6 Cara Paling Efektif untuk Menjernihkan Pikiran

Semua orang pernah mengalami stres, dan semua orang tahu seberapa besar stres dapat memengaruhi kualitas hidup.
Stres (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Putus asa untuk belajar bagaimana menjernihkan pikiran Anda? semua orang pernah mengalami stres, dan semua orang tahu seberapa besar stres dapat memengaruhi kualitas hidup. Menjernihkan pikiran pasti akan menguntungkan Anda dalam jangka pendek dan panjang. Tapi bagaimana Anda bisa melakukannya? Berikut 6 cara menjernihkan pikiran.


1. Latih perhatian penuh

Anda dapat dengan mudah menenangkan pikiran Anda dengan melatih perhatian penuh. Perhatian penuh memungkinkan Anda untuk tetap fokus pada saat ini. Meditasi adalah contoh melatih perhatian. Tetapi jika Anda melakukan meditasi bukan untuk Anda, maka Anda dapat dengan mudah memusatkan perhatian pada indra atau napas Anda. Tutup mata Anda, hitung sampai sepuluh, dan jernihkan pikiran Anda. Maka, stres berkurang.


2. Diskusikan masalah Anda

Mengekspresikan perasaan Anda adalah cara yang bagus untuk meringankan beban yang mengganggu pikiran. Membahas masalah Anda dengan orang lain yang peduli dapat membangkitkan semangat dan juga memberikan kelegaan. Orang lain membantu Anda melihat hal-hal secara rasional. Sulit untuk bersikap logis ketika Anda dibanjiri emosi. Memantulkan ide dari orang lain dapat membantu Anda menjadi logis.


3. Latihan

Melakukan sedikit latihan fisik setiap hari dapat membantu Anda menjernihkan pikiran dan berhenti berpikir. Ahli Lisa Newman, seorang praktisi psikologi positif yang berspesialisasi dalam perilaku makan dan penerimaan tubuh, menyarankan praktik sederhana adalah mengalihkan perhatian dari pikiran Anda dan ke apa yang Anda rasakan di tubuh Anda.

Melakukan lari jarak jauh atau berjalan-jalan cepat selama 15 menit di sekitar lingkungan Anda adalah pilihan yang bagus. Anda tidak perlu membebani diri sendiri untuk mendapatkan manfaat dari olahraga. Intinya bukan untuk menurunkan berat badan atau membangun otot itu untuk fokus padahal tidak fokus.


4. Bersihkan kamar Anda

Jika kamar berantakan, jangan menyalahkan diri sendiri tentang hal itu. Setiap orang berbeda, dan menjadi rapi dan teratur adalah keterampilan yang membutuhkan latihan. Tetapi membersihkan itu sepadan, karena penelitian menunjukkan bahwa rumah yang bersih dapat menghasilkan pikiran yang jernih. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda fokus.


5. Mendengarkan musik

Cara lain yang sempurna untuk menghilangkan stres adalah dengan mendengarkan musik. Rock out di kamar Anda, kenapa tidak? Mendengarkan musik dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres.


6. Tuliskan perasan Anda

Menuliskan perasaan Anda adalah cara yang bagus untuk memproses emosi Anda. Menempatkan perasaan Anda ke dalam kata-kata membantu Anda berhenti berpikir di kepala Anda. Jurnal telah terbukti membantu mengurangi pikiran yang mengganggu, selain mengurangi stres.

(Vidiana Lihayati)

Berita terkait
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Stres
Antioksidan dan nutrisi lain dalam jahe dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai masalah kesehatan.
17 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Stres di Masa Pandemi
Stres dapat mempengaruhi kesehatan Anda dengan cara yang merugikan. Karena itulah, manajemen stres sangat penting untuk kesehatan fisik yang baik.
Kenali Tipe-tipe Overthinking yang Membuat Stres
Overthinking ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran yang berlebih dan berdampak negatif pada tubuh.
0
Tinjau Lapak Hewan Kurban, Pj Gubernur Banten: Hewan Kurban yang Dijual Dipastikan Sehat
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meninjau secara langsung lapak penjualan hewan kurban milik warga di Kawasan Puspiptek.