6 Manfaat Jogging di Pagi Hari

Udara pagi yang masih segar dan ringan dari polusi membuat jogging makin menyehatkan.
Ilustrasi jogging. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Olahraga seperti jogging di pagi hari memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh. Jogging disebut sebagai salah satu bentuk latihan aerobic tertua dan terpopuler. Sebenarnya, jogging bisa dilakukan kapan saja, tidak harus di pagi hari. Tetapi jogging di pagi hari dinilai lebih baik dari waktu lainnya karena ringan polusi udara.

Udara pagi yang masih segar dan ringan dari polusi membuat jogging makin menyehatkan. Manfaat jogging pagi dapat mempengaruhi kualitas tidur, mood, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber berikut manfaat jogging di pagi hari untuk kesehatan.


1. Meningkatkan stamina

Olahraga di pagi hari dapat meningkatkan stamina untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Manfaat jogging di pagi hari bisa membuat otak lebih fokus dengan energi yang dihasilkan oleh jogging tersebut. Saat jogging, tubuh seseorang melepaskan hormon endorfin yang membantu mengangkat semangat dan menimbulkan efek positif pada diri sendiri. Hal ini, membuat pikiran terasa tenang dan tubuh terasa segar setelah jogging.


2. Tidur nyenyak di malam hari

Olahraga ringan di pagi hari seperti jogging akan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah studi menemukan bahwa olahraga pagi berkontribusi pada lebih banyak waktu tidur nyenyak daripada olahraga sore dan malam hari.


3. Menurunkan berat badan

Jogging dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah obesitas. Sebuah studi tahun 2012 dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa berolahraga selama 45 menit di pagi hari menurunkan nafsu makan berlebihan, sehingga dapat menekan rasa lapar.


4. Baik untuk sistem pernapasan

Seperti latihan aerobik lainnya, jogging meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan. Ini memastikan bahwa paru-paru mengambil lebih banyak oksigen dan secara efisien menghilangkan karbon dioksida. Dengan demikian, jogging meningkatkan daya tahan otot-otot pernapasan. Selain itu, udara segar di pagi hari menjadi manfaat lebih dari jogging karena udara masih jauh dari polusi.


5. Memperkuat Tulang

Jogging sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah trauma, serta cedera pada tulang. Lebih dari itu, jogging juga dapat meningkatkan ketebalan tulang dan menangkal penyakit seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Selain itu, jogging dapat membuat tulang pinggul dan tulang belakang lebih kuat.


6. Membangun otot

Jogging membantu tubuh menjadi lebih kencang dan kuat. Jogging bekerja pada otot-otot besar dan mengembangkannya. Oleh karena itu, jogging bagus untuk otot paha belakang, betis, otot gluteal, dan otot penting lainnya. Jogging atau berlari juga menjaga ukuran dan fleksibilitas otot dan persendian.

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga 












Berita terkait
7 Jenis Olahraga untuk Menaga Kesehatan Mata
Olahraga ini juga bisa dilakukan sebagai terapi untuk mata minus.
Intip Olahraga Selebriti, Agar Tetap Bugar dan Awet Muda
Mulai dari selebriti muda, hingga beberapa artis cantik yang berusia di atas 40-an juga aktif berolahraga.
Sejarah Olahraga Basket 3x3, Berikut Penjelasannya
Menurut sejarah, basket 3x3 ini pertama kali dilombakan pada ajang Asian Indoor Games di Macau tahun 2007.
0
Bertemu Anak Setelah 27 Tahun, Piet Pagau Akui Pernah Nikah Siri
Dijenguk oleh sosok yang mengaku sebagai putranya saat sedang dirawat di rumah sakit, Piet Pagau ungkap bahwa ia pernah menikah siri.