6 Makanan dan Minuman yang Membuat Lebih Tenang

Cemas merupakan penyakit yang cukup sering dialami terdpat sejumlah cara untuk mengatasinya. Berikut makanan dan minuman yang membuat tenang.
Ilustrasi - Salah satu minuman yang dapat membuat lebih tenang. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Cemas atau anxiety merupakan penyakit yang cukup sering dialami oleh sebagian orang belakangan ini. Biasanya orang-orang yang rentan mengalami anxiety, akan merasa tidak tenang, gugup, dan mudah khawatir dalam menjalankan hidupnya.

Berdasarkan Healthline, setidaknya sebanyak 7,6 persen populasi global pernah mengalami kecemasan. Gejala awalnya dimulai dari trauma, stres, tegang, dan mudah gugup. 

Dampaknya akan semakin parah bila tidak cepat diatasi. Tidak jarang pula, pengidap akan dilarikan ke psikiater dan mendapat pengobatan medis guna menyembuhkan penyakit mental satu ini.

Untuk mengatasinya sebaiknya mulai coba konsumsi enam makanan dan minuman berikut. Kandungan di dalam asupan ini bisa membantu meringankan rasa cemas dalam diri.


1. Kunyit

Kunyit merupakan sumber kurkumin yang melimpah. National Institutes of Health menemukan, kalau senyawa kunyit berfungsi mencegah kecemasan berlebih. Oleh karenanya, konsumsi kunyit adalah salah satu herbal alami dalam mengatasi gangguan mental.

Sementara, studi Chinese Journal of Integrative Medicine, melakukan uji coba konsumsi kunyit pada sejumlah pengidap kecemasan sosial. Ditemukan kalau memakan satu gram kurkumin selama 30 hari, sudah membantu menurunkan kadar atau skor kecemasan itu sendiri.


2. Yoghurt

Memilih yoghurt sebagai makanan pencegah stress dan penyembuh anxiety adalah pilihan baik. Ini karena olahan fermentasi itu mempunyai kandungan probiotik sehat. 

Salah satu studi, yakni Integrative Medicine Clinical Journal, menjelaskan bahwa probiotik mendukung proses pencernaan bakteri baik di usus ke otak. Adanya bakteri ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.


3. Ikan salmon

Berdasarkan Journal’s of Alzheimer’s Disease, salmon memiliki kandungan vitamin D serta omega-3 yang bagus bagi kesehatan otak. Kedua nutrisi memiliki sifat menenangkan terhadap tubuh.

Penelitian JAMA Network serta Clinical Psychopharmacology and Neuroscience, menyatakan bila omega-3 dapat mencegah disfungsi sel otak; di mana hal ini membuat tingkat kecemasan tidak semakin meningkat. Sementara, dalam penelitian lainnya, konsumsi Vitamin D erat kaitannya terhadap pengaruh pengurangan mood negatif dalam tubuh.


4. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung flavonol epicatechin serta catechin. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan. Menurut penelitian Antioxidants & Redox Signaling, memasukkan cokelat hitam dalam pola makan sehari-hari, bisa memberi efek menenangkan bagi jiwa raga.

Sementara Jurnal Nutrients, menyatakan orang yang memakan cokelat hitam kemungkinan besar mengalami penurunan tingkat kekhawatiran dan kecemasan. Setidaknya konsumsi cokelat ini selama 2 minggu untuk melihat hasilnya.


5. Teh hijau

Ekstrak teh hijau kaya akan L-Theanine, senyawa asam amino yang terbukti ampuh mengatasi gangguan kesehatan mental. Melalui Jurnal Nutrients, disebutkan L-Theanine punya efek penurunan hormon stres yang erat kaitannya dengan kecemasan.

Nutrition Journal juga mengungkapkan bila teh hijau memiliki epigallocatechin gallate (EGCG), sumber antioksidan yang membantu menyehatkan fungsi otak. Kedua kandungan itu bila digabungkan, cukup efektif mengurangi gejala kecemasan sampai meningkatkan ketenangan jiwa, lho.


6. Ekstrak chamomile

Chamomile atau kamomil, sering dijadikan minuman teh hangat. Bunga satu ini memiliki sifat anti-inflamasi. Jurnal mengungkapkan kalau kamomil mampu menurunkan peradangan yang jadi pemicu kecemasan.

Bunga satu ini memiliki sifat anti-inflamasi. Jurnal Current Neuropharmacology, mengungkapkan kalau kamomil mampu menurunkan peradangan yang jadi pemicu kecemasan.

Nah, itulah sejumlah cara mencegah kecemasan yang berlebihan pada diri Anda. []

Berita terkait
Sang Ibu Dipasung, Mongol Stres Tak Memperoleh Marga
Mongol Stres, komedian asal Sangihe, Sulawesi Utara, tidak memperoleh marga karena Ibu kandungnya meninggal dalam kondisi dirampas hak hidupnya.
Somasi untuk Deddy Corbuzier dan Mongol Stres
Somasi dilayangkan terhadap Deddy Corbuzier dan komedian, Mongol Stres dari Perhimpunan Jiwa Sehat sebab tayangan berjudul Orang Gila Bebas Covid.
Waspada Stres, 8 Penyebab Rambut Rontok pada Remaja
Rambut rontok pada remaja bisa juga dikarenakan stres. Ini 8 penyebab rambut rontok parah pada remaja, diantaranya:
0
6 Makanan dan Minuman yang Membuat Lebih Tenang
Cemas merupakan penyakit yang cukup sering dialami terdpat sejumlah cara untuk mengatasinya. Berikut makanan dan minuman yang membuat tenang.