5 Rekomendasi Wisata Ramah Muslim di Inggris

Negara Inggris mempunyai beberapa wisata ramah muslim, yaitu masjid dengan arsitektur unik dan menarik. Berikut mesjid yang wajib Anda kunjungi.
Masjid Central Birmingham di Inggris. (Foto: Tagar/religionresources)

Jakarta - Negara Inggris tak hanya terkenal dengan berbagai gereja atau katedral yang memukau. Namun, negara ini juga mempunyai beberapa wisata ramah muslim, yaitu masjid dengan arsitektur unik dan menarik.

Masjid-masjid ini tak hanya tersebar di London yang merupakan ibu kota negara, melainkan tersebar di seluruh penjuru negeri. Berikut lima masjid paling indah di Inggris. 


1. Masjid Central Birmingham

Masjid Central Birmingham merupakan salah satu masjid terbesar di Eropa Barat. Masjid ini juga menjadi masjid kedua yang dibangun di negara ini. 

Masjid yang didirikan pada tahun 1969 ini dibuka untuk masyarakat pada awal tahun 1970-an. Masjid ini juga menjadi salah satu bangunan religius yang diakui dikota ini.


2. Masjid Brick Lane Jamme, London

Sebelumnya, bangunan ini sempat berubah menjadi tempat menampung London Society for Propagating Christian di antara orang-orang Yahudi. Bahkan setelahnya bangunan ini menjadi sinagog.

Pada tahun 1976, setelah komunitas Yahudi setempat pindah dari daerah tersebut. Bangunan ini dibuka sebagai masjid. Bangunan ini juga telah mengalami banyak perubahan. Salah satunya yang paling baru yaitu pembangunan menara 29 meter di Brick Lane itu sendiri.


3. Masjid Shah Jahan, Woking

Masjid Shah Jahan merupakan masjid pertama yang dibangun khusus di Inggris. Masjid ini adalah mahakarya Orientalisme Victoria yang ditemukan di Woking.

Masjid yang dirancang oleh l William Chambers pada tahun 1889 ini adalah pusat dari Institut Oriental yang dibuat oleh Dr Leitner. Beliau merupakan seorang ahli bahasa Hungaria-Yahudi yang masuk Islam setelah bekerja di British India.


4. Masjid Fazl, Southfields, London

Masjid Fazl merupakan masjid yang terletak di pinggiran kota London yang rimbun. Masjid ini dibuat oleh yayasan pos misionaris pertama di luar India dari komunitas Muslim Ahmadiyah. 

Masjid yang selesai pada tahun 1925 ini didesain oleh Mawson dan anak-anaknya. Mereka terinspirasi dari Mughal untuk kubah, tetapi mengadopsi pendekatan modernis.


5. Masjid Regent's Park, London

Masjid Regent's Park merupakan masjid yang mempunyai banyak acara keagamaan, seperti khutbah online dan kursus keagamaan. Selain itu, masjid ini juga menyediakan fasilitas nasihat agama, panduan waktu salat, serta artikel keagamaan.

Nah, itulah rekomendasi wisata ramah muslim di Inggris yang bisa Anda kunjungi, sebagai bukti bahwa Islam juga berkembang di negara tersebut. []

Berita terkait
Uji Adrenalin, Berikut 5 Destinasi Wisata di Coral Coast
Tak ada salahnya untuk merencanakan liburan yang menguji adrenali, salah satu tempat yang harus Anda kunjungi adalah Coral Coast Australia Barat.
Tren Pariwisata Kekinian di Tengah Pandemi Covid-19
Dalam rangka pulihkan pariwisata, Wisata vaksin menjadi sebuah terobosan baru dalam tren pariwisata kekinian di tengah pandemi Covid-19.
Sandiaga Jadikan Bali Uji Coba Program Wisata Vaksin
Sandiaga Uno, mengatakan program wisata vaksin ini akan diujicoba di Provinsi Bali sebagai tempat yang perekonomiannya yang terdampak Pandemi.
0
5 Rekomendasi Wisata Ramah Muslim di Inggris
Negara Inggris mempunyai beberapa wisata ramah muslim, yaitu masjid dengan arsitektur unik dan menarik. Berikut mesjid yang wajib Anda kunjungi.