5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Sampai Tujuan

Banyak jalan menuju Roma, cara pulang menuju ke kampung halaman juga beragam, dan dari beragam cara ini juga dapat dipilih sesuai preferensi.
Ilustrasi - Tips Mudik Aman dan Nyaman Sampai Tujuan. (Foto:Tagar/iSt)

TAGAR.id, Jakarta - Apa yang pertama terlintas di pikiran saat mendengar kata mudik? Menyenangkan karena akan bertemu keluarga? Liburan rame-rame? Mulai berburu tiket menuju kampung halaman? Mengumpulkan cuti untuk memperpanjang masa mudik? Atau malah terbayang kemacetan dan padatnya lalu lintas saat berkendara? Saatnya Anda mencari tahu tips mudik aman dan nyaman.

Seperti pepatah lama, banyak jalan menuju Roma, cara pulang menuju ke kampung halaman juga beragam, dan dari beragam cara ini juga dapat dipilih sesuai preferensi masing-masing. 

Kadang karena ada tujuan yang hanya dapat ditempuh melalui jalur laut saja sehingga kemudian pemudik banyak menggunakan kapal untuk pulang.

Lain halnya jika sudah ada transportasi darat yang menuju kampung halaman, seperti kereta api atau bahkan jalan tol. Sehingga makin banyak pilihan untuk pemudik dan mengurangi kepadatan di jalan. 

Walaupun begitu, karena tingginya arus mudik, tetap saja akan ada kepadatan dan tingginya permintaan untuk transportasi mulai dari H-6 hari raya lebaran.

Tips mudik aman di bawah ini perlu diperhatikan, terutama bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan di tahun ini.


1. Cek kendaraan yang akan digunakan mudik

Jika anda berencana menyetir sendiri atau menggunakan kendaraan sewaan, cek kondisi kendaraan dan pastikan kuat untuk perjalanan jauh anda. Tentunya jangan sampai terjadi masalah di tengah jalan agar tidak memperlambat perjalanan anda.


2. Hindari membawa uang tunai dalam jumlah besar

Uang tunai memang dibutuhkan dalam perjalanan, misal untuk membayar parkir, membeli makanan di pinggir jalan, atau untuk berbelanja. 

Namun, karena dalam suasana mudik anda akan bertemu dengan kerumunan orang, ada baiknya untuk membawa uang tunai secukupnya, atau dapat anda bagi ke beberapa kantong yang dapat anda raih dengan mudah.


3. Waspadai makanan pemberian orang tidak dikenal

Pemberian dari orang yang baru saja anda kenal di kereta tidak terdengar aman bukan? Karena banyak kasus dimana makanan atau minuman yang diberikan dicampur dengan obat-obatan tertentu agar anda lengah terhadap bawaan anda. 

Maka lebih baik jika anda membawa perlengkapan mudik sendiri termasuk makanan dan obat-obatan. Jika tidak, anda tetap dapat membeli sepanjang perjalanan.


4. Manfaatkan GPS pada smartphone

Hal ini akan sangat berguna untuk mengecek perjalanan anda sudah sampai dimana, dan juga anda dapat memanfaatkannya untuk mengetahui lokasi anak, suami, atau istri jika sempat terpisah di jalan. Gunakan fitur share location pada Google Maps yang dapat diakses anda dan pasangan.


5. Cari informasi dari pihak yang berwenang

Jika anda agak bingung pada rute ataupun kendaraan transit yang anda gunakan selama perjalanan, segera cari pihak yang berwenang. Seperti petugas keamanan atau yang bertugas pada transportasi yang anda gunakan. Sehingga informasi yang anda cari terjamin valid dan tidak menyesatkan.

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
Kenapa Harus Ada Tulisan 'Anies Baswedan Presiden Indonesia' di Kaos Pemudik Gratis
Warga Jakarta itu mengikuti program mudik gratis yang dibuat Pemprov DKI. Yang membuat heran kenapa mereka pakai kaos bertuliskan Anies Presiden.
Kaus Bergambar Anies Baswedan di Mudik Gratis Jadi Sorotan
Momen mudik lebaran tahun 2022 menjadi sorotan banyak pihak, salah satunya, kaus bergambar Anies baswedan yang digunakan para pemudik.
Gerakan Indonesia Muda-LPM FH UKI Berbagi Takjil kepada Pemudik dan Pengguna Jalan
Gerakan Indonesia Muda bersama Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia membagikan takjil
0
5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Sampai Tujuan
Banyak jalan menuju Roma, cara pulang menuju ke kampung halaman juga beragam, dan dari beragam cara ini juga dapat dipilih sesuai preferensi.