6 Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak, Cocok Untuk Diet

Mengonsumsi protein dianjurkan selama diet karena dapat meningkatkan hormon leptin, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Mengonsumsi protein sangat penting dalam menjalankan program diet apapun. Namun, sebaiknya pilihlah makanan yang tinggi protein dan rendah lemak agar berat badan tetap terjaga dan sehat untuk jantung.

Protein terbagi atas dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani berasal dari daging hewan, sedangkan protein nabati berasal dari kacang-kacangan. Mengonsumsi protein dianjurkan selama diet karena dapat meningkatkan hormon leptin, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam makanan tinggi protein dan rendah lemak yang cocok untuk diet.


1. Almond

Almond merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Almond termasuk ke dalam keluarga kacang-kacangan. Namun, kacang yang satu ini tidak hanya mengandung protein saja, almond juga mengandung vitamin E, mineral mangan, dan zat magnesium. Dalam satu ons almond bisa mengandung 28 gram protein dan 164 kalori.


2. Dada Ayam

Bagian daging ayam yang tinggi protein dan rendah lemak adalah bagian dada. Dada ayam menawarkan 27 gram protein per 85 gram dan 3 gram lemak. Oleh karena itu, mengonsumsi dada ayam sangat baik selama menjalani program diet.


3. Telur

Satu telur utuh memiliki 74,4 kalori, 6,24 gram protein, 1,61 gram lemak jenuh, dan 5,01 gram lemak total. Selain menjadi sumber protein, telur mengandung antioksidan karotenoid (lutein dan zeaxanthin), yang dapat membantu mencegah degenerasi makula (gangguan penglihatan pada orang tua).


4. Greek Yogurt

Greek yogurt mengandung tinggi protein dan rendah lemak. Greek yogurt mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan potassium untuk kesehatan otot. Gunakan greek yogurt sebagai pengganti krim asam dan mayones sebagai dasar untuk saus salad atau saus celup.


5. Ikan Tuna

Ikan tuna kalengan yang dikemas dalam air menjadi makanan tinggi protein dan rendah lemak yang mengandung 20 gram protein dan 3 gram lemak dalam 85 gram. Jika Anda bosan mengonsumsi dada ayam, ikan tuna ini bisa menjadi solusi sebagai isian sandwich.


6. Tahu

Tahu adalah salah satu bahan protein termurah dan paling mudah dikonsumsi. Protein berbasis kedelai ini menyerap rasa dari bumbu apapun, hadir dalam berbagai tekstur, dan mudah diolah. Setiap tahu porsi 3 ons memiliki 9 gram protein dan 90 kalori. Tahu juga mengandung serat, zat besi, dan kalsium jika difortifikasi. []

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga



Berita terkait
Makanan Berprotein untuk Memperbaiki Jaringan Tubuh
Tubuh dapat memecah lebih banyak protein daripada yang dapat dibuat sebelumnya, sehingga meningkatkan kebutuhan tubuh.
Menu Sarapan Sehat dengan Protein Tinggi yang Mengenyangkan
Sarapan berprotein tinggi terbaik adalah telur. Telur tidak mahal dan padat nutrisi.
Mengandung Protein Tinggi, Berikut Daftar Ikan untuk Diet
Ikan berprotein tinggi mampu membantu mensukseskan diet.