UNTUK INDONESIA
5 Tempat Wisata Baturaja Kampung Halaman Firli Bahuri
Kampung halaman Ketua KPK Firli Bahuri di Baturaja menyimpan sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.
Gua Harimau, Baturaja. (Foto: Instagram/akilyerilwan)

Jakarta - Belakangan ini Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ramai diperbincangkan setelah mengunjungi kampung halamannya di Kabupaten Ogan komering, Ulu, Baturaja. Namun terlepas dari hal tersebut, Baturaja ternyata menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk disambangi saat berlibur.

Ada beragam destinasi wisata yang dimiliki Baturaja, mulai dari wisata alam sampai tempat bersejarah. Keindahan wisata alamnya tentu mampu membuat mata pengunjung terpesona dan tempat bersejarahnya bisa memberikan wawasan yang bermanfaat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah destinasi wisata Baturaja.

1. Bukit Lesung Bintang

Bukit Lesung BintangBukit Lesung Bintang, Baturaja. (Foto: Instagram/afrieadi)

Bukit Lesung Bintang terkenal dengan bentuk segi delapan yang menyerupai binatang dan terdapat lesung di bagian tengahnya. Namun akibat tidak terawat, bentuk tersebut sudah tidak berbentuk bintang. Destinasi wisata ini terletak di atas Bukit Desa Laya, kecamatan Baturaja Barat.

Panorama yang diberikan objek wisata tersebut tentu membuat mata wisatawan terpesona dengan keindahan kota Baturaja, jika dilihat dari atas. Ketika memasuki Bukit Lesung Bintang, sebaiknya jangan membuang sampah sembarangan agar jalur menuju puncak tetap bersih dan terjaga keindahannya.

2. Air Panas Gemuhak

Air Panas GemuhakAir Panas Gemuhak, Baturaja. (Foto: Instagram/gunungtiga.wordpress.com)

Air Panas Gemuhak menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ada di Baturaja tepatnya di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Oku. Di sana, terdapat beberapa sumber air panas yang menyemburkan air panas setiap 15 detik setinggi 3 meter.

Untuk sampai di sana diperlukan waktu tiga jam perjalanan, sebab lokasinya berada di ketinggian 398 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar enam kilometer dari Desa Gunung Tiga. Air panas yang ada di tempat wisata alam ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit, bahkan bisa digunakan untuk merebus telur mentah karena memiliki panas hingga 97 derajat Celcius.

3. Air Terjun Kambas

Air Terjun KambasAir Terjun Kambas, Baturaja. (Foto: Instagram/rishaagustina)

Air Terjun Kambas menjadi salah satu destinasi wisata alam di Baturaja yang wajib disambangi. Wisata alam yang terletak di Desa Ulak Lebar, Kecamatan Ulu Ogan memiliki ketinggian 425 meter di atas permukaan laut dan ketinggian air terjunnya mencapai 50 meter.

Untuk sampai di sana, pengunjung perlu berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Desa Ulak Lebar. Keindahan panorama yang ditawarkan Air Terjun Kambas tentu mampu membuat wisatawan terpesona dan tak ingin beranjak dari tempat wisata tersebut.

4. Gua Putri

Gua PutriGua Putri, Baturaja. (Foto: Instagram/baturajaupdate/ariezakaria.az)

Gua Putri menjadi tempat wisata populer yang ada di Baturaja. Pengunjung yang datang bisa menikmati beragam destinasi yang ada di sana, seperti wisata bersejarah, wisata alam, dan wisata budaya. 

Gua Putri berlokasi di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji. Untuk tiba di sana diperlukan waktu tempuh sekitar 30-45 menit dari Baturaja. Melihat keindahan tempat tersebut, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Baturaja tidak mampir sejenak ke Gua Putri.

5. Gua Harimau

Gua HarimauGua Harimau, Baturaja. (Foto: Instagram/akilyerilwan)

Gua Harimau berlokasi di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, tepatnya 500 meter dari Gua Putri. Selain dibuka untuk para wisatawan, nyatanya tempat wisata ini seringkali disambangi oleh para peneliti lantaran menjadi tempat ditemukannya 78 kerangka populasi Austronesia awal (cikal bakal manusia sekarang).

Kini, Gua Harimau sudah dilengkapi fasilitas tangga permanen yang berjumlah 104 buah anak tangga untuk para pengunjung yang datang. Selain itu, tersedia juga anjungan guna memudahkan wisatawan menikmati suasana gua sekaligus tidak mempersulit tim peneliti yang sedang bekerja lainnya.

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di Baturaja. Tak lengkap rasanya jika pergi ke Baturaja, tetapi tidak menyambangi berbagai tempat wisata yang ada di sana.

Baca Juga:

Berita terkait
Lima Wisata Minangkabau Kampung Halaman Nadiem Makarim
Kampung halaman Pendiri Gojek Nadiem Makarim di Minangkabau Sumatera Barat, terdapat sejumlah tempat wisata yang sangat indah.
Wisata Kampung Halaman UAS di Asahan Sumatera Utara
Kampung halaman UAS di Asahan, Sumatera Utara memiliki wisata alam dengan pesona alam yang menakjubkan. Destinasi pas untuk libur akhir pekan.
5 Wisata Kekinian Aceh Kampung Halaman Fachrul Razi
Kota kelahiran Fachrul Razi di Aceh memiliki sejumlah wisata yang terkenal dengan keindahannya.
0
5 Tempat Wisata Baturaja Kampung Halaman Firli Bahuri
Kampung halaman Ketua KPK Firli Bahuri di Baturaja menyimpan sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.