6 Cara Merawat Kulit Wajar Selama Musim Hujan

Seorang ahli kulit sehat menyatakan bahwa kulit indah dan sehat sejalan dengan kebiasaan perawatan kulit yang tepat dan alami setiap hari.
Ilustrasi - Cara mencerahkan kulit wajah kusam. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Memiliki kulit yang indah dan menawan adalah impian setiap orang. Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia dengan lapisan terluarnya yang dinamakan epidermis.

Epidermis adalah bagian berperan penting dalam melindungi kulit dari faktor-faktor perusak di luar tubuh. Di balik epidermis terdapat lapisan dermis yang disebut juga sebagai lapisan tengah kulit.

Seorang ahli kulit sehat menyatakan bahwa kulit indah dan sehat sejalan dengan kebiasaan perawatan kulit yang tepat dan alami setiap hari.

Berikut tips merawat kulit wajah agar tetap sehat dan mulus selama musim hujan yang telah dirangkunm dari berbagai sumber.

1. Menggunakan cleansing oil

Gunakanlah pembersih wajah yang mampu menjaga menjaga kelembapan serta menenangkan kulit seperti cleansing oil. Lalu, gunakan micellar water untuk memastikan wajahmu benar-benar bersih.

2. Menggunakan sabun yang mampu menenangkan kulit

Wajah bukanlah satu-satunya area kulit yang mengalami perubahan saat musim hujan. Kulit tubuhmu juga bisa mengering saat musim hujan. Oleh karena itu, gunakanlah sabun yang dapat memberikan kelembapan ekstra dan menenangkan kulit. Perhatikan kulit di sekitar lutut dan siku yang lebih mudah mengering.

3. Menggunakan overnight facial mask

Jika kulit wajahmu sangat kering, cobalah menggunakan overnight facial mask yang mampu memberikan kelembapan esktra. Pastikan kandungannya aman untuk jenis dan kondisi kulitmu.

4. Menggunakan pelembap pada tangan

Jagalah kelembapan tangan dengan menggunakan hand cream. Apalagi, kini kamu akan lebih sering menggunakan hand sanitizer dan menyuci tangan dengan air serta sabun.

5. Menggunakan pelembap wajah

Mungkin, kamu perlu mengganti jenis pelembap yang digunakan agar lebih efektif memberikan kelembapan ekstra di musim hujan. Kamu bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan asam hyaluronat lebih tinggi dan bertekstur gel untuk memastikan kulit benar-benar lembap.

6. Menggunakan facial mist

Ketika beraktivitas, wajahmu bisa terasa sangat kering. Tapi, kamu tidak bisa langsung menggunakan pelembap saat berkegiatan. Gunakanlah facial mist agar lebih praktis melembapkan wajah dan membuatnya terlihat lebih glowing setiap saat.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Menghilangkan Garis Senyum Agar Wajah Tampak Mulus
Garis senyum biasanya muncul begitu seseorang menginjak usia paruh baya. Untuk mencegahnya, Berikut caranya.
Cara Mengurangi Lemak Berlebih di Wajah
Penumpukan lemak di wajah disebabkan oleh kenaikan berat badan yang berlebihan.
Manfaat Tidur Menggunakan Masker Wajah
Perawatan wajah dengan masker wajah semalam juga cocok dirangkaikan dengan pelembab malam hari.
0
RI Kedatangan Hampir 2 Juta Vaksin Sinovac 14 September 2021
Adanya kedatang vaksin ini, tentunya akan membuat vaksinasi yang ditargetkan oleh pemerintah yakni sebanyak 2 juta orang per hari dapat tercapai.