6 Cara Mencerahkan Ketiak dengan Bahan Rumahan

Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat ketiak terlihat gelap. Begini cara mencegahnya agar ketiak menjadi cerah secara alami.
Ilustrasi ketiak cerah (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Umumnya ketiak bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan. Namun bagi sebagian orang di kondisi tertentu, ketiak yang hitam menjadi masalah yang cukup serius dan menganggu. Hal ini tentunya membuat banyak orang terutama wanita menjadi tidak percaya diri.

Warna kulit pada ketiak sejatinya tidak jauh berbeda dengan kulit lainnya. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat membuat ketiak terlihat gelap. Seperti salah mencukur bulu ketiak, penumpukkan sel kulit mati, gesekkan antara pakaian dan kulit ketiak, dan iritasi deodoran.

Untuk mencegah hal demikian, berikut adalah 6 cara mencerahkan kulit ketiak secara alami.


1. Mentimun

Selain berguna untuk menenangkan kulit, ternyata timun berkhasiat untuk mencerahkan kulit ketiak. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, timun dapat membantu mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengiris timun menjadi tipis, lalu menggosokkannya perlahan ke bagian ketiak yang hitam. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas ketiak menggunakan air dan keringkan.


2. Lemon

Lemon sudah banyak dikenal sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit, tak terkecuali kulit ketiak. Dengan kandungan asam dan mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri, lemon ampuh untuk mengangkat sel kulit mati pada ketiak.

Caranya dengan menggosokkan irisan lemon di permukaan ketiak secara perlahan, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan air bersih dan mengeringkannya dengan handuk


3. Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan. Selain memiliki efek memutihkan, kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak.

Caranya cukup mudah, campurkan kunyit dengan 2 sendok makan jus lemon segar. Aduk perlahan hingga menjadi pasta, lalu oleskan secara merata pada ketiak. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.


4. Minyak Tea Tree

Minyak esensial ini memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam. Hal yang perlu diperhatikan, hindari mengoleskan langsung minyak ini ke bagian ketiak hitam karena bisa menimbulkan iritasi.

Cara menggunakannya kamu dapat mencampurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan air, lalu oleskan secara perlahan di permukaan ketiak yang hitam. Ulangi car aini setelah selesai mandi.


5. Kentang

Kentang bermanfaat dalam mencerahkan ketiak secara alami. Kandungan enzim katekolase pada kentang juga berguna untuk mengurangi masalah hiperpigmentasi pada kulit (ketiak). Selain itu, sifat anti-inflamasi di dalam kentang juga dapat mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Caranya cukup sederhana, parut kentang dan peraslah air yang keluar dari kentang tersebut. Lalu oleskan pada ketiak yang hitam dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas menggunakan air dingin dan keringkan.


6. Minyak Kelapa

Selain minyak tea tree, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pemutih ketiak secara alami. Caranya, cukup dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa pada permukaan ketiak. Setelah 15 menit, cuci ketiak menggunakan air hangat dan sabun lalu keringkan.[]


(Rafi Fairuz)


Baca Juga:

Berita terkait
Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Merawat Ketiak
Ketiak yang putih dan bersih tentu menjadi dambaan setiap orang. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat kulit ketiak rusak.
Risiko Mencabut Bulu Ketiak yang Harus Diwaspadai
Mencabut bulu ketiak mungkin telah menjadi hal yang sudah biasa dilakukan wanita. Namun, ini bisa menimbulkan risiko buruk terhadap kesehatan.
Beragam Manfaat Deodoran Selain Mencegah Bau Ketiak
Selain mencegah bau tak sedap pada ketiak, nyatanya deodoran memiliki berbagai manfaat lainnya. Berikut ulasan mengenai manfaat lain deodoran.
0
6 Cara Mencerahkan Ketiak dengan Bahan Rumahan
Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat ketiak terlihat gelap. Begini cara mencegahnya agar ketiak menjadi cerah secara alami.