UNTUK INDONESIA

6 Cara Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Berikut Tagar rangkumkan 6 cara mengurangi tanda penuaan dini:
Ilustrasi penuaan dini. (Foto: Freepik)

Jakarta - Waktu tidak bisa dihentikan sehingga usia pun akan terus berjalan. Ini berarti, setiap orang akan mengalami penuaan, termasuk kulit. Beberapa tanda kulit mengalami penuaan antara lain munculnya flek dan kerutan.

Namun, tidak perlu terlalu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk mengurangi hal-hal tersebut.

Mengutip informasi dari laman Healthline, ada sejumlah tips untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

Berikut Tagar rangkumkan 6 cara mengurangi tanda penuaan dini:

Cegah Penuaan DiniIlustrasi mencegah penuaan dini. (Foto: pexels)

1. Cuci Muka dengan Pembersih Lembut

Cuci muka penting untuk menghilangkan produk skincare atau riasan yang Anda gunakan sepanjang hari, minyak kulit alami, polutan, dan bakteri yang terkumpul. Ini dapat memudahkan produk skincare yang akan digunakan untuk meresap ke dalam kulit.

Namun, perlu diperhatikan untuk memilih produk pembersih yang lembut untuk menjaga pelindung kulit agar tetap tahan terhadap dehidrasi dan kerusakan.

Jadi disarankan untuk menggunakan pembersih dengan pH rendah. Bahan lain yang harus dihindari adalah sodium lauryl sulfate, karena sangat keras.

Jika sudah menggunakan pembersih dengan pH rendah, maka Anda tidak lagi memerlukan toner. Ini dikarenakan toner berfungsi sebagai penyeimbang pH kulit setelah memakai produk pembersih dengan pH tinggi.

2. Lakukan Eksfoliasi

Seiring bertambahnya usia, pergantian sel kulit akan berjalan dengan lambat. Sel kulit mati tidak segera tergantikan oleh sel-sel segar. Ini berarti kulit Anda mulai terlihat kusam dan tidak rata, bahkan mungkin pecah. Eksfoliasi adalah cara yang baik untuk membantu menghilangkan sel-sel mati dari kulit.

Ada dua kategori utama produk eksfoliasi, yaitu fisik dan kimia. Sebaiknya, hindari eksfoliasi fisik yang keras, seperti scrub gula dan pembersih dengan manik-manik, karena dapat membuat kulit lebih rentan kendur. Sebaliknya, pilihlah kain lap atau spons lembut seperti spons konjac.

Berikutnya adalah produk eksfoliasi kimiawi. Ini secara bertahap melarutkan ikatan antara sel kulit dan memungkinkannya untuk terlepas.

Produk ini cocok untuk kulit segala usia. Bahan eksfoliasi kimiawi terbaik adalah alpha-hydroxy acids (AHA) yang dapat ditemukan dalam toner, serum, dan produk skincare lainnya.

Selain itu, AHA juga bagus untuk memudarkan pigmentasi tidak merata dan juga akan membantu melembabkan kulit.

3. Gunakan Serum dengan Cara Ditepuk, Bukan Digosok

Secara umum, serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembab.

Bahan anti penuaan terbaik yang harus diperhatikan adalah turunan dari vitamin A yaitu Retinoid (retinol, tretinoin, dan tazarotene) dan vitamin C (asam L-askorbat dan magnesium ascorbyl fosfat).

4. Lembapkan Kulit

Bertambahnya usia juga menghasilkan sebum (minyak alami kulit) lebih sedikit. Itu berarti kulit Anda akan lebih mudah mengering.

Salah satu alasan utama munculnya garis halus adalah hidrasi kulit yang tidak memadai. Carilah produk moisturizer yang mengandung pelembap pengikat air seperti glycerin dan hyaluronic acid.

5. Gunakan Tabir Surya

Matahari menyebabkan banyak tanda penuaan pada kulit. Beberapa tanda penuaan yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari adalah kulit tipis dan keriput serta bercak pigmen yang tidak rata.

Maka dianjurkan untuk selalu gunakan tabir surya setiap hari dalam cuaca apa pun, meskipun hanya sedang berada di rumah. Perhatikan juga untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30.

Menurut penelitian, dikatakan bahwa ini dapat memudarkan bintik-bintik penuaan, memperbaiki tekstur kulit, dan meratakan keriput hingga 20 persen dalam kurun tiga bulan.

Selain itu, Anda juga dapat melindungi kulit dari matahari dengan cara lain. Cara-cara tersebut seperti mengenakan pakaian lengan panjang, topi, kacamata hitam, serta menghindari sinar matahari di tengah hari.

6. Lindungi Kulit dari Trauma

Salah satu alasan utama terjadinya keriput adalah karena kerusakan pada kulit Anda. Untuk kulit yang sudah mengalami penuaan berarti lebih rapuh sehingga trauma dapat memiliki efek yang lebih besar.

Beberapa trauma pada kulit yang tidak disadari telah sering dilakukan adalah dengan menekan wajah ke bantal saat tidur. Penelitian mengatakan hal ini dapat membuat kulit wajah menjadi berkerut. Selain itu, hindari juga mencuci muka dengan cara menggosok dan menarik kuat-kuat.

Itulah 6 tips untuk membantu mengatasi penuaan pada kulit. Di samping itu, jangan hanya wajah yang dirawat, tetapi anggota tubuh yang lain juga harus.

Beberapa area yang bisa menunjukkan usia Anda adalah leher, dada, dan tangan. Jadi, pastikan untuk tidak mengabaikan area-area tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikan tabir surya di bagian tubuh lain selain wajah []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Tips Mengatasi Double Chin karena Kelebihan Berat Badan
Berikut Tagar rangkumkan beberapa latihan untuk mengatasi dagu ganda yang bisa diulangi setiap hari sebanyak 10 sampai 15 kali.
5 Tips Cara Menumbuhkan Alis agar Lebih Tebal
Berikut Tagar rangkumkan beberapa tips cara merawat alis agar lebih tebal tanpa perlu mengandalkan makeup dikutip dari laman Healthline:
9 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berminyak
Berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit berminyak, dikutip dari berbagai sumber.
0
6 Cara Mengurangi Tanda Penuaan Dini
Berikut Tagar rangkumkan 6 cara mengurangi tanda penuaan dini: