UNTUK INDONESIA
6 Musisi Indonesia Gelar Konser Online Cegah Corona
Musisi Indonesia menggelar konser online demi menghibur penggemar mereka yang melakukan pencegahan penularan virus corona dengan aksi 3diRumahAja.
Grup Idola JKT 48. (Foto: Instagram/jkt48)

Jakarta - Sejumlah musisi lokal Indonesia membuat konser online untuk menemani para penggemar mereka yang tengah melakukan pola social distancing dengan diam di rumah demi mencegah penularan virus corona (Covid-19) di Tanah Air. Grup Band Navicula, grup idola JKT 48, dan solois Danilla Riyadi, ambil andil dalam pertunjukan musik daring ini.

Tercatat setidaknya ada enam artis musik yang menggelar pertunjukan musik melalui media daring atau streaming agar bisa disaksikan penggemarnya dari rumah. Berikut rangkumannya.

1. JKT 48

Grup idola JKT 48 biasanya menggelar teater yang dapat disaksikan langsung oleh para penggemar mereka. Setelahnya, para penggemar bahkan berkesempatan mengikuti sesi handshake bersama personel idola mereka.

Namun merebaknya wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia membuat helatan rutin tersebut harus dihentikan sementara waktu. Sebagai gantinya, para personel JKT 48 bakal menggelar teater pertunjukan mereka secara online dan dapat disaksikan melalui aplikasi RCTI plus.

2. Navicula

Grup band asal Bali, Navicula, sukses menggelar konser yang disiarkan melalui live streaming di kalan berbagi video YouTube pada Jumat, 20 Maret 2020 lalu. Meski harus dihadiri tanpa penonton, namun hal itu tak menyurutkan niat mereka untuk berkarya dan menghibur para penggemarnya.

"The show must go on, and we keep the rock rolling," tulis Navicula dalam keterangan unggahan Instagram beberapa hari sebelum konser. Saat ini, video konser tersebut masih bisa dinikmati di kanal YouTube resmi mereka.

Danilla RiyadiPenyanyi solo Danila Riyadi, ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 16 September 2019. (Foto: Tagar/ Eno Suratno Wongsodimedjo)

3. Danilla Riyadi

Penyanyi Danilla Riyadi mengumumkan akan menggelar konser via live streaming yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Maret ini.

Danilla Riyadi dan band akan bermain musik dan workshop melalui Youtube. Danilla Riyadi akan mengumumkan jadwal konser online secara bertahap.

"Saya dan se-band, se-team akan main musik dengan sistem digital live streaming di Youtube saya yang link-nya ada di foto ini. Tanggalnya akan diumumkan, yang pasti di bulan ini. Semua panggung Danilla di bulan ini kosong, maka mari kita nyanyi-nyanyi dari rumah," tulis Danilla di Instagram.

4. Pamungkas

Penyanyi solo pria, Pamungkas, menjadi salah satu musisi lokal berikutnya yang menggelar konser via live streaming di tengah wabah virus corona.

Konser virtual itu diadakan pada Sabtu, 21 Maret lalu dan disambut antusias oleh para penggemarnya. Video pertunjukan musik itu saat ini sudah bisa disaksikan di kanal YouTube Asumsi.

5. Zeke and The Popo

Selanjutnya grup band Zeke and The Popo yang dijadwalkan menggelar konser pada tanggal 20 Maret 2020. Namun, akibat wabah virus corona yang kian merebak di Jakarta, konser itu terpaksa dijadwal ulang.

Sebagai gantinya para penggemar yang telah membeli tiket tetap dapat menyaksikan konser Zeke & The Popo yang telah direkam sebelumnya melalui link yang dibagikan secara khusus.

6.  Reality Club

Grup band Reality Club yang terdiri dari Era Patigo (drum), Iqbal Anggakusumah (gitar), Faiz Novascotia Saripudin (vokal dan gitar), Fathia Izzati (vocal dan keyboard), dan Nugi Wicaksono (bass) juga tak ketinggalan menggelar konser via live streaming pada Minggu, 22 Maret 2020.

Baca juga: Seringai dan PAS Band Rugi Ratusan Juta karena Corona

Reality Club juga melibatkan para penggemarnya untuk ikut memilih deretan lagu-lagu yang dibawakan dalam konser tersebut. Saat ini, video pertunjukan musik mereka bisa disaksikan di kanal YouTube Authenticity ID. []

Berita terkait
Alasan Konser Tunggal Ayu Ting Ting Ditunda
Promotor ungkap alasan ditundanya konser tunggal penyanyi dangdut Ayu Ting Ting.
David Bryan Bon Jovi Positif Terinfeksi Virus Corona
Pemain keyboard grup band rock, Bon Jovi, David Bryan, mengumumkan diri positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
Iwan Fals Minta Parpol Bagikan Masker Virus Corona
Iwan Fals meminta agar parpol segera membagikan masker untuk rakyat, seperti halnya membagikan kaos kampanye saat musim pemilihan umum atau Pemilu.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.