5 Tips Cara Mencari Konsumen Saat Jualan Online

Karenanya saat ingin jualan online pastikan untuk memanfaatkan sosial media dengan baik apabila dilakukan dengan benar dan tepat.
Ilustrasi jualan online (Tagar.id/Pexels)

Jakarta - Perkembangan berbisnis secara online atau berjualan secara online melalui aplikasi maupun website jualan online saat ini memang sedang banyak diminati banyak orang selama pandemi saat ini. 

Saat keadaan yang seperti inilah para penjual barang yang tadi mungkin berjualan dipasar maupun rumahan, akhirnya bergerak pada penjualan online pada situs atau aplikasi jual beli online.

Meski peluang berbisnis sangat terbuka untuk siapapun dan berjualan apapun, tidak semua orang mengalami kesuksesan yang sama seperti yang diinginkan. Namun, nyatanya banyak kegagalan yang terjadi pada penjualan tersebut. 

Maka dari itu, keberhasilan yang diraih juga tidak semudah apa yang diharapkan perlu perjuangan yang lebih pada saat proses itu terjadi.

Maka dari itu, inilah 7 tips cara efektif untuk mencari konsumen pada saat berjualan onlline.


1. Menentukan Nilai Jual dari Sebuah Produk

Banyak dari para pembisnis bertanya-tanya soal kelebihan dari produk yang mereka ingin jual, pastinya hal-hal yang seperti ini sering muncul apakah harga dan kualitas barang sudah seimbang, tentu pemikiran tersebut akan selalu terlintas dibenak para pembisnis.

Dengan memahami serta mengetahui mengenai nilai jual barang yang kita miliki tentu nantinya akan memiliki peran penting sebagai pembeda bisnismu dengan kompetitor. Untuk menemukan apa yang barang kita miliki dapat memposisikan diri sebagai calon konsumen.

Ketika sudah menemukan beberapa nilai jual barang yang menurut kamu baik, maka langkah selanjutnya bisa menyesuaikan nilai jual barang tersebut dengan selera konsumen, kebiasaan konsumen hingga trend yang sedang berkembang. Dengan mengkombinasikan hal-hal tersebut, maka nanti hasilnya akan sesuai dan tepat dengan konsumen.


2. Membuat Website Toko Online Sendiri

Marketplace ini memang relatif lebih mudah untuk digunakan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat akun dan memulai bisnis. Tetapi, justru dengan kemudahan itu membuat marketplace ini memiliki banyak pesaing yang tentunya membuat berebut calon pelanggan dan akhirnya membuat pembisnis memasang harga yang termurah hingga membutuhkan waktu yang lama untuk membangun reputasi melalui rating dan review.

Namun, setelah melakukan proses tersebut brand kamu tetap belum dikenal secara baik. Pelanggan hanya akan mengingat marketplace yang digunakan instead of merek. Jika pembisnis memang bermaksud membangun brand ini sendiri, pembisnis perlu paham konsekuensi ini.


3. Pelajari dan Memahami Soal Data

Data adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis. Dengan mempelajari data yang berkaitan dengan bisnis terutama terkait data soal penjualan dan data yang berhubungan dengan upaya promosi.

Yang pertama terkait data soal penjualan, dimana data ini otomatis dapat ditarik melalui CMS yang digunakan. Dari data tersebut kamu dapat mengetahui mana penjualan online yang paling laris, mana produk yang paling disukai hingga kapan penjualanmu sedang mengalami penurunan.

Kedua, data yang berhubungan dengan promosi dan marketing. Untuk yang satu ini, pastikan Anda sudah menginstal Google Analytics dan Google Tag Manager diwebsite. Jika belum, pelajari cara memasang Google Analytics dan ikuti panduan Google Tag Manager terlebih dahulu.

Setelah data-data tersebut di collect, maka kamu dapat melakukan riset produk untuk mengatasi segala permasalahan serta mengembangkan bisnis tersebut melalui data.


4. Memakai Teknik Strategi Content Marketing

Content marketing adalah sebuah teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten. Bukan sembarang konten yang dibuat. Melainkan konten relevan, penting, bermanfaat, dan bisa menarik audiens dalam jangka panjang.

Semakin informatif dan menarik isi dari konten tersebut, maka akan semakin besar juga kemungkinan untuk ditemukan oleh konsumen. Tetapi, informasi yang diberikan melalui konten ini juga tidak hanya harus informatif dan menarik tetapi, harus dioptimasi menggunakan SEO atau Search Engine Optimization.

Kenapa harus menggunakan SEO? Apabila kamu ingin mengoptimalkan bisnismu secara online SEO adalah hal yang wajib dilakukan untuk dapat menggaet banyak konsumen. Selain itu, Google juga akan lebih memprioritaskan artikel yang informatif serta SEO Friendly agar dapat diberikan ranking yang tertinggi.


5. Selalu Update di Media Sosial

Salah satu tips jualan online yang paling ampuh saat ini adalah selalu update di media sosial. Walaupun kita sudah memiliki website dan blog untuk memasarkan produk atau jasa kita, jangan lupa untuk tetap menggunakan sosial media untuk mempromosikannya lagi. Mengapa tetap harus menggunakan sosial media? Dari sini kamu dapat berkomunikasi lebih baik kepada calon pelanggan.Setelah melakukan komunikasi, tentu para calon konsumen akan merasa lebih dekat dengan penjual.

Seperti yang kita ketahui bahwa kekuatan dari sosial media di era seperti sekarang memang sangat powerful dimana banyak orang mengandalkan sosial media untuk banyak kebutuhan mulai dari sekedar bertukar informasi hingga melakukan belanja secara online.

Karenanya saat ingin jualan online pastikan untuk memanfaatkan sosial media dengan baik apabila dilakukan dengan benar dan tepat, maka sosial media ini bisa menjadi ‘senjata terbaik’ dalam mengembangkan usahamu.[]


(Farhan Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Efektif Mengurangi Kebiasaan Belanja Berlebihan
Berikut beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengurangi keinginan belanja Anda.
Cara Menjaga Kelembaban Kulit karena Sering Mandi di Masa Pandemi
Kebiasaan mandi meningkat 3 kali lipat di masa pandemi ini. Tapi, sebenarnya kebiasaan ini bisa membuat kulit menjadi kering.
3 Cara Menentukan Bisnis yang Tepat
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar bisnis berjalan mulus
0
DPR Terbuka Menampung Kritik dan Saran untuk RKUHP
Arsul Sani mengungkapkan, RUU KUHP merupakan inisiatif Pemerintah. Karena itu, sesuai mekanisme pembentukan undang-undang.