5 Strategi Pengembangan Pasar yang Ampuh Tembus Target

Langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai bentuk dari pengembangan pasar diantaranya seperti perluasan regional, nasional bahkan internasional.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Pengembangan pasar adalah suatu tindakan yang diambil perusahaan untuk meningkatkan penjualan berdasarkan jumlah barang yang diproduksi. Kegiatan ini menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka menaikkan jumlah keuntungan melalui tingkat penjualan.

Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil maksimal dari keseluruhan barang yang diproduksi. Langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai bentuk dari pengembangan pasar diantaranya seperti perluasan regional, nasional bahkan internasional.

Jika hasil penjualan anda tengah stuck pada angka yang rendah, tentu hal ini membuat pusing kepala. Grafik penjualan yang landai tanpa ada kenaikan signifikan akan membuat kepala terasa mendidih. Belum lagi jika harus mengalami penurunan penjualan entah karena keadaan sosial atau pengaruh stock bahan. Coba pertimbangkan dan lakukan strategi berikut.


1. Memaksimalkan teknologi digital sebagai media iklan dan pemasaran

Beruntungnya kaum milenial saat ini adalah karena hidup bersamaan dengan nafas digital. Dimana semua komponen dalam kehidupan nyaris tak terlepas dari peran penting teknologi ini. Hadir untuk menjadi solusi bagi banyak permasalahan umat manusia di muka bumi ini, teknologi digital dapat digunakan untuk beragam aktivitas maupun bisnis. Salah satunya melakukan pemasaran dan memasang iklan melalui platform, website dan akun sosial media.

Modern ini, seluruh entitas perusahaan terkemuka telah memiliki akun sosial media resmi selain email dan website. Hal tersebut seperti instagram, twitter, facebook bahkan aplikasi pesan Whatsapp. Metode dilakukan agar perusahaan semakin dekat dengan konsumen serta lebih peka terhadap kebutuhan dan permintaan pasar, mengingat seluruh masyarakat sudah populer dengan kegiatan di dunia maya dalam kesehariannya. Melalui akun sosial media, konsumen dapat melihat lebih banyak aktivitas perusahaan dan akan mendapat informasi terkini terutama mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.


2. Menentukan harga ideal berdasarkan survei dan pengumpulan data harga di pasaran

Satu poin yang selamanya menjadi pertimbangan banyak konsumen adalah harga. Menentukan harga terbaik merupakan strategi penting untuk menjaring lebih banyak konsumen hingga akhirnya terjadi transaksi.

Harga terbaik yang dimaksud adalah standar yang paling ideal berdasarkan kondisi ekonomi sekitar, kebutuhan pangsa pasar, harga bahan sebagai modal dan keuntungan yang didapat. Semua harus terkomposisi dengan proporsi yang sesuai agar konsumen puas dan kembali untuk membeli, namun perusahaan tidak merugi.

Konsumen biasanya akan melakukan survei atau mencari informasi mengenai harga terbaik dengan kualitas produk atau jasa yang recomended, maka sebagai strategi pengembangan pasar, penting untuk mematok harga yang paling ideal agar para konsumen berdatangan, pun dengan laba yang mengalir.


3. Memahami persaingan pasar

Dalam dunia bisnis persaingan adalah hal yang sangat wajar, karena semua pelaku usaha bergerak untuk mencapai hasil yang diharapkan. Sebagai pengusaha, Anda harus memahami persaingan pasar yang terjadi, maksudnya adalah para perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

Bagaimana dengan sistem penjualan mereka, varian produk, fasilitas, layanan dan lain sebagainya yang dapat mendongkrak penjualan. Mempelajari hal tersebut sah-sah saja selama dalam batas yang wajar dimana memang informasi suatu perusahaan dapat diketahui oleh publik.

Dengan memahami persaingan pasar, maka Anda dapat mengatur strategi atau langkah jitu demi menggerakkan penjualan yang tinggi. Berdasarkan pengamatan persaingan pasar yang terjadi, Anda bisa mengetahui apa yang sedang diburu konsumen dan apa yang paling menarik bagi konsumen.

Namun penting untuk diingat bahwa dalam berbisnis semua pihak wajib menjaga persaingan agar tetap sehat. Artinya tidak ada tindakan yang saling merugikan antar sesama, serta tetap kompetitif dan sportif dalam persaingan.


4. Membuat inovasi varian produk baru atau upgrade layanan

Manusia adalah makhluk yang cenderung bosan dengan sesuatu yang monoton. Masyarakat kerap menuntut inovasi dan kreasi yang menggugah. Meskipun menjaga orisinalitas memang diutamakan, namun membuat inovasi varian baru akan memberi warna yang lebih memikat.

Dengan menerapkan strategi ini, maka pelanggan lama tidak akan jenuh dan lebih sering melakukan transaksi. Sedangkan pelanggan baru akan datang menghampiri karena terpikat unit-unit baru yang menggoda.

Strategi ampuh ini terbukti banyak diterapkan oleh emiten ternama bahkan sekelas internasional. Konsumen cenderung tertarik pada inovasi dan gebrakan baru yang dilakukan pelaku usaha secara berkala. Bahkan mereka yang antusias akan senantiasa menunggu produk baru yang akan Anda rilis pada periode berikutnya.


5. Perluasan market regional dan nasional

Perkasa hanya di satu wilayah rasanya kurang sempurna. Penjualan pun hanya akan menghasilkan dari daerah situ-situ saja. Namun jika perusahaan mengambil keputusan untuk memperluas penjualan, maka peluang peningkatan konsumen pun terbuka lebar.

Lonjakan penjualan pun dipastikan akan berbuah laba yang menggiurkan. Perluasan penjualan dapat dilakukan baik di dalam wilayah kota, luar kota, seluruh nusantara bahkan sampai mancanegara.

Dengan lebih banyak orang yang mengenal, maka lebih besar pula permintaan dan penjualan yang dapat dicapai oleh perusahaan. Perluasan market ini dapat berupa pembangunan kantor cabang, outlet, atau distribusi yang menjangkau luar daerah, luar kota dan luar negara. []

(Sri Wahyuni Sitorus)

Berita terkait
Tips Perencanaan Keuangan untuk Pelaku Bisnis yang Terdampak Pandemi
Bisnis-bisnis yang terpuruk akibat pandemitetap harus bertahan hingga ekonomi kembali normal.
Yuk Pahami, 3 Cara Membuat Bisnis Plan untuk UKM
Jika Anda masih melakukan ini, maka Anda sudah mengarahkan bisnis Anda ke tujuan dimana bisnis tersebut tidak akan berkembang.
4 Keuntungan Memiliki Bisnis Sendiri
Keputusan untuk memulai usaha tidaklah mudah untuk diambil. Ada yang takut untuk mencobanya atau menundanya karena suatu pertimbangan tertentu.
0
Pertemuan Bara JP dan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution
Pngurus Bara JP bertemu Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Selasa , 21 November 2023. Membahas Konferensi Cabang dan dukungan.