5 Resolusi Perawatan Kulit di Tahun 2022

Resolusi paling mudah dibuat setiap tahun dan lebih sulit untuk konsisten dilakukan sepanjang tahun.
Produk perawatan kulit (Foto: Tagar/Pexels/Daria Shevtsova)

Jakarta - Tahun baru menjadi waktu yang tepat untuk memeriksa rutinitas perawatan kulit dan menilai kembali bagaimana kebiasaanmu bisa membantu atau justru membahayakan kulit. Resolusi paling mudah dibuat setiap tahun dan lebih sulit untuk konsisten dilakukan sepanjang tahun.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juli 2016 di Public Health, sulit untuk mengubah perilaku, terutama berkaitan dengan kesehatan. Setiap tahun, Harvard Health Publishing merilis artikel seperti “Langkah-Langkah agar Resolusimu Tetap Berjalan” karena memang sulit.

Perubahan jangka panjang memang tidak mudah, tetapi konsistensi menjadi kunci utama, terutama perawatan kulit. Penggunaan perawatan kulit dengan kualitas bagus secara teratur akan membuat perbedaan besar dalam jangka panjang, tetapi jangan mengharapkan hasil dalam semalam, terutama untuk mencegah penuaan dini. Berikut beberapa resolusi perawatan kulit yang sudah disetujui oleh para dermatologis pada tahun 2022.


Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Sunscreen menjadi salah satu rangkaian perawatan kulit yang dasar, tapi menjadi produk perawatan kulit yang paling efektif. Beberapa penelitian sudah menunjukkan penggunaan sunscreen yang konsisten bisa mencegah penuaan dan kanker kulit. Menggunakan sunscreen sudah seharusnya masuk ke rutinitas perawatan kulitmu setiap pagi.

Kamu bisa memilih produk sunscreen dengan berbagai spektrum SPF yang luas. Sunscreen yang mempunyai SPF luas bisa menjaga kulit dari efek berbahaya dari sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini dan sinar UVB yang menyebabkan sunburn.


Jangan Tidur dengan Make Up

Tidur tanpa membersihkan make up bisa menyebabkan sejumlah masalah kulit, seperti pori-pori yang tersumbat, jerawat, hingga bibir yang kering. Untungnya resolusi ini sederhana. Kamu hanya perlu mencuci wajah sebelum kepalamu menyentuh bantal.

Jangan lupa untuk double cleansing agar memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di wajahmu. Untuk pembersih pertama, kamu bisa menggunakan micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil. Kemudian kamu bisa membersihkan wajahmu dengan pembersih muka yang biasa digunakan. Pastikan untuk menggunakan pembersih muka yang lembut dan lembab.


Tetap Menjaga Rutinitas Sederhana dan Konsisten

Perawatan kulit yang baik tidak dilakukan secara berlebihan. Lebih banyak atau lebih sering melakukannya bukan berarti menjadi lebih baik. Bisa saja kulitmu menjadi iritasi dan breakout. Scrub, eksfoliasi, dan memakai produk yang berlebihan belum tentu hasilnya lebih baik. Sebaiknya, tetap menggunakannya sederhana dan efektif. Rutinitas yang sederhana dan baik setidaknya menggunakan pembersih muka, pelembab, dan sunscreen.


Gunakan Retinol dan Vitamin C

Jika rutinitas perawatan kulitmu saat ini menghasilkan yang baik, kamu bisa menambahkan kandungan skincare lainnya untuk hasil maksimal. Kulitmu bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan vitamin C dan sunscreen di pagi hari serta retinol pada malam hari.

Vitamin C kaya antioksidan. Menggunakannya bersama dengan sunscreen akan memberikan pertahanan ganda pada kulitmu, baik melindungi dari sinar matahari dan mengurangi munculnya flek-flek hitam. Sementara retinol berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Jika pemula dalam penggunaan retinol, kamu bisa memulainya dua kali dalam seminggu pada malam hari. Kemudian kamu bisa meningkatkan penggunaannya.


Jangan Merokok

Merokok bisa mempengaruhi kulit dan membuatnya menjadi kering, kusam, serta kemerahan. Sebaiknya, hindari merokok dengan cara apa pun yang kamu bisa demi kesehatan.

Itulah beberapa resolusi perawatan kulit yang bisa kamu lakukan. Lindungi kulitmu dari kerusakan pada siang hari. Kemudian menutrisi dan memperbaiki kulitmu pada malam hari.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Kesalahan dalam Menjalankan Perawatan Kulit Berminyak
Kulit berminyak tentu harus dirawat dengan benar dan tepat agar tetap sehat. Namun, seringkali sebagian orang melakukan kesalahan dalam merawatnya.
Lima Khasiat Pare untuk Perawatan Kulit
Pare seringkali dijadikan bahan alami untuk proses perawatan kulit. Berikut manfaat pare dalam membantu merawat kulit agar tampak lebih cantik.
Perawatan Cegah Kulit Wajah Kering Saat WFH
Merawat kulit selama Work From Home (WFH) sangat penting. Berikut tips mengatasi kulit agar tidak kering.
0
5 Resolusi Perawatan Kulit di Tahun 2022
Resolusi paling mudah dibuat setiap tahun dan lebih sulit untuk konsisten dilakukan sepanjang tahun.