UNTUK INDONESIA
53 Pelamar di PDIP Jatim, Ikuti Testing Kepala Daerah
PDIP Jatim menggelar fit and proper test terhadap 53 bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah.
53 bakal Cakada dan Cawakada ikuti fit and proper test di DPD PDIP Jatim. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - DPD PDIP Jatim menggelar fit and proper test terhadap 53 bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang akan maju dalam Pilkada 2020 di 19 daerah.

Ini dilakukan untuk mendalami kesiapan dan kesungguhan para bakal calon yang akan diusung partai kepala banteng moncong putih itu.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi mengatakan, berbagai pertanyaan akan disampaikan secara tertulis kepada para bakal calon kepala daerah tersebut.

Dalam pertanyaan yang sudah disiapkan penguji itu akan diketahui kemampuan masing-masing bakal calon.

"Kami ingin tahu sejauh mana kemampuan dari para calon kepala daerah yang siap maju di pilkada serentak nantinya," kata Kusnadi, Rabu 18 September 2019.

Hasil jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan, PDIP akan mendalaminya secara verbal. Partai akan menggali lagi apakah memang jawaban yang mereka sesuai hati nuraninya, atau hanya sekadar jawaban.

Yang tidak hadir akan kami berikan catatan

Nantinya hasil dari tes tersebut akan diserahkan ke DPP PDIP untuk diberikan rekomendasi. Ujiannya tidak sekali dan membutuhkan beberapa tahapan. "Nanti yang menentukan ada di DPP," jelasnya.

Bakal calon kepala daerah yang ikut tes adalah mereka yang ikut di Pilkada Surabaya, Sidoarjo, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Jember, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kediri hingga Kota Blitar.

"Ini mulai dari daerah pilihan 1 sampai daerah pilihan 8," tuturnya.

Kusnadi menegaskan, seharusnya hari ini ada 61 orang bakal calon, namun yang hadir hanya 53 orang. Sedangkan untuk besok harinya akan diikuti 65 orang bakal calon. "Yang tidak hadir akan kami berikan catatan," pungkasya. []

Berita terkait
Gibran Rakabuming Temui Ketua PDIP Solo, Mau Daftar?
Disingung masalah politik, Gibran menampik jika petemuannya dengan Ketua DPC PDIP tersebut membahas masalah politik.
12 Bakal Calon di Pilkada Simalungun, Maju dari PDIP
Sebanyak 12 orang telah mendaftar sebagai bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun di Pilkada 2020, maju dari PDIP.
Untuk Cakada, Ketua PDIP Sumut: Seperti Menjaring Ikan
PDIP Sumut tengah melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah (cakada) untuk kota dan kabupaten yang akan mengikuti Pilkada 2020.
0
Bocah 4 Tahun di Pamekasan Tewas Mengapung di Bak Mandi
Bocah berusia empat tahun di Pamekasan tewas mengapung di bak kamar mandi rumahnya.