UNTUK INDONESIA
6 Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat
Umat muslim di seluruh Indonesia umumnya berpuasa selama 12 hingga 14 jam dalam sehari. Namun, ada negara yang lebih singkat saat berbuka.
Para ulama Muslim berdoa saat menunggu penampakan hilal yang menandai dimulainya bulan suci Ramadan, di Cape Town, Afrika Selatan, 23 April 2020. (Foto: REUTERS/Mike Hutchings)

Mataram - Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh pemeluk agama Islam di seluruh dunia. Pada bulan penuh berkah itu, umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. 

Puasa dilakukan sejak waktu imsak atau ketika waktu salat subuh tiba hingga matahari terbenam. Umat muslim di seluruh Indonesia umumnya berpuasa selama 12 hingga 14 jam dalam sehari. 

Namun, tak semua negara memiliki durasi puasa yang sama dengan Indonesia. Beberapa negara memiliki durasi yang lebih lama, dan ada pula yang memiliki durasi yang lebih singkat.

Berikut Tagar informasikan 6 negara dengan durasi puasa tercepat di dunia.

1. Chile

Mesjid As-Salam

Mesjid As-Salam merupakan rumah ibadah umat Islam pertama di Chile. (Foto: Wikipedia)

Negara yang terletak di Benua Amerika Selatan ini memiliki durasi puasa selama kurang lebih 9 jam sehari. 

Waktu berpuasa bagi penduduk yang bermukim di negara beribu kota Kota Santiago ini dimulai dari pukul 05.30 pagi dan berakhir pukul 15.00 waktu setempat.

Meski begitu, umat muslim di Chile harus menjalankan ibadah Ramadan di tengah cuaca dingin serta udara yang kering.

2. Argentina

Umat muslim yang tinggal di negara pimpinan Presiden Alberto Fernandez ini juga menjalankan ibadah puasa dengan durasi singkat sekitar 9 jam 37 menit.

Namun, ada juga beberapa kota di Argentina yang mendapat durasi puasa kurang dari 9 jam seperti umat muslim yang tinggal di kawasan Ochaya.

3. Afrika Selatan

Ramadan

Para ulama Muslim berdoa saat menunggu penampakan hilal yang menandai dimulainya bulan suci Ramadan, di Cape Town, Afrika Selatan, 23 April 2020. (Foto: REUTERS/Mike Hutchings)

Negara yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2010 lalu ini memiliki waktu puasa sekitar 10 jam 30 menit. Kendati waktu puasanya lebih pendek, namun cuaca kering dan panas seolah menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim di Afrika Selatan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

4. Brasil

Hutan Amazon

Masyarakat adat dari suku Mura menunjukkan area gundul di dalam hutan hujan Amazon dekat Humaita, Negara Bagian Amazonas, Brasil 20 Agustus 2019. (Foto: Reuters/Ueslei Marcelino)

Negara yang dikenal banyak melahirkan legenda sepak bola ini menjadi salah satu negara dengan waktu puasa tercepat di dunia yakni sekitar 11 jam per hari.

5. Australia Barat

Wittenoom, Australia

Wittenoom, sebuah kota kecil di Australia.(foto:istimewa)

Negara yang baru mengumumkan kelonggaran kebijakan lockdown pada Minggu, 26 April 2020 ini punya durasi puasa yang hampir sama dengan Indonesia yaitu sekitar 12 jam. 

Dengan waktu imsak pukul 05.42 pagi, umat muslim di Australia Barat akan berbuka puasa sekitar pukul 17.41 waktu setempat.

6. Malaysia

Ramadan di MalaysiaOrang-orang berbelanja makanan di pasar Ramadan di Kuala Lumpur. (File foto: Dokumen AFP|Mohd Rasfan|Channel News Asia).

Negara berjuluk Negeri Jiran ini juga punya durasi puasa yang terbilang singkat. Umat muslim di Malaysia berpuasa selama 12 jam dalam sehari. []

Berita terkait
Tips Kenyang Selama Menjalani Ibadah Puasa
Selama menjalankan puasa, tubuh harus menahan rasa lapar dan haus. Berikut tips agar tetap kenyang dan tidak merasa lapar selama puasa.
Lagi Puasa, 7 Warga Aceh Kedapatan Ngopi Siang Hari
Aparat Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Kota Banda Aceh menangkap 7 warga karena kedapatan ngopi di siang hari.
Jadwal Lengkap Imsak dan Buka Puasa di Simeulue Aceh
Berikut jadwal imsakiyah lengkap Ramadan 1441 Hijriah untuk wilayah Kabupaten Simeulue, Aceh.
0
6 Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat
Umat muslim di seluruh Indonesia umumnya berpuasa selama 12 hingga 14 jam dalam sehari. Namun, ada negara yang lebih singkat saat berbuka.