5 Tips Mengatasi Pikiran Negatif

Anda harus cukup berani untuk tidak membiarkan hal-hal negatif mempengaruhi Anda, dan merebut kualitas tidur Anda.
Ilustrasi menghilangkan pikiran negatif. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami sulit tidur pada malam hari lantaran banyak pikiran negatif yang berada di kepala Anda. Merasa gelisah, cemas bahkan sedih.

Ketika Anda mencoba untuk tidur dan menutup mata, pikiran negatif mulai mengambil alih dan Anda dipaksa untuk tetap terjaga, kondisi ini pada umumnya dikenal juga sebagai overthinking. Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini, misalnya, stres, kecemasan berlebih, perokok aktif, pecandu alkohol semuanya dapat berkontribusi pada kesehatan Anda.

Namun, penting bagi Anda untuk tidak membiarkan pikiran negatif ini mengelilingi, dan menguasai pikiran Anda. Lihatlah perspektif hidup yang lebih cerah, salah satunya mengisi kegiatan dengan hal-hal indah dan menyenangkan, jangan lewatkan hal-hal indah dalam hidupmu karena hidup hanya satu kali.

Anda harus cukup berani untuk tidak membiarkan hal-hal negatif mempengaruhi Anda, dan merebut kualitas tidur Anda, karena istirahat yang cukup sangat menentukan kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi pikiran-pikiran negatif.


1. Menjalani pola hidup sehat

Mulailah dengan mengikuti rutinitas yang sehat. Untuk mencapai gaya hidup yang disiplin memang sulit untuk dicapai secara cepat. Sebaiknya mulailah dengan langkah demi langkah yang terpenting ialah konsistensi. Anda mungkin bisa mencoba dengan memulai berjalan kaki singkat selama 10 menit setiap pagi, berhenti merokok, dan menjaga pola makan.


2. Membuat agenda harian

Membuat jurnal atau agenda tentang apa yang ingin Anda lakukan. Jika Anda bukan seseorang yang lebih suka menulis, Anda bisa mencoba membuatnya di ponsel. Kenali penyebab stres Anda dan jangan terburu-buru mencari solusi. Identifikasi saja penyebab stres Anda dan mulailah dengan mencoba menghindari atau mengatasinya.


3. Rencanakan liburan

Buatlah dirimu bahagia. Lakukan perjalanan solo, kencan, atau sekadar menikmati secangkir kopi di kafe favorit Anda. Lakukan apa yang Anda suka dan nikmati, dan jangan bergantung pada orang lain. Pelajari cara menikmati waktu sendiri. Anda bisa memulainya dari langkah-langkah kecil di waktu senggang Anda ketika libur bekerja.


4. Ikuti Jadwal

Ini adalah langkah yang penting, karena jika Anda sudah merencankan agenda harian dengan baik. Namun pada prakteknya hal tersebut masih banyak yang diabaikan maka percuma saja. Usahakan untuk tidur 8 jam setiap malam. Pergi tidur pada waktu yang telah ditentukan, dan bangun pada waktu yang sudah ditetapkan juga. akhir pekan dapat menjadi pengecualian, dan Anda dapat tidur lebih lama dari biasanya, cobalah untuk memperbaiki jadwal dan menaatinya.


5. Selalu isi dengan pikiran positif

Terakhir adalah Anda perlu menjadi pribadi yang selalu berpikiraan positif. Ingat, pikiran negatif hanyalah emosi. Banyak orang yang sering menjadi mangsa emosi negatif karena mereka gagal melihat cahaya di ujung terowongan. Kebanyakan orang berpikir bahwa hal ini tidak dapat diakhiri. Namun pada kenyataannya tergantung pada diri masing-masing. Percayalah usaha tidak ada yang mengkhianati hasil.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga :




Berita terkait
Cara Mengenali 9 Tanda dan Gejala Gangguan Kecemasan
Waspadalah ketika kecemasan Anda mulai berdampak negatif pada hidup Anda.
4 Cara Meredakan Stres dan Kecemasan
Seiring bertambahnya usia perempuan lebih rentan mengalami stress dan tingkat kecemasan yang tinggi. Berikut tips untuk mengatasi hal tersebut.
3 Jenis Latihan Pernapasan Atasi Stres dan Kecemasan
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 3 cara untuk meredakan sesak saat merasa cemas.
0
5 Tips Mengatasi Pikiran Negatif
Anda harus cukup berani untuk tidak membiarkan hal-hal negatif mempengaruhi Anda, dan merebut kualitas tidur Anda.