6 Alasan Kamu Harus Menganggarkan Uang

Penganggaran sangat penting karena bisa menghemat uang daripada mengeluarkan uang terlalu banyak.
Menganggarkan uang (Foto: Tagar/Pexels/Tima Miroshnichenko)

Jakarta - Membuat anggaran menjadi salah satu cara yang penting untuk mengelola uang. Namun, banyak orang enggan mengambil langkah yang bagus ini. Kamu bisa saja menganggap anggaran seperti terlalu banyak aturan, rumit, atau bisa membuat sakit kepala. Kamu merasa terlalu sedikit uang yang dimiliki. Jadi, tidak membutuhkan anggaran.

Penganggaran sangat penting karena bisa menghemat uang daripada mengeluarkan uang terlalu banyak. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat penganggaranmu berhasil. Berikut tujuh alasan menganggarkan uang.


Berhenti Pengeluaran yang Berlebihan

Menghabiskan uang tanpa berpikir dengan hati-hati bisa membuatmu mengeluarkan uang terlalu banyak setiap bulan. Pengeluaran yang berlebihan membatasi kemampuan membeli di masa depan karena semakin banyak pendapatan yang harus digunakan untuk membayar utang.

Jika kamu khawatir tentang membatasi pengeluaran, pertimbangkan bagaimana rasanya mempunyai sebagian penghasilan digunakan untuk membayar utang. Kamu bisa saja mengalami stres karena itu.

Gunakan anggaranmu untuk menentukan kapan harus berhenti berbelanja dan mengeluarkan uang secara berlebihan. Metode amplop atau aplikasi penganggaran bisa membuatnya menjadi lebih mudah.


Mencapai Tujuan

Anggaran adalah rencana yang memprioritaskan pengeluaran. Dengan anggaran, kamu bisa bergerak untuk mengeluarkan uang pada hal-hal yang paling penting, seperti terbebas dari utang, menabung untuk membeli rumah, atau memulai bisnis sendiri. Kamu bisa melacak anggaran untuk memastikan bisa mencapai tujuan.


Menabung

Orang yang tidak mempunyai anggaran cenderung menghemat lebih sedikit daripada yang mempunyai anggaran. Hal ini karena kamu menetapkan uang untuk hal-hal tertentu saat membuat anggaran. Dengan anggaran, kamu bisa menabung setiap bulan berapapun jumlahnya.


Berhenti Khawatir

Saat menganggarkan, kamu bisa memutuskan berapa banyak yang dibelanjakan setiap kategori pengeluaran. Misalnya, kamu ingin menaruh sebagian besar uang untuk liburan. Kamu tidak perlu merasa buruk tentang hal itu selama masih menabung dan memenuhi kebutuhan yang lain.

Penganggaran bukan untuk menbatasi kesenangan dalam hidup. Dengan anggaran, kamu bisa membuka peluang untuk bersenang-senang dan mengurangi rasa khawatir tentang masa depan.


Fleksibel

Penganggaran bisa fleksibel. Kamu bisa memindahkan uang di antara kategori yang dibutuhkan setiap bulan. Umumnya, kamu harus membatasi diri untuk tidak menyentuh uang dari tabungan, tapi bisa menyesuaikan jumlah yang dibelanjakan setiap kategorinya. Cara ini bisa membuatmu tetap terjaga dari pengeluaran yang berlebihan.


Kendali

Penganggaran bisa membantumu untuk memegang kendali atas uang. Hal ini memungkinkan untuk memprioritaskan pengeluaran, melacak bagaimana melakukannya, dan menyadari kapan harus berhenti mengeluarkan uang.

Itulah beberapa alasan kamu harus menganggarkan uang. Awalnya, mungkin tidak terlihat mudah. Namun, cobalah untuk terus melakukannya sampai anggaranmu berhasil.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Prudential dan Kipin School Berkomitmen Tingkatan Literasi Keuangan untuk Anak-anak
Ilmu manajemen keuangan harus ditingkatkan untuk anak-anak di seluruh Indonesia agar dapat mandiri finansial di masa depan.
Gaji Cuma Dua Juta Bisa Nabung? Begini Cara Manajemen Uangnya
Menabung itu harus dipraktikkan, tidak peduli berapa banyak uang yang kita hasilkan.
Cara Nonaktifkan Fitur ‘Auto Correct’ di Microsoft Word
Meski tujuan dari keberadaan fitur ini adalah untuk membantu, nyatanya tidak jarang fitur ini malah merepotkan penggunanya.
0
6 Alasan Kamu Harus Menganggarkan Uang
Penganggaran sangat penting karena bisa menghemat uang daripada mengeluarkan uang terlalu banyak.