5 Tips Sebelum Membeli Asuransi Mobil yang Tepat

Jadi, tahu dari mana sih produk asuransi mobil yang bagus itu seperti apa? Karena itu, mari kita kupas perlahan mengenai asuransi mobil.
Asuransi Jiwa (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang melindungi mobil pribadi Anda, ketika terjadi suatu risiko yang merugikan. Misalnya ada kerusakan parah akibat Kecelakaan atau bencana, pembobolan dan pencurian, hingga lecet. 

Jadi, tahu dari mana sih produk asuransi mobil yang bagus itu seperti apa? Karena itu, mari kita kupas perlahan mengenai asuransi mobil.

Ini dia 5 tips ini sebelum membeli asuransi mobil.


1. Tentukan Jenis Asuransi Mobil yang Anda Butuhkan

Jenis asuransi mobil yang Anda pilih harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih jenis asuransi mobil:

Pertama, Berapa usia mobil Anda? Jika tua, lebih baik TLO. Jika masih baru, pilih all risk.Kedua, Seberapa padat jalanan di kota Anda berkendara? Jika padat, pilih all risk.

Ketiga, Seberapa parah tingkat kriminalitas di kota Anda? Jika parah, pilih TLO.

Keempat, Berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan untuk bayar premi? Jika tidak banyak, lebih aman setidaknya ada TLO.


2. Carilah Sebanyak-banyaknya Perusahaan Asuransi

Jika sudah menemukan jenis asuransinya, all risk atau TLO, Anda bisa mulai mencari perusahaan asuransi yang menyediakan jenis asuransi mobil tersebut. Namun, jangan hanya mencari 1-2 perusahaan. 

Ada banyak lho perusahaan asuransi di luar sana yang menyediakan produk asuransi serupa. Bandingkan manfaat yang Anda bisa dapat, serta harga preminya. Kemudian pilih yang menurut Anda paling oke.


3. Pilih Asuransi Dari Perusahaan Yang Bagus

Produk asuransi yang baik harus berasal dari perusahaan asuransi yang bagus. Contohnya Super You by Sequis Online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan kenyamanan bertransaksi dengan Sertifikat ISO 27001. Dengan riwayat yang jelas, perusahaan pun akan mempunyai pelayanan yang lebih baik. Misalnya, klaim lebih mudah, serta rekanan bengkel terpercaya.


4. Perhatikan Kerjasama Perusahaan Asuransi Dengan Bengkel

Seperti layaknya asuransi kesehatan dengan Rumah sakit, asuransi mobil juga menjalin kerjasama dengan bengkel rekanan. Karena itu, sebelum membeli asuransi, pastikan Anda tahu bengkel rekanannya ada dimana. 

Apakah bengkel itu resmi dari brand mobil? Atau gak resmi tapi kredibel? Apakah ada bengkel rekanan di sekitar rumah Anda atau dalam perjalanan dari rumah ke kantor dan arah sebaliknya?


5. Pastikan Kamu Sudah Tahu Syarat Berasuransi Mobil

Ketika mendaftar asuransi mobil, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda isi. Pada umumnya, dokumen yang perlu kamu siapkan antara lain:

  • Formulir pendaftaran dari perusahaan asuransi yang sudah terisi;
  • Fotocopy STNK & SIM;
  • Fotocopy identitas, berupa KTP atau KITAS;
  • Surat NPWP (jika ada).

Pastikan juga semua data sudah terisi secara lengkap, benar, dan akurat. Jika tidak, maka kamu pun akan kesulitan dalam tahap pengajuan klaim.[]


(Farhan Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Kolaborasi PUBG Mobile X Gundala Rilis 3 Desember 2021
Kolaborasi PUBG Mobile X Gundala akan dimulai pada tanggal 3 Desember 2021 serentak di dalam game PUBG Mobile.
Kebiasaan Buruk Pengendara Mobil yang Sering Dilakukan
Ada kebiasaan buruk pengemudi mobil yang bisa jadi karena kebiasaan lama atau ikut-ikutan seseorang tanpa tahu maksud tujuannya.
Wajib Ketahui! Ini Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir
Ketika mengecek mobil bekas, coba cium bau dalam mobil. Kalau ada bau apek, anda harus curiga kemungkinan mobil pernah terendam banjir.
0
5 Tips Sebelum Membeli Asuransi Mobil yang Tepat
Jadi, tahu dari mana sih produk asuransi mobil yang bagus itu seperti apa? Karena itu, mari kita kupas perlahan mengenai asuransi mobil.