6 Manfaat Keju Kambing, Bisa Juga untuk Program Diet

Keju kambing mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat dicerna dengan mudah, sedikit laktosa dan tidak menyebabkan alergi.
Ilustrasi keju kambing. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Keju kambing, juga dikenal sebagai chèvre terbuat dari susu kambing adalah salah satu keju tersehat yang dinikmati di seluruh dunia. Teksturnya lembut, rasa tajam dan mengandung banyak nutrisi. Keju kambing menyediakan lemak sehat, protein berkualitas tinggi dan lebih rendah kalori dibandingkan jenis keju lainnya

Keju kambing tersedia di pasaran berbagai rasa dan tekstur, dari keju segar yang lembut dan dapat dioleskan hingga keju yang hancur dan asin. Semua jenis keju kambing sarat dengan nutrisi penting seperti lemak sehat, protein, vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B2, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, seng dan selenium.

Dilansir dari Boldsky, keju kambing merupakan alternatif yang baik untuk keju sapi yang terbuat dari susu sapi karena mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat dicerna dengan mudah, sedikit laktosa dan tidak menyebabkan alergi. 

Berikut manfaat luar biasa dari keju kambing untuk kesehatan.


1. Menurunkan kolesterol

Keju kambing secara alami diperkaya dengan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan peradangan. Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan risiko penyakit kardiovaskular yang setiap hari mengonsumsi 60 g keju kambing selama 12 minggu secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Baca Juga : 8 Manfaat Konsumsi Keju Selama Pandemi Corona

2. Membantu menurunkan berat badan

Karena keju kambing terbuat dari susu kambing, mengonsumsinya dapat membantu menurunkan berat badan karena susu kambing mengandung asam lemak rantai menengah yang tinggi - asam kaprat dan asam kaprilat yang dapat dicerna dengan sangat cepat dan menyediakan sumber energi langsung yang mengarah pada peningkatan perasaan kekenyangan. Sebuah studi tahun 2017 melaporkan bahwa orang yang mengonsumsi sarapan berbahan dasar susu kambing yang mengandung keju kambing secara signifikan menurunkan keinginan untuk makan dan mengakibatkan berkurangnya rasa lapar dibandingkan dengan sarapan berbahan dasar susu sapi.

Perasaan kenyang yang meningkat dan rasa lapar yang berkurang dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi lain menunjukkan bahwa keju kambing efektif menurunkan berat badan, IMT dan lingkar pinggang pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Baca Juga :  4 Jenis Keju yang Sangat Terkenal Lezat di Dunia

3. Mendukung kesehatan tulang

Keju kambing adalah sumber mineral penting seperti kalsium, fosfor dan tembaga yang dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang yang kuat dan sehat. Kalsium adalah mineral penting yang membantu membangun tulang yang sehat dan menurunkan risiko osteoporosis. Fosfor adalah mineral penting lainnya yang bekerja dengan kalsium dalam tubuh Anda untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Tembaga adalah trace mineral penting yang diketahui memainkan peran utama dalam kesehatan dan pemeliharaan tulang.


4. Meningkatkan kesehatan usus

Konsumsi keju kambing telah dikaitkan dengan usus yang sehat karena mengandung berbagai macam probiotik termasuk L. plantarumand dan L. acidophilus. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan usus dan mencegah masalah pencernaan.

Baca Juga Nikmatnya Hidangan Serba Keju di Kota Speyer, Jerman

5. Mengurangi jerawat

Keju kambing mengandung asam kaprat yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Penelitian pada hewan dan penelitian tabung reaksi telah menemukan bahwa asam kaprat efektif dalam melawan P. acnes, sejenis bakteri yang menyebabkan jerawat pada kulit.


6. Mudah mencerna

Keju kambing adalah pilihan yang baik untuk orang yang tidak dapat mencerna laktosa atau alergi terhadap keju sapi karena keju kambing memiliki struktur protein yang berbeda dan juga secara alami lebih rendah laktosa dibandingkan keju sapi. Selain itu, keju kambing mengandung A2 kasein, yaitu sejenis protein yang tidak menyebabkan peradangan dan kurang alergi dibandingkan kasein A1, sejenis protein yang banyak ditemukan pada keju sapi, sehingga mengonsumsi keju kambing lebih kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pencernaan dan membuatnya lebih mudah.

Baca JugaResep Camilan Kekinian, Nugget Susu Goreng Keju

Cara memasukkan keju kambing dalam program diet Anda

- Oleskan keju kambing yang lembut di atas roti panggang bersama dengan alpukat, tumis sayuran, dan telur untuk sarapan yang sehat dan sehat.

- Tambahkan keju kambing lembut yang hancur ke dalam ayam atau salad hijau sebagai topping salad.

- Tambahkan keju kambing dan irisan apel pada kerupuk untuk camilan yang enak dan sehat.

- Tambahkan keju kambing ke resep quiche atau frittata favorit Anda.

- Isi dada ayam dengan keju kambing dan bumbu segar, lalu panggang dalam oven.

- Masak telur dadar dengan keju kambing, jamur, dan bumbu segar.

- Tambahkan keju kambing ke kentang tumbuk.

- Tambahkan keju kambing ke oatmeal matang lalu tambahkan buah atau sayuran sebagai topping.

- Gunakan keju kambing saat membuat pizza atau roti pipih buatan sendiri.

- Tambahkan keju kambing ke dalam sup untuk menambah tekstur dan rasa.

- Campurkan keju kambing kocok dengan sedikit madu dan sajikan dengan irisan buah untuk pencuci mulut yang lebih sehat.


Resep keju kambing berri

1 buah bawang bombay merah iris 1 sdm minyak alpukat

Segenggam selada

¼ cangkir kenari, cincang kasar

½ cangkir tomat ceri, dibelah dua

1 cangkir buah beri

½ cangkir raspberry vinaigrette

100 g keju kambing, hancurkan Sejumput garam laut dan lada hitam


Cara Memasak:

- Panaskan oven sampai 350 derajat.

- Dalam mangkuk, masukkan bawang bombay, kenari, minyak alpukat, garam laut, dan lada hitam.

- Kemudian letakkan bahan di atas loyang dan panggang selama 15-20 menit. Sisihkan hingga dingin.

- Dalam mangkuk lain, masukkan selada, tomat ceri, keju kambing, berri, bawang panggang, kenari, dan vinaigrette raspberry. Sajikan dan nikmati. []

Berita terkait
7 Manfaat Keju Parmesan untuk Kesehatan Tubuh
Rasanya tajam, pedas, dan sedikit asin. Biasanya, keju parmesan diparut di atas hidangan seperti spageti, pizza, dan salad Caesar.
Manfaat dan Efek Samping dari Susu Nabati
Tidak hanya bebas dari lemak, susu nabati juga emiliki kandungan protein yang baik
Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Susu Oat
Susu oat bebas dari alergen yang ditemukan pada susu jenis lain yang membuatnya lebih unik.
0
Indonesia Akan Beri Bantuan Rp 43 Miliar untuk Afghanistan
Kondisi kemanusiaan di Afghanistan menjadi salah satu krisis terparah di dunia, yang makin diperburuk dengan kekeringan hingga pandemi Covid-19.