6 Minuman Herbal untuk Redakan Mual Usai Divaksin

Salah satu efek samping vaksin Covid-19 adalah mual dan membuat tidak nyaman. Berikut rekomendasi meredakan mual usai Vaksin Covid-19.
Ilustrasi - Minuman daun mint. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Salah satu efek samping vaksin Covid-19 adalah mual, walau hal ini menandakan vaksin sedang bekerja dalam tubuh, tetapi mungkin bagi sebagian orang tidak akan tahan dengan rasa mual tersebut. 

Jika Anda salah satu orang yang mengalami efek ini usai menerima vaksinasi, jangan khawatir. Ada sejumlah minuman herbal yang dapat meredakannya.


1. Adas

Journal of Pediatric and Adolescent Gynecology menemukan bahwa bubuk adas mengobati berbagai penyakit, yakni mengurangi sakit haid, mual, dan mempercepat serta melancarkan menstruasi.


2. Jinten

Jinten kerap dimasukkan dalam bahan-bahan ramuan herbal, jinten juga efektif meredakan gangguan pencernaan laiknya mual. Penelitian Middle East Journal of Digestive Diseases pernah menemukan ragam manfaat dari ekstrak jinten. Mulai dari mengurangi sakit akibat sembelit, diare, maupun mual. 


3. Daun mint

Journal of Holistic Nursing pernah meneliti perihal manfaat ekstrak daun mint. Ditemukan kalau bau khas daun mint bisa digunakan sebagai aromaterapi pereda mual. Terbukti ketika mencium aroma mint, maka tubuh seketika akan merasa segar. 


4. Minuman lemon

Tercatat dalam jurnal Iranian Red Crescent Medical Journal tahun 2014, ekstrak lemon lebih ampuh mengobati mual dibanding minyak almond. 


5. Jahe hangat

Rempah ringan multifungsi ini sangat terkenal. Selain keunggulannya menciptakan sensasi hangat, ekstrak jahe pun memiliki manfaat meredakan mual. 


6. Kayu manis

Sama seperti jahe, kayu manis nan harum punya jutaan khasiat baik. Memang, umumnya kayu manis digunakan sebagai penambah bahan masak. Tetapi, Iranian Red Crescent Medical Journal menyatakan bila rempah tersebut mampu mengurangi efek mual dan gejala menstruasi. 

Nah, itulah rekomendasi minuman yang dapat Anda minum jika mengalami mual usai di vaksin. []

Berita terkait
Sejarah Minuman Teh Hijau dan Khasiatnya Bagi Tubuh
Tradisi minum teh hijau berasal dari China pada tahun 2737 SM. Salah satu khasiatnya adalah mencegah kerusakan DNA.
Resep Minuman Milkshake Mangga
Susu adalah minuman yang dapat menjadi campuran berbagai jenis makanan. Milkshake merupakan minuman berbahan dasar buah dan susu yang populer.
7 Fakta Menarik Tentang Minuman Boba
Boba sebagai minuman berkalori tinggi sudah menjadi minuman favorit hampir diseluruh dunia. Banyak fakta-fakta menarik dari Boba.
0
Wapres: Ikuti Aturan PPKM Darurat Terkait Ibadah Salat Id
Wakil Presiden Maruf Amin meminta kepada masyarakat untuk mematuhi aturan terutama dalam pelaksanaan ibadah hari raya Iduladha 1442 Hijriah.