5 Trik Menawar Mobil Bekas agar Dapat Diskon Besar

Khusus untuk kamu yang tertarik dengan mobil, yuk simak beberapa trik di bawah ini biar untung.
Ilustrasi tes drive (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Apakah kamu sedang berburu mobil bekas? Atau sudah ketemu jenis mobil yang diinginkan? Apakah harga yang diberikan sesuai?

Kah kamu, mobil adalah salah satu aset yang bersifat terdepresiasi. Dimana dalam tahun ke tahun, nilai mobil akan menurun. Hal ini yang menyebabkan harga mobil bekas bisa lebih murah dibanding mobil baru.

Meski begitu, masih ada penjual yang memberi harga tinggi meski tidak sesuai dengan keadaan. Nah, kali ini aku bawa trik negosiasi yang dapat membantu kamu terhindar dari kerugian karena harus membayar dengan harga yang lebih tinggi.

Khusus untuk kamu yang tertarik dengan mobil, yuk simak beberapa trik di bawah ini biar untung.


1. Tes drive dulu, dan sebutkan kekurangannya ke penjual

Salah satu hal yang bisa membuat harga mobil anjlok adalah kondisi mobil tersebut. Karena itu, semakin banyak kita mengetahui kekurangan mobil bekas yang ingin dibeli, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapat diskon.

Lewat trik beli mobil bekas satu ini, kamu harus mampu mengetahui secara menyeluruh sensasi berkendara mobil tersebut. Sebagai contoh, setirnya agak getar dan kalau dilepas dalam keadaan jalan, maka mobil otomatis akan lari ke sisi kanan atau kiri.

Bukannya bermaksud mencari kekurangan, tapi lebih kepada waspada karena sekeren-kerennya mobil bekas tetap saja bukan mobil baru yang gres. Bisa jadi, mobil itu memang sudah waktunya jajan sparepart.

Patut diakui juga bahwasannya trik ini sulit dilakukan. Terutama buat yang sudah naksir sama mobil bekas tersebut, ibarat ketemu gebetan saja, kalau sudah suka dan cinta apapun bakal ditebus.


2. Jangan sungkan menawar

Setelah mobil dicoba, jangan lupa tanyakan ke penjual, “masih bisa kurang kan bos?” Jangan sungkan dengan ucapan penjual yang bilang, “boleh asal jangan sadis-sadis,” atau “nego tipis saja”.

Penjual tentu berharap keuntungan yang besar. Kamu pun begitu jika ada di posisi dia. Karena itu, semakin banyak kekurangan mobil tersebut yang kamu temukan seperti yang dijelaskan di poin satu. Maka semakin besar pula peluangmu untuk meminta potongan harga saat beli mobil bekas.


3. Jangan terlihat terlalu tertarik

Jangan memberikan reaksi yang berlebihan, karena jika penjual tahu bahwa kamu tertarik dengan mobilnya. Maka harga mahal pun bisa saja kamu membelinya. Dengan begitu, saat melakukan negosiasi, penjual akan memberikan diskon yang tidak signifikan. Meski kamu telah menawar tipis-tipis, dia akan tetap bertahan di harga itu.


4. Ajak penjual lakukan inspeksi

Dalam membeli barang bekas, kita sebagai pembeli harus cermat dalam melihat celah. Kalau si penjual mengatakan atau sampai menambahkan embel-embel “dijamin terawat”, ajak saja ke tempat inspeksi mobil.

Seandainya si penjual menolak, tandanya cuma ada dua kemungkinan. Mobilnya memang sebenarnya bermasalah, atau dia gak mau melayanimu untuk pelayanan satu ini.


5. Jangan memaksakan

Mobil adalah aset yang bisa saja jadi produktif atau menghasilkan uang. Ketika kamu sudah melakukan negosiasi mobil bekas incaranmu dengan cara di atas, tapi si penjual tetap kekeh gak menurunkan harga jualnya, maka bisa jadi memang belum jodoh.

Patokan saat membeli sebuah aset ini tentu saja adalah mahar alias uangnya. Jika memang uang yang kamu anggarkan masih kurang cukup untuk jadi mahar mobil ini, maka gak perlu dipaksakan deh.

Meski kredit mobil bekas itu ada, tetap saja setiap kredit kendaraan bermotor bakal jadi utang yang nantinya akan memberatkan pada setiap tagihan yang kamu terima.

Nah , itu dia 5 trik menawar mobil bekas agar kamu mendapatkan untung yang besar. Dalam membeli sebuah aset janganlah terburu-buru. Kamu harus memperhatikan segala aspek agar tidak menyesal dikemudian hari.[]


(Fiona Renatami)


Baca Juga:

Berita terkait
5 Rahasia Kunci Sukses Membangun Perusahaan
Perusahaan terbaik adalah perusahaan yang peduli untuk menambah nilai bagi pelanggan, karyawan, dan mitra bisnis mereka
6 Rahasia Membangun Kekayaan yang Perlu Diketahui
ereka telah mencapai status ini karena telah secara konsisten menggunakan beberapa strategi membangun kekayaan.
3 Trik Rahasia Menabung dengan Anggaran Ketat
Kamu bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman, membeli rumah baru, atau siap menghadapi keadaan darurat.
0
5 Trik Menawar Mobil Bekas agar Dapat Diskon Besar
Khusus untuk kamu yang tertarik dengan mobil, yuk simak beberapa trik di bawah ini biar untung.