5 Tips Melamar Pekerjaan yang Pernah Dilamar Sebelumnya

Banyak para pekerja yang pernah melamar di perusahaan yang sama meski pernah ditolak sebelumnya.
Ilustrasi melamar kerja

Jakarta - Pernahkah anda begitu menginginkan sebuah posisi di perusahaan impian hingga rela melamar kembali meski pernah ditolak sebelumnya? Anda tidak sendirian, pasti banyak juga para pekerja yang pernah melamar di perusahaan yang sama meski pernah ditolak sebelumnya. Selain ditentukan oleh nasib baik, diterima atau tidaknya Anda di perusahaan yang pernah dilamar sebelumnya, juga tergantung dengan beberapa hal berikut ini. 


1. Ambil jeda, jangan lamar secara beruntun

Baru sebulan lalu proses interview tidak berlanjut, Anda sudah memasukan CV lagi pada email tim HRD perusahaan tersebut. Sabar dulu, nisa jadi memang Anda sudah tidak diterima dan memang mereka tidak punya kebijakan untuk memberikan informasi apakah Anda diterima atau tidak. Jika ingin melamar di perusahaan yang sama coba berikan jeda kira-kira lebih dari 3 bulan. Sepanjang jeda tersebut Anda bisa melamar pada pekerjaan freelancer atau mencoba melamar di tempat lain. Usahakan untuk menambah kemampuan dan mempelajari apa saja kesalahan Anda pada interview sebelumnya, agar kesempatan ke-2 nanti berjalan lancar.


2. Jangan kirimkan CV dan portfolio yang sama dengan sebelumnya

Jangan menggunakan CV ataupun portfolio lama yang sebelumnya Anda gunakan untuk melamar ke perusahaan tersebut. Ini akan membuat perusahaan bosan, seolah tidak ada sesuatu yang baru dari Anda. Lagian dengan menunjukkan CV dan portfolio ter-update, akan memberikan informasi penting kepada perusahaan mengenai perkembangan yang dilewatkan perusahaan setelah tidak menerima Anda join di tempatnya.


3. Pastikan ada skill yang istimewa dari Anda

Perusahaan pastinya tidak mau membuang waktunya untuk memanggil kandidat sama yang tidak punya skill tambahan setelah terakhir bertemu. Pastikan ada keahlian istimewa yang membuat perusahaan mau memanggil Anda kembali. Tidak perlu tambahan pengalaman kerja, Anda bisa menambahkan juga sertifikat training atau keahlian yang didapat secara otodidak setelah sempat ditolak pada perusahaan tersebut. Dengan memiliki kemampuan yang lebih baik dan mengasah kekurangan Anda pada interview sebelumnya, tentu perusahaan incaran Anda akan tertarik untuk kembali mempertimbangkan Anda.


4. Persiapan saat wawancara

Ketika perusahaan pada akhirnya memanggil Anda kembali untuk melakukan wawancara, pastikan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Menjadi diri sendiri itu baik tapi lebih baik lagi ketika Anda menjadi diri sendiri yang disenangi oleh perusahaan. Berpakaianlah seolah Anda memang sudah menjadi karyawan perusahaan tersebut, hindari menjawab pertanyaan yang sama dengan jawaban yang Anda berikan sebelumnya dan usahakan untuk mengajukan pertanyaan yang penting saat pewawancara memberikan kesempatan bagi Anda untuk bertanya.


5. Kalau sudah dua kali gagal?

Jika percobaan kedua tak juga membuahkan hasil, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mulai melirik kesempatan di perusahaan lain. Tak perlu merasa kecewa karena harus mengubur dalam-dalam mimpi Anda bekerja di perusahaan tersebut, lebih baik manfaatkan kemampuan yang sudah Anda miliki di tempat lain, siapa tahu kesempatan Anda untuk berkarier dengan memuaskan malah terbuka lebih lebar di tempat lain. Yang terpenting jangan patah semangat dan terus berusaha. []


Baca Juga :




Berita terkait
Bersiap! Melamar Kerja Bisa Melalui Video TikTok
Aplikasi TikTok sedang menguji fitur pekerjaan bagi pengguna di Amerika Serikat dengan nama TikTok Resumes diperuntukan untuk pelamar kerja.
5 Wajib Cara Menghadapi Wawancara Melamar Pekerjaan
Tahap wawancara dalam mencari pekerjaan memerlukan strategi dan persiapan khusus. Lima hal wajib diperhatikan, juga perihal posisi kepala.
Tips Milenial Melamar Pekerjaan dan Nyaman Bekerja
Kaum milenial sering mengeluhkan lamaran pekerjaan ditolak, atau merasa tidak nyaman di tempat kerjanya yang baru. Ini tips menjawab itu.
0
5 Tips Melamar Pekerjaan yang Pernah Dilamar Sebelumnya
Banyak para pekerja yang pernah melamar di perusahaan yang sama meski pernah ditolak sebelumnya.