UNTUK INDONESIA
561 Tenaga Kerja Non PNS di Abdya Belajar IT
Sebanyak 561 Tenaga Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh diuji kompetensi penguasaan Teknologi Informasi (IT).
Tenaga Non PNS (kontrak) di Abdya sedang fokus mengikuti seleksi uji kompetisi penguasaan IT. (Foto: Tagar/Syamsuriza)

Aceh Barat Daya - Sebanyak 561 Tenaga Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh diuji kompetensi penguasaan Teknologi Informasi (IT) di aula BKPSDM, Selasa, 17 Desember 2019.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya, Cut Hasnah Nur mengatakan, uji kompetensi penguasaan IT itu dilakukan Pemerintah Kabupaten setempat bertujuan untuk meningkatkan kualitas para tenaga non PNS di lingkup kabupaten tersebut.

Menurutnya, tes ini hanya sebagai dasarnya saja. Sebab uji tersebut terbagi enam sesi, meliputi cara membuat surat dalam format microsoft word, membuat tabel di excel, dan membuat power point.

Fokusnya untuk penguasaan IT.

"Kita kasih waktu 45 menit," kata Cut Hasnah Nur di Aceh, Selasa 17 Desember 2019 di Aceh.

Dia mengatakan, ujian kompetisi IT berlangsung selama lima hari. Dalam setiap hari 120 orang mengikuti tes. Tes ini berlangsung di aula kantor BKPSDM setempat.

"Peserta semua Non PNS. Fokusnya untuk penguasaan IT," sebutnya.

Katanya, tujuan dilakukan tes IT tersebut agar tenaga non PNS sebagai pendukung pemerintahan harus punya motivasi, ketrampilan, dan penguasaan IT disamping disiplin dan loyalitas pada pimpinannya.

"Diera digitalisasi, yang begitu cepat berubah. Kita sebagai ASN minimal tidak tertinggal jauh dalam menjalankan tugas-tugas pelayanan publik, yang saat ini sudah serba online dan berbasis aplikasi," ujar dia.

Pantauan Tagar, uji kompetensi ini diawasi langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab, Nyak Seh, Kabid Informasi Data dan Kepegawaian BKPSDM, Saiful Junaidi dan sejumlah pejabat BKPSDM lainnya.

Para tenaga non PNS baik laki-laki maupun perempuan terlihat fokus didepan komputer yang di sediakan oleh BKPSDM. Mereka dipantau oleh beberapa petugas dari dinas setempat. Tes dilakukan bergiliran, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. []

Berita terkait
Masa Sanggah CPNS di Kemenag Aceh Karena Tak Lulus
Kemenag Aceh memberikan masa sanggah mulai tanggal 17 sampai 19 Desember 2019 bagi CPNS yang tidak lulus syarat.
Wakil Bupati Aceh Timur Bantah Aniaya Perawat
Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Syamaun membantah telah menganiaya salah seorang perawat di Aceh Timur, Aceh.
Ditendang, Perawat Polisikan Wakil Bupati Aceh Timur
Wakil Bupati Aceh Timur diduga menendang salah seorang perawat yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa Kota Depok Selasa 5 Mei 2020
Waktu yang khusuk saat memohon rahmat Allah SWT juga jangan melupakan jadwal imsakiyah dan buka puasa pada Selasa 5 Mei 2020.