5 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Lulus

Cara terbaik untuk belajar tentang dasar-dasar keuangan pribadi adalah mengunjungi ahli keuangan dan mempelajari saran mereka.
Ilustrasi mengatur keuangan (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Jika kamu baru lulus dari perguruan tinggi atau baru saja lulus, selamat! Bagi sebagian besar orang, lulus dari perguruan tinggi menandai transisi besar ke masa dewasa dan dunia pekerjaan. Hal ini juga mengantarkan fase baru keuangan pribadi.

Meskipun tidak benar setiap keputusan yang dibuat saat usia 20-an akan berdampak besar selama kehidupan dewasa, ada beberapa keputusan yang mempunyai implikasi lebih besar daripada yang lain. 

Banyak keputusan yang akan kamu buat berpusat pada keuanganmu. Berikut ini beberapa tips keuangan terbaik untuk kamu yang baru lulus.


Pekerjaan Bergaji Tinggi Tidak Selalu yang Terbaik

Jika sudah memutuskan memilih jalur karir yang diinginkan, ingatlah pekerjaan dengan gaji yang lebih kecil dengan bidang yang disukai mungkin akan menjadi kesepakatan yang lebih baik dalam jangka panajng. 

Menerima pekerjaan di bidang yang tidak disukai hanya karena membayar lebih besar dapat menunda kemajuan karirmu atau lebih buruk lagi. Terjebak pada pekerjaan yang tidak kamu sukai mungkin tidak akan membuatmu bahagia.


Berpikir Dua Kali Sebelum Pindah dari Orang Tua

Dalam beberapa kasus, tinggal bersama orang tua bisa memberi keselamatan finansial. Jika mungkin, kamu bisa tinggal sendiri setelah lulus kuliah. Kamu akan tumbuh lebih cepat dan belajar lebih banyak dengan menjadi diri sendiri, meskipun awalnya kamu akan berjuang.

Banyak lulusan perguruan tinggi kembali ke rumah orang tua mereka untuk lebih menghemat uang, tetapi sebagian dari mereka tidak disiplin dalam menabung. Akhirnya, penghasilan mereka dihabiskan untuk pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan. Tinggal sendiri hanya jika kamu yakin tidak akan jatuh ke dalam perangkap pengeluaran itu.


Kebiasaan Anggaran

Penganggaran bukan hanya latihan hidup sesuai dengan kemampuanmu, melainkan juga tentang menjadi berpengetahuan dan siap untuk apapun yang terjadi di kehidupan secara finansial.

Pikirkan kembali anggaran sebagai rencana pengeluaran untuk memandu pengeluaran dan tabungan sehingga kamu bisa mempunyai hal-hal yang benar diinginkan. Jangan tergoda untuk mencoba gaya hidup tertentu, apalagi tidak sesuai dengan kemampuan.


Mulai Menabung dan Berinvestasi Sekarang

Ketika membuat anggaran, pastikan untuk menyisihkan uang untuk menabung bersama dengan pengeluaran lainnya. Hal ini berarti kamu membangun dana darurat atau mencapai tujuan keuangan lain, seperti membeli rumah atau biaya pendidikan anak. Dengan mulai menabung dari usia 20-an, kamu bisa membangun jaring pengaman finansial masa depanmu.

Selain menabung, pertimbangkan untuk mulai berinvestasi. Dengan memulai lebih awal, kamu akan punya banyak waktu untuk membangun kekayaanmu.


Belajar tentang Finansial

Cara terbaik untuk belajar tentang dasar-dasar keuangan pribadi adalah mengunjungi ahli keuangan dan mempelajari saran mereka. Selain itu, kamu juga bisa belajar dari youtube, artikel-artikel keuangan, podcast, buku, atau webinar.

Itulah beberapa tips keuangan untuk lulusan terbaru. Meskipun ada banyak tips keuangan yang beredar di luar sana, beberapa tips di atas bisa kamu ikuti dan kamu akan menerima manfaatnya.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Lima Aplikasi Catatan Keuangan Gratis
Tak ada kata terlambat untuk memulai perencanaan keuangan untuk masa depan.
5 Langkah Keuangan Utama dalam Hidupmu
Komunikasi terbuka tentang keuangan menjadi salah satu cara bisa membantu pernikahanmu berjalan lancar.
Ini Kesalahan Keuangan yang Akan Terasa Menjelang Pensiun
Dengan pensiun, artinya kamu tidak bisa bekerja lagi pada pekerjaan yang kamu geluti sebelumnya.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.