UNTUK INDONESIA
5.326 Rapid Test Sasar Pasar dan Pos Perbatasan Gowa
Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menyiapkan 5.326 alat rapid test, untuk tes massal di sejumlah pasar dan perbatasan.
Ilustrasi rapid test (Foto: Dok. Tagar)

Gowa - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menyiapkan 5.326 alat rapid test. Alat itu akan digunakan secara massal dengan prioritas lokasi di pasar dan pos Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah perbatasan, 12 hingga 14 Mei 2020.

Pelaksana Harian (Plh) Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Armin menyebutkan jumlah alat rapid test akan dioperasikan pada sembilan pasar yang akan menjadi lokasi, antara lain Pasar Induk Minasa Maupa, dan Pasar Sentral Sungguminasa.

Selain menyasar pasar, pemerintah daerah akan melakukan rapid test ke pedagang-pedagang di beberapa tempat.

Kemudian Pasar Limbung, Pasar Balang-balang, Pasar Bu'rung-bu'rung, Pasar Bontonompo, Pasar Bontonompo Selatan, Pasar Bontoramba, Pasar Kampili dan Pasar Moncobalang.

"Selain menyasar pasar, pemerintah daerah akan melakukan rapid test ke pedagang-pedagang di beberapa tempat. Seperti pedagang yang ada di pinggir jalan dan pedagang buah dan sayur yang ada di wilayah Kecamatan Pallangga," kata Armin, saat dikonfirmasi pada Senin 11 Mei 2020.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, rapid test massal itu dilakukan untuk mendeteksi orang yang terjangkit Covid-19 di Kabupaten Gowa.

"Rapid test massal ini untuk melakukan deteksi terhadap orang yang terkena atau tertular virus Corona atau Covid-19," tutur Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat memimpin rapat virtual.

Adnan berharap setiap warga yang masuk ke Kabupaten Gowa agar melakukan skrining awal untuk mengecek penularan Covid-19. Mengingat Kabupaten Gowa merupakan salah satu epicentrum penyebaran Covid-19 di Sulawesi Selatan, apalagi jumlah pasien positif saat ini mengalami peningkatan.

"Jika ada warga yang suhunya berada di atas 37,5 atau 38 derajat kami langsung lakukan rapid test. Sementara jika hasilnya reaktif maka langsung ditindaklanjuti untuk pemeriksaan swab," katanya.

Menurut Bupati Adnan, dipilihnya perbatasan Kabupaten Gowa dan daerah sekitar hingga pasar melihat kedua lokasi ini adalah tempat yang memiliki peluang besar terjadinya penyebaran covid-19.

"Termasuk pasar karena menjadi lokasi dengan interaksi manusia dengan jumlah yang banyak yang memungkinkan terjadinya penyebaran dalam jumlah yang besar," tutur Adnan. []

Berita terkait
Petugas Covid-19 Gowa Dipukul Pengguna Jalan
Salah seorang petugas Pos Covid-19 jadi korban penganiayaan pengguna jalan di perbatasan Kabupaten Gowa dan Kota Makassar. Ini penyebabnya
Hari ke Tiga PSBB di Gowa, Warga Masih Bandel
Hari ke tiga Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Gowa, tim patroli masih temukan warga yang bandel.
80 Persen Anggota DPRD Gowa Reaktif Covid-19
Sebanyak 20 orang anggota DPRD Kabupaten Gowa dinyatakan reaktif Virus Corona saat dilakukan rapid test
0
5.326 Rapid Test Sasar Pasar dan Pos Perbatasan Gowa
Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menyiapkan 5.326 alat rapid test, untuk tes massal di sejumlah pasar dan perbatasan.