5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa

Meski sedang menjalan ibdah puasa ramadan tentu menjaga kesehatan kulit sangat diperlukan. nah berikut tips yang harus kamu lakukan.
Ilustrasi - Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa. (Foto: Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta - Meski sedang menjalan ibdah puasa ramadan tentu menjaga kesehatan kulit sangat diperlukan, sebab jangan pernah mengabaikan kesehatan kulit. 

Jika Anda mengabaikannya maka akan menimbulkan berbagai dampak, seperti penuaan dini, kulit menjadi kering, dan kusam. Memasuki bulan puasa, tentunya tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan ataupun cairan selama beberapa jam. 

Dengan hal ini Anda perlu mensiasati pemenuhan asupan makanan dan cairan dalam tubuh agar kesehatan kulit tetap terjaga. Selain itu, Anda perlu melakukan hal-hal lain yang dapat mendukung terjaganya kesehat kulit Anda, apa saja yang bisa dilakukan? Yuk simak ulasan berikut ini.


1. Menghidrasi tubuh

Selama puasa, lebih dari 12 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan ataupun minuman. Dalam sehari, tubuh kita memerlukan 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air. 

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2, meminum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air saat malam, dan 2 gelas air saat sahur. 

Selain mencegah dehidrasi, terpenuhinya cairan dalam tubuh menjadikan kulit tampak lebih sehat dan kenyal. Hindari minuman yang mengandung banyak gula, berkarbonasi, dan berkafein karena minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi.


2. Mengkonsumsi makanan kaya serat dan vitamin

Tips menjaga kesehatan kulit yang kedua adalah perhatikan makanan Anda. Selain karbohidrat, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit Anda, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Pastikan Anda mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan air untuk memberikan nutrisi pada kulit, seperti semangka, melon, nanas, dan lain-lain.


3. Gunakan pelembab dan tabir surya

Selain menjaga kesehatan kulit dari dalam, Anda juga perlu menjaga kesehatan kulit dari luar. Salah satunya dengan menggunakan pelembab untuk mensiasati kurangnya asupan cairan dalam tubuh di siang hari. Selain menggunakan pelembab, Anda juga harus menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


4. Istirahat yang cukup

Tubuh memerlukan setidaknya 7-8 jam untuk istirahat. Ketahuilah, salah satu penyebab proses penuaan dini menjadi lebih cepat adalah kurangnya jam tidur. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan waktu tidur Anda, terlebih di bulan puasa ini.


5. Menjaga kebersihan badan

Selain istirahat yang cukup, Anda harus menjaga kebersihan kulit agar kesehatan kulit terjaga. Mandi 2x sehari dan melakukan scrubbing 2x seminggu dapat mengangkat kotoran yang menempel pada kulit Anda sehingga kulit akan bersih dan berseri.

(Ni Nyoman Mastika Mega Puspita)

Berita terkait
7 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa Ramadhan
Saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan akibat keterbatasan asupan cairan yang masuk tubuh, dan mengakibatkan kulit kering. Inni cara mengatasinya.
Kulit Bersisik? Inilah 6 Cara Ampuh Mengatasinya
Kulit bersisik merupakan suatu gangguan pada kulit yang ditandai dengan kulit yang kering dan pecah-pecah. Nah, berikut cara mengatasinya.
Miliki Kulit Sensitif? Begini Cara Merawatnya dengan Baik
Kulit sensitif cenderung memiliki ciri-ciri kering, mudah mengelupas, dan rentan iritasi. Kondisi ini kerap ditemukan pada pengidap rosacea.
0
5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa
Meski sedang menjalan ibdah puasa ramadan tentu menjaga kesehatan kulit sangat diperlukan. nah berikut tips yang harus kamu lakukan.