UNTUK INDONESIA
5 Suporter Liga Tampil di Webinar 'Suara Pemain ke-12'
Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY) gelar webinar bertajuk Suara Pemain ke-12 yang hadirkan 5 kelompok suporter. Webinar digelar Sabtu besok.
Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY) menggelar webinar bertajuk \\'Suara Pemain ke-12\\', Sabtu 7 November 2020 pukul 13.00 WIB. Webinar menghadirkan 5 kelompok suporter klub sepak bola Liga 1 dan Liga 2. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Yogyakarta - Kompetisi sepak bola di Indonesia tahun 2020 dilanjutkan kembali bergulir pada Februari 2021. Tidak hanya klub peserta Liga 1 dan Liga 2, namun suporter juga menyuarakan harapan dan keinginan mereka tentang nasib kompetisi. Ini yang diangkat Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY) saat menggelar webinar bertajuk 'Suara Pemain ke-12', Sabtu, 7 November 2020 pukul 13.00 WIB. 

Mengapa 'pemain ke-12'? Ya, suporter memang dikenal sebagai pemain ke-12 karena dianggap memiliki peran di pertandingan. Tim yang nyaris kalah bisa bangkit setelah mendapat dukungan dari suporter.

Peran penting suporter di pertandingan menjadi ide dari jurnalis yang tergabung dalam JOY saat menggelar webinar yang bakal berlangsung via Zoom Meeting, Sabtu, 7 November 2020 mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. 

Kami percaya suporter itu tetap elemen penting dalam sebuah ekosistem sepak bola, dan harapannya muncul diskusi yang membangun

Webinar ini dipastikan menarik lantaran mempertemukan kelompok suporter seperti Jakmania, pendukunga Persija Jakarta, yang diwakili Ketua Umum, Diky Soemarno. Sedangkan salah satu kelompok suporter Persebaya Surabaya, Green Nord, diwakili Cak Ipul. 

"Selain itu ada Ketua Umum Slemania Rengga Dian Senjaya. Kemudian Presiden Brajamusti Muchlis Burhanuddin dan Presiden Pasoepati Aulia Haryo Suryo," kata Budi Cahyono, perwakilan JOY saat memberi keterangan di Yogyakarta, Jumat, 6 November 2020.

Tak hanya itu perwakilan federasi sepak bola Indonesia, Budiman Dalimunthe juga didapuk menjadi salah satu pembicara. Budiman sendiri merupakan Ketua Divisi Pembinaan Suporter PSSI.

Menurut Budi webinar tersebut merupakan seri ke-3 sejak pandemi berlangsung. Webinar diselenggarakan para wartawan olahraga di DIY yang memiliki ketertarikan membahas sepak bola di tengah pandemi yang memaksa kompetisi berhenti.

"Kali ini untuk seri ke-3, kami membahas dari sudut pandang suporter yang sering disebut pemain ke-12. Kami ingin mendengar keluh-kesah mereka, pandangan mereka dan tentu masukan untuk sepak bola Indonesia ke depan. Sebelumnya kami sudah undang dari operator kompetisi dan pihak klub, sekarang dari sisi lain yakni suporter," tutur Budi.

Menurut dia, narasumber yang diundang dalam webinar tersebut tidak main-main. Ketua kelompok suporter yang cukup besar di Indonesia dihadirkan untuk menyampaikan perspektif tentang sepakbola dan pandemi.

"Kami mengundang dari PSSI untuk memberikan pandangan bagaimana kondisi di masa pandemi ini untuk sepak bola. Selanjutnya akan ada diskusi dengan harapan yang menarik dan membawa manfaat ke depan," kata salah satu wartawan senior olahraga ini.

Antusiasme pun mulai terasa di satu hari jelang webinar. Pasalnya kali ini JOY berhasil mempertemukan Jakmania-Bonek, juga Brajamusti dan Pasoepati dalam satu forum online.

Baca juga: 

Suporter Persiraja Banda Aceh Kecewa Liga 1 Kembali Ditunda

Harapan Suporter PSM Makassar Soal Kelanjutan Liga 1

"Tentu kami punya harapan, muncul diskusi yang membangun dan tentu dengan niat merajut silaturahmi baik antar suporter. Kami percaya suporter itu tetap elemen penting dalam sebuah ekosistem sepak bola, dan harapannya muncul diskusi yang membangun," ujar Budi lagi.

Webinar sendiri berlangsung pukul 13.00 hingga 15.00 WIB melalui aplikasi zoom meeting bit.ly/WebinarJOYEps3. Namun begitu kali ini pecinta sepak bola di manapun juga bisa mengakses melalui live streaming Youtube di kanal https://youtu.be/a_4049H3i_U. Tertarik keseruan diskusi, silakan bergabung. []

Berita terkait
Suporter PSM Makassar Ini Kecewa Liga 1 Mundur Hingga 2021
Kompetisi Liga 1 musim 2020 diundur hingga Februari 2021. Suporter PSM Makassar merasa kecewa dengan kembali dundurnya liga sampai tahun depan.
Suporter Red Gank Nona Kecewa Liga 1 Ditunda
Liga 1 dan liga 2 tidak mendapatkan izin dari Polri untuk kembali digulirkan, hal tersebut membuat suporter Nona PSM Makassar kecewa.
Suporter PSS Jadi Korban PHP PSSI dan Operator Liga 1
Suporter PSS Sleman menjadi korban Pemberi Harapan Palsu (PHP) PSSI dan PT LIB setelah menunda Liga 1 dan Liga 2. Keputusan itu terkesan mendadak.
0
5 Suporter Liga Tampil di Webinar 'Suara Pemain ke-12'
Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY) gelar webinar bertajuk Suara Pemain ke-12 yang hadirkan 5 kelompok suporter. Webinar digelar Sabtu besok.