5 Tips Nabung Saham dengan Gaji UMR

Berikut tips nabung sahaam dengan gaaji UMR yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 13 Maret 2022.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/ist)

Jakarta - Kerja di perusahaan impian dengan penghasilan tinggi tentu menjadi impian semua orang. Tapi bagaimana jika hanya dapat gaji UMR? Apakah tetap bisa punya banyak uang dan meraih kebebasan finansial?

Tentu aja bisa dong. Caranya juga terbilang sederhana yaitu dengan menabung, investasi dan bisnis kecil-kecilan. Tapi bagaimana bisa melakukan tiga hal tersebut dengan gaji pas-pasan?

Berikut tips nabung saham dengan gaaji UMR yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 13 Maret 2022.


1. Pilih Tujuan Dalam Berinvestasi

Sebelum memulai berinvestasi, Anda harus menentukan tujuan finansial agar tetap konsisten dan terarah. Sisihkan beberapa persen dari penghasilan Anda setiap bulannya untuk berinvestasi jangka panjang yang bertujuan untuk membeli rumah, pendidikan anak, hingga dana pensiun.


2. Atur Gaji dengan Baik

Jika seseorang memiliki gaji UMR Rp4,4 juta dan akan berinvestasi sebesar 10% dari gajinya, maka pekerja tersebut akan mengeluarkan uangnya sebesar Rp440.000 dari gajinya untuk digunakan berinvestasi. Pekerja tersebut bisa memilih jenis investasi yang diinginkan, mulai dari saham hingga reksa dana.


3. Gunakan Sekuritas yang Biaya Transaksinya Kecil

Biaya transaksi merupakan biaya pembelian dan penjualan saham yang nantinya akan menjadi profit dari perusahaan sekuritas terkait. Sekedar diketahui, biaya sekuritas ini biasanya ditetapkan menjadi 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk penjualannya.


4. Kulik dan cari penghasilan tambahan

Jika gaji UMR menurut Anda kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berinvestasi, maka atur kembali secara rinci pemasukan dan pengeluaran Anda. Ada baiknya mencari pekerjaan atau penghasilan tambahan agar merasa lebih leluasa. Seperti membuka jasa terjemahan, jasa les, menjadi freelance, hingga berjualan online.


5. Buat perencanaan

Hitung dengan baik berapa gaji Anda di luar dari upah lembur. Kemudian, alokasikan dana tersebut sesuai dengan persentase yang sudah ditentukan untuk kebutuhan dan berinvestasi.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Nabung Saham dan Trading, Apa Bedanya? Simak Guys
Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan yang bisa digunakan sebagai investasi menjanjikan untuk tabungan masa depan.
Saham di Wall Street Merosot Tajam
Harga saham turun tajam di Wall Street, 7 Maret 2022, setelah harga minyak melonjak sehingga mengancam inflasi pada ekonomi dunia
Dear Investor Milenial, Ini Cara Warren Buffett Beli Saham Bagus untuk Investasi
Metode analisis yang Warren Buffett gunakan adalah analisis fundamental dengan membaca riwayat laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh.