6 Kombinasi Makanan yang Bisa Menimbukan Penyakit hingga Kematian

Beberapa jenis makanan akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi bersamaan.
Ilustrasi udang dan jus jeruk. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Pernahkah Anda mendengar larangan untuk tidak minum soda dengan permen mentos, jika kalian tidak tahu apa sebabnya itu karena kombinasi tersebut akan membuat banyak gelembung gas karbon dioksida yang terbentuk secara tiba-tiba sehingga menimbulkan tekanan yang besar.

Bayangkan jika hal tersebut terjadi di dalam tubuh anda? Hal tersebut bisa berbahaya dan mungkin menyebabkan kematian.

Selain itu ada kombinasi lain yang berbahaya jika dikonsumsi seperti makan udang dan jus jeruk yang juga bisa menyebabkan kematian.

Untuk itu anda wajib mengetahui 6 kombinasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.


1. Susu kedelai dan telur

Telur kaya akan kandungan protein, sedangkan susu kedelai justru dapat mengurangi aktivitas enzim yang membantu metabolisme protein. Jika dikonsumsi bersamaan, tubuh tidak akan mendapat protein yang baik.


2. Daging kambing dengan semangka

Buah semangka memang terasa segar jika dinikmati setelah makan makanan berat. Namun jangan mengkombinasikan semangka dengan olahan daging kambing.

Sifat kedua jenis makanan ini bertolak belakang, semangka adalah buah yang dingin sedangkan daging kambing menghasilkan panas di tubuh. Jika dimakan bersamaan, gizi dari daging kambing akan menurun drastis.


3. Udang dengan jus jeruk

Makan udang pada hari yang sama dengan jus jeruk beresiko sangat serius. Zat senyawa dari udang akan berubah menjadi zat kimia beracun jika bertemu dengan vitamin C dalam jus jeruk, bahkan bisa menyebabkan kematian.


4. Kepiting dengan teh

Makan kepiting bersamaan dengan teh dapat menimbulkan gangguan pencernaan. ketika makan kepiting, cairan lambung akan dicerna oleh teh sehingga mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan.


5. Sayur bayam dengan kedelai

Sayur bayam tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan kedelai. Bayam mengandung asam oksalat dan akan bereaksi dengan kalsium pada kedelai yang membentuk endapan yang tidak dapat dicerna usus.


6. Mie instan dan coklat

Makan mie instan bersamaan dengan coklat bisa menyebabkan penyakit hati, ginjal, pembuluh darah dan jantung. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara bersamaan. []


Baca Juga:


Berita terkait
Ragam Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata
Tak hanya itu, ketegangan otot mata yang sulit dihindari akibat aktivitas jarak dekat juga dapat memperburuk kondisi mata seseorang.
5 Makanan Pelancar ASI yang Mudah Dibuat
Jika ASI tidak keluar saat diperlukan untuk menyusui anak. Maka, harus segera dicari tahu bagaimana solusinya.
Makanan Berprotein untuk Memperbaiki Jaringan Tubuh
Tubuh dapat memecah lebih banyak protein daripada yang dapat dibuat sebelumnya, sehingga meningkatkan kebutuhan tubuh.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.