6 Manfaat Jamur Maitake, Salah Satunya Melawan Kanker

Ini adalah sejenis jamur obat yang dapat membantu memulihkan dan menyeimbangkan tubuh secara alami untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Jamur Maitake. (Foto:Tagar/iStock)

Jakarta - Jamur Maitake (Grifola frondrosa) adalah jamur populer yang berasal dari China tetapi juga tumbuh di Jepang dan Amerika Utara. Jamur ini tumbuh berkelompok di bagian bawah pohon ek, elm dan maple.

Ini adalah sejenis jamur obat yang memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat membantu memulihkan dan menyeimbangkan tubuh secara alami untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Teksturnya yang halus dan rasanya seperti tanah yang menyatu dengan baik di semua jenis hidangan. Selain enak dimakan, jamur ini telah digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama ribuan tahun

Dilansir dari Boldsky, inilah sejumlah manfaat jamur maitake untuk kesehatan.


1. Memperkuat kekebalan

Mengkonsumsi jamur maitake dapat membantu meningkatkan kekebalan Anda dengan melawan penjajah asing dan melindungi tubuh Anda dari infeksi. Jamur maitake mengandung beta-glukan, sejenis polisakarida, molekul panjang karbohidrat yang memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi in vitro yang diterbitkan dalam Annals of Translational Medicine menemukan bahwa ekstrak jamur maitake, bila dikombinasikan dengan ekstrak jamur shiitake, efektif dalam menstimulasi respon imun. Meskipun penelitian tersebut terlihat menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia.


2. Mengurangi kadar kolesterol

Penelitian mencatat bahwa jamur maitake dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami. Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Journal of Oleo Science menemukan bahwa ekstrak jamur maitake efektif dalam menurunkan kadar kolesterol pada tikus. Namun, studi penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia.


3. Menurunkan risiko diabetes

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jamur maitake dapat menurunkan kadar glukosa darah. Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam International Journal of Medicinal Mushrooms menemukan bahwa jamur maitake menurunkan kadar glukosa darah pada tikus dengan diabetes tipe 2. Studi lain menunjukkan hasil serupa bahwa jamur maitake memiliki sifat anti-diabetes yang kuat yang menurunkan kadar glukosa darah pada tikus diabetes.


4. Mengontrol tekanan darah

Mengkonsumsi jamur maitake setiap hari dapat membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Sciences, tikus yang diberi ekstrak jamur maitake dapat membantu mengurangi hipertensi terkait usia. Studi lain menunjukkan bahwa memberi makan jamur maitake tikus selama delapan minggu menurunkan tekanan darah.


5. Dapat mengobati PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kelainan hormonal yang menyebabkan ovarium membesar di mana kista kecil mulai terbentuk di tepi luar ovarium. PCOS adalah salah satu penyebab paling umum dari infertilitas wanita.

Beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa jamur maitake dapat bekerja melawan PCOS dan dapat membantu memerangi infertilitas. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa ekstrak jamur maitake mampu menginduksi ovulasi pada pasien PCOS dan hampir sama efektifnya dengan obat tradisional yang digunakan untuk pengobatan PCOS.


6. Dapat melawan kanker

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa jamur maitake mungkin mengandung sifat melawan kanker yang dapat membantu mencegah dan mengobati kanker. Ekstrak maitake dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara, berkat keberadaan beta-glukan yang dikenal sebagai fraksi-D dalam jamur yang diketahui memiliki aktivitas anti tumor.

Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer menemukan bahwa jamur maitake dapat menekan pertumbuhan tumor pada tikus.


Resep Jamur Maitake Asin Thailand Panggang

Bahan:

900 g jamur maitake

¾ cangkir minyak zaitun

¼ cangkir tamari

6 batang daun bawang dipotong kecil-kecil

3 sdm sirup maple

1 sdt bubuk kari

3 sdm anggur putih

¼ sdt garam laut

1/8 sdt lada hitam tumbuk

Cara membuat :

- Cuci jamur dengan benar dan iris. Kemudian taruh di piring casserole untuk mengasinkan.

- Tambahkan semua bahan marinade ke dalam blender dan aduk rata. Tuang di atas jamur.

- Tutup casserole dengan bungkus plastik dan letakkan di lemari es selama empat jam.

- Kemudian keluarkan dan panggang dengan api sedang besar di setiap sisi selama 3 hingga 5 menit dan sajikan. []

Berita terkait
11 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Jamur
Ada beberapa jenis jamur yang umum dikonsumsi, yaitu jamur kancing, shiitake, enoki, dan jamur tiram.
Manfaat dan Risiko Jamur Buluk Terhadap Kesehatan Manusia
Fakta menarik terkait kegunaan dan bahaya jamur buluk (KBBI: kotor karena debu) serta saran umum bagi konsumen
Resep dan Cara Membuat Sayur Kembang Kol Jamur
Salah satu menu sehat yang perlu Anda cicipi adalah sayur kembang kol jamur yang bisa Anda tumis di rumah masing-masing. Berikut resep dan caranya.
0
6 Manfaat Jamur Maitake, Salah Satunya Melawan Kanker
Ini adalah sejenis jamur obat yang dapat membantu memulihkan dan menyeimbangkan tubuh secara alami untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
4 Tips Edit Foto Biasa Menjadi Estetik
Tips Mendapatkan Berat Badan yang Ideal