6 Pemicu Radang Tenggorokan yang Tak Boleh Disepelekan

Paparan infeksi bakteri ini biasanya akan menunjukkan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan infeksi virus.
Ilustrasi sakit tenggorokan. (Foto: medicalnewstoday)

Jakarta - Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Paparan infeksi bakteri ini biasanya akan menunjukkan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan infeksi virus.

Radang tenggorokan dapat didefinikan sebagai suatu peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Radang tenggorokan juga akan diawali dengan beberapa gejala.

Sebagaimana dikutip Tagar dari Halodoc, virus dan bakteri merupakan penyebab umum terjadinya radang tenggorokan. Berikut beberapa faktor pemicunya.


1. Udara

Udara yang panas dan pengap dapat membuat tenggorokan kamu terasa gatal, terutama ketika bangun tidur. Untuk itu, selalu perhatikan sirkulasi udara yang ada di sekitar kamu, ya!


2. Alergi

Radang tenggorokan pada seseorang dapat disebabkan oleh adanya alergi pada debu, jamur, bulu binatang, dan serbuk sari bunga. Bahan-bahan pemicu radang tersebut dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan merupakan penyebab utama alergi yang disebabkan oleh radang tenggorokan.


3. Otot Tenggorokan yang Tegang

Kondisi ini biasanya dipicu oleh seseorang yang mempunyai kebiasaan berteriak. Dengan berteriak otot tenggorokan akan menegang dan memicu terjadinya radang tenggorokan.


4. Terpapar Polusi Udara

Polusi udara dapat menyebabkan iritasi tenggorokan jika seseorang terpapar secara terus-menerus. Selain polusi udara, radang tenggorokan juga dapat disebabkan karena konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok, dan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.


5. Mengidap Penyakit GERD

Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri pada ulu hati akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus sendiri merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Saat seseorang mengalami GERD, kondisi ini bisa memicu terjadinya radang tenggorokan.


6. Mengidap Tumor Tenggorokan

Tumor tenggorokan sering kali ditandai dengan penyakit radang tenggorokan. Selain radang tenggorokan, suara serak, sulit menelan, sesak napas, benjolan di leher, dan adanya kandungan darah dalam air liur juga menjadi tanda kalau seseorang tengah mengidap tumor tenggorokan. []

Baca Juga: Penyebab Kanker Tenggorokan, Penyakit Diderita Eddie Van Halen

Berita terkait
Waspadai 7 Tanda Gejala Radang Tenggorokan di Masa Pandemi
Radang tenggorokan dapat didefinisikan sebagai suatu peradangan yang terjadi pada tenggorokan.
5 Obat Alami yang Manjur Sembuhkan Nyeri Tenggorokan
Cara mengobati radang tenggorokan tak selalu dengan obat kimia, melainkan bahan alami juga bisa.
Cara Alami Mengobati Gejala Radang Tenggorokan Anak
Radang tenggorokan merupakan kondisi saat bagian belakang tenggorokan (faring) mengalami peradangan. Kondisi ini sering menyerang anak.
0
Sikap ILUNI FMIPA Soal Polemik Statuta UI
ILUNI FMIPA UI mengajak civitas Universitas Indonesia mengedepankan persatuan serta kesatuan dalam menjaga nama baik kampus.