UNTUK INDONESIA

5 Terduga Teroris Sudah 2 Tahun Terlibat Terorisme di Aceh

Dari pemeriksaan polisi kelima terduga teroris telah melakukan aktivitas terorisme selama dua tahun di Aceh.
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy memperlihatkan sejumlah foto barang bukti yang berhasil diamankan dari 5 terduga teroris di Aceh dalam jumpa Pers di Mapolda Aceh, Sabtu, 23 Januari 2021. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh - Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror telah menangkap lima terduga teroris di Aceh. Dari pemeriksaan polisi kelimanya telah melakukan aktivitas terorisme selama dua tahun.

"Kurang lebih sudah 2 tahun para terduga melakukan aktivitas terorisme sebelum tertangkap oleh Densus 88," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy kepada wartawan, Rabu, 27 Januari 2021.

Winardy menuturkan, dari ke lima yang berhasil diamankan, empat di antaranya, yaitu MY, SJ alias AF dan RA merupakan DPO Densus 88 terkait rencana hijrah untuk bergabung dengan ISIS di Suriah dan Afghanistan.

Kurang lebih sudah 2 tahun para terduga melakukan aktivitas terorisme.

"Sedangkan untuk terduga teroris UM alias AA alias TA dan SA merupakan jaringan kelompok bom Polrestabes Medan dan sedang merencanakan pembuatan bom untuk melakukan aksi amaliyah di wilayah Aceh," katanya.

Diketahui dari lima terduga teroris, dua diamankan di Blang Bintang, Aceh Besar pada Rabu, 20 Januari 2021 pukul 19.45 WIB.

Kemudian pada Kamis, 21 Januari 2021 pukul 10.00 WIB, petugas berhasil mengamankan satu orang di Ulee Kareng, Banda Aceh, serta pada hari yang sama pukul 20.00 WIB, dua orang lagi berhasil diamankan di Langsa.

Barbuk Milik Terduga Teroris di AcehPolda Aceh memperlihatkan sejumlah foto barang bukti yang berhasil diamankan dari 5 terduga teroris di Aceh dalam jumpa Pers di Mapolda Aceh, Sabtu, 23 Januari 2021. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

"Penangkapan tersebut berlangsung di empat lokasi terpisah," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy dalam jumpa Pers di Mapolda Aceh, Sabtu, 23 Januari 2021 lalu.

Tempat teroris itu diamankan, sambung Winardy, pertama pada Rabu, pukul 19.45 WIB di Jalan Blang Bintang, Krueng Raya, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar.

Di sana Densus 88 berhasil mengamankan inisial RA, 41 tahun, warga Langsa Kota, dan inisial SA alias S, 30, warga Banda Baro, Aceh Utara.

Kemudian lokasi penangkapan selanjutnya, pada Kamis pukul 10.00 WIB, di Pasar Simpang 7 Ulee Kareng, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, petugas berhasil mengamankan terduga teroris berisial UM alias AZ alias TA, 35 tahun.

Baca juga:

Selanjutnya pukul 20.00 WIB, Densus 88 kembali mengamankan berinisial SJ alias AF, 40 tahun, di Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, dan inisial MY, 46 tahun, diamankan di Birem Puntong, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

"Ke lima terduga teroris ini diduga terlibat dalam jaringan bom Polrestabes Medan, dan juga terlibat dalam pembuatan bom jaringan teroris yang ditangkap di wilayah Riau," kata Winardy. []

Berita terkait
Lima Terduga Teroris di Aceh Berencana Gabung ISIS Afghanistan
Densus 88 Antiteror menangkap lima terduga teroris. Selain akan beraksi di Aceh, mereka berencana ke Afganistan untuk bergabung ISIS.
Lima Terduga Teroris Berencana Rakit Bom di Aceh
Densus 88 Antiteror Markas Besar Kepolisian Indonesia menangkap lima terduga teroris di Aceh.
Lima Terduga Teroris Berencana Rakit Bom untuk Aksi di Aceh
Pengungkapan teroris di Aceh, Detasemen Khusus 88 Antiteror sejauh ini telah mengamankan sebanyak lima terduga teroris.
0
5 Terduga Teroris Sudah 2 Tahun Terlibat Terorisme di Aceh
Dari pemeriksaan polisi kelima terduga teroris telah melakukan aktivitas terorisme selama dua tahun di Aceh.