Pemerintah Kota Makassar

5 Tips Cermat Pilih Asuransi Kesehatan, Cek Nomor 4

Dengan menyisihkan sebagian uang untuk perlindungan diri dari resiko finansial seperti biaya kesehatan selain tabungan dan investasi.
asuransi kesehatan (Foto: Tagar/Freepik/Osaba)

Jakarta – Kesehatan merupakan suatu asek terpenting dalam hidup yang harus dijaga, karena kesehatan itu mahal. Menggeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membeli obat-obatan atau perawatan medis. Oleh karena itu sekarang ini banyak sekali berbagai lembaga yang menawarkan bantuan asuransi kesehatan.

Jaminan kesehatan menjadi salah satu hal poko yang wajib dimiliki oleh orang yang paham finansial yang baik. Dengan menyisihkan sebagian uang untuk perlindungan diri dari resiko finansial seperti biaya kesehatan selain tabungan dan investasi.

Memilih asuransi kesehatan yang tepat memang tidak mudah dan juga tidak sulit untuk sebagian orang. Mudah untuk yang sudah paham seluk beluknya dan sulit untuk yang memiliki keterbatasan dana.

Sebelum memilih, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat. Misalnya Apakah asuransi yang kamu pilih telah mencakup seluruh kebutuhan, berikut tips memilih asuransi kesehatan.


1. Pahami Kebutuhan

Pahami kebutuhan apa jika jatuh sakit dengan menulis daftar apa saja yang kamu butuhkan, seperti asuransi yang mencakup pembiayaan rawat jalan, rawat inap, hingga penebusan obat-obatan. Dan pahami kebutuhan dan syarat perawatan di pelayanan kesehatan yang berlaku secara umum, hal ini sangat berguna dan memudahkan ketika sakit.


2. Cashless

Menggunakan metode cashless ini memudahkan anda karena sistem ini tanpa harus membawa uang kertas yang mana akan lebih ribet. Sehingga pembayaran perawatan akan menjadi lebih mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menggesekkan kartu yang diberikan pihak asuransi untuk melakukan pembayaran atas perawatan kesehatan yang kamu terima.


3. Alokasi Anggaran

Untuk mendapatkan manfaat perlindungan asuransi, Anda perlu menyiapkan alokasi anggaran untuk membayar premi asuransi. Biasanya perusahaan asuransi akan menawarkan banyak sekali pilihan premi dengan berbagai paket yang ada di dalamnya. 

Besar premi asuransi akan sangat bergantung pada cakupan perlindungan yang ditawarkan seperti usia tertanggung, riwayat media sampai jangka waktu perlindungan.


4. Teliti Manfaat dan Pelajari Polis

Di dalam polis asuransi, terdapat seluruh penjelasan mengenai hak dan kewajiban antara pihak asuransi serta nasabah. memahami polis dengan cermat akan menghindarkan anda dari perjanjian yang mungkin tidak anda setujui atau tidak ingin kamu lakukan.


5. Bandingkan Asuransi Kesehatan dengan Asuransi Kesehatan Lain

Bandingkan paling tidak dengan satu atau dua produk terlebih dulu agar bisa memilih yang terbaik. Hal yang perlu diperhatikan yaitu sisi jangkauan perlindungan, besar premi yang dibebankan dan rekam jejak penyedia asuransi.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Penting! 5 Langkah Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat
Salah satu menjaga tubuh agar tetap sehat adalah mempersiapkan asuransi kesehatan. Berikut cara memilih asuransi kesehatan yang tepat dilakukan.
5 Tips Memilih Asuransi Kendaraan
Memiliki asuransi kendaraan merupakan salah satu hal yang sangat penting, sehingga harus dipertimbangkan oleh setiap pemilik kendaraan.
Ini Yang Terjadi Jika Perusahaan Asuransi Bangkrut
Aetna Life diakuisisi ING Life dan diambil alih lagi oleh Manulife. PT Asuransi Jiwa Sewu New York Life berubah diakuisisi Sequish Life.[
0
5 Tips Cermat Pilih Asuransi Kesehatan, Cek Nomor 4
Dengan menyisihkan sebagian uang untuk perlindungan diri dari resiko finansial seperti biaya kesehatan selain tabungan dan investasi.