui agar tak banyak merugi saat memang dibutuhkan untuk menjualnya.


4. Bagaimana Layanan Purnajualnya?

Selayaknya kendaraan jenis lainnya, mobil memerlukan servis rutin agar performanya terjaga. Untuk itu, sebelum membeli mobil, cari tahu apakah bengkel resmi dari model mobil yang ingin Anda beli mudah untuk dicari dan bagaimana harga suku cadangnya. Mengetahui bagaimana layanan darurat atau home service dari bengkel resmi juga bisa Anda tanyakan. Hal ini penting untuk dilakukan karena berkaitan erat dengan aspek lainnya yang perlu Anda tanyakan saat berencana membeli mobil.


5. Seperti Apa Impresinya?

Mengetahui bagaimana rasa atau impresi dari mobil tentunya bisa dilakukan sendiri saat test drive. Untuk menambah informasi yang Anda miliki, bisa juga mencari referensi mengenai impresi mobil tersebut dari orang yang Anda percaya atau review media otomotif.


6. Bagaimana Spesifikasinya?

Ada banyak jenis kendaraan roda empat yang bisa dipilih, seperti sedan, LCGC, multipurpose vehicle atau MPV, hatchback, hingga Sport Utility Vehicle, dengan beragam fitur dan kelebihannya masing-masing. Temukan mobil yang sesuai kebutuhan Anda. 

Setelah memilih jenis mobil, Anda perlu mencari informasi mengenai harga, spesifikasi, konsumsi bahan bakar, kapasitas mesin tenaga, serta fitur yang tersedia dalam mobil, misalnya, entertainment, keselamatan, pendukung berkendara, dan sebagainya. []

Baca: Lima Penyebab Utama AC Mobil Beraroma Tak Sedap

Berita terkait
Wuling Motors Mulai Salip Mobil Pabrikan Jepang
Pertumbuhan positif Wuling Motors terjadi setelah kebijakan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah [PPnBM) diberlakukan.
Jerman Dongkrak Penjualan Mobil Listrik Kejar Target Iklim
Jerman ingin ada 10 juta mobil listrik di jalan pada akhir dekade ini dalam upaya memenuhi target iklim
Tips Mencegah Mobil Berkarat atau Berjamur
Berikut tips merawat mobil kesayangan untuk mkencegah karat atau jamur.
0
6 Tips Ampuh Agar Tak Salah Pilih Beli Mobil
Anda harus memahami betul kondisi, kualitas, dan kemampuan mobil seperti apa yang dibutuhkan agar tak salah pilih mobil impian.