Pemerintah Kota Makassar

5 Tips Menabung Selama Setahun untuk Biaya Pernikahan

Untuk mempersiapkan biaya pernikahan ada baiknya kamu mulai menabung. Menabung untuk pernikahan bukan hal yang mudah bagi sebagian orang.
Menikah (Foto: Tagar: /Pixels/Jonathan Borba)

Jakarta - Pernikahan merupakan hal yang diimpikan banyak orang. Pernikahan membutuhkan banyak kesiapan. Selain kesiapan mental, kesiapan finansial pun perlu diperhatikan. 

Untuk mempersiapkan biaya pernikahan ada baiknya kamu mulai menabung. Menabung untuk pernikahan bukan hal yang mudah bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, perlu trik tersendiri agar tetap konsisten. Berikut ini tips yang dapat kamu lakukan untuk menabung dalam jangka waktu satu tahun ke depan.


1. Pisahkan rekening tabungan pernikahan dan biaya hidup sehari-hari

Sebaiknya, pisahkan rekening tabungan dengan rekening yang biasa digunakan sehari-hari. Tujuannya, agar dana tetap aman dan dapat mencegah kamu memakai uang tabungan pernikahan tanpa disengaja.


2. Berkomitmen untuk tidak menggunakannya

Waktu satu tahun termasuk cepat. Jika kamu ingin melaksanakan pernikahan, tak ada salahnya bekerjasama dengan pasanganmu saat menabung. Contohnya, jika penghasilanmu dan pasangan Rp5 juta, sisihkan minimal Rp1 juta.


3. Tahan dulu keinginan untuk membeli barang mewah yang tak ada benefit-nya

Tak ada salahnya menghentikan kebiasaan hedon mu untuk sementara waktu. Daripada membeli barang mewah, lebih baik uangnya digunakan untuk mencicil printilan pernikahan. Seperti souvenir, seserahan, atau kebutuhan lainnya.

Sambil menabung untuk menikah, sebaiknya kamu juga sudah mulai menentukan bagaimana konsep pernikahan. Upacara adat dalam pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Prioritaskan kebutuhan penting saja. Seperti hidangan, tempat, makeup, atau akomodasi lainnya.

Tema minimalis atau nasional bisa jadi solusi buat kamu yang tak ingin mengeluarkan budget lebih untuk pelaksanaan upacara adat atau dekorasi yang terkesan mewah.


4. Perhitungkan semuanya sebaik mungkin

Perhitungkan juga kemampuanmu dan pasangan. Sebaiknya, melakukan survei harga berbagai keperluan pernikahan. Sesuaikan pendapatan kalian dengan jasa yang dipilih. Jika masing-masing penghasilan kamu dan pasangan adalah Rp5 juta perbulan dan menyisihkan 20% dari pendapatan, sebaiknya tidak menyebarkan lebih dari 250 undangan.


5. Saat menabung siapkan biaya tak terduga

Ketika telah survei harga semua keperluan, pastikan kamu memiliki dana tambahan atau dana tak terduga. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi kenaikan biaya produk atau jasa pada satu tahun ke depan.

Itulah tips - tips yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan biaya pernikahan dalam jangka waktu satu tahun kedepan. 

Jika hanya mengandalkan penghasilan dirasa tidak memungkinkan, kamu bisa mencari penghasilan tambahan yang tak membutuhkan modal besar. Contohnya, menjadi freelancer di bidang kreatif atau bergabung menjadi dropshipper.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Menikah Diam-diam, Chintya Ramlan Dapat Mahar Rp3 miliar
Chintya Ramlan mengatakan pernikahannya terjadi belum lama di Aceh secara negara dan tercatat di KUA.
Tidak Pakai Lamaran, Ridho DA akan Menikah di Garut
Penyanyi dangdut Ridho Syarifuddin atau Ridho Dangdut Academy (DA) merencanakan pernikahannya di Garut, Jawa Barat dengan kekasihnya Syifa.
Putri Mako dan Kei Komuro Dikabarkan Menikah pada 26 Oktober
Putri Mako akan meninggalkan keluarga kerajaan setelah pernikahannya.
0
5 Tips Menabung Selama Setahun untuk Biaya Pernikahan
Untuk mempersiapkan biaya pernikahan ada baiknya kamu mulai menabung. Menabung untuk pernikahan bukan hal yang mudah bagi sebagian orang.