5 Rekomendasi Wisata Pantai di Sukabumi Serasa Bali

Daerah Sukabumi, Jawa barat merupakan surganya tempat wisata alam yang memang lengkap, salah satunya wisata pantai yang serasa Bali.
Pantai Cipanarikan. (Foto: Tagar/Instagram/@chanderaaa)

Jakarta - Daerah Sukabumi, Jawa barat merupakan surganya tempat wisata alam yang memang lengkap seperti curug, pantai, bukit, dan lainnya yang akan membuat siapa saja terkagum melihatnya. 

Namun, ketika membicarakan pantai di Sukabumi mungkin yang berada di pikiranmu saat ini hanyalah Pantai Pangandaran atau Pelabuhan Ratu. Padahal pantai di kawasan Sukabumi bukan hanya dua itu saja! Berikut rekomendasi wisata pantai di kawasan Sukabumi.


1. Pantai Karang Gantungan

Pantai Karang GantunganPantai Karang Gantungan. (Foto: Tagar/Instagram/@empaow)


Pantai Karang Gantungan berlokasi di Desa Pasir ipis kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, ditempuh dengan jarak sekitar 100 km dari pusat kota Sukabumi atau sekitar 3 Jam 55 menit. 

Untuk sampai ke lokasi dari jalan utama dibutuhkan waktu lagi sekitar 30 menit karena lokasi nya bukan di pinggir jalan, cari kantor AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) setelah kantor ini ada belokan ke kiri dengan tanda panah yang jelas tertulis Pantai Karang Gantungan. 

Pantai ini memiliki panorama matahari terbenam yang sangat mempesona. Selain itu, terdapat spot-spot foto yang sangat menarik. Pantai ini seringkali disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Sukabumi.


2. Pantai Palangpang

Pantai PalangpangPantai Palangpang. (Foto: Tagar/Instagram/@royajadeh)


Pantai Palangpang berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya masih berada di area geopark. Pantai ini berguna sebagai pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Tidak ketinggalan Sungai Ciletuh dan Cimarinjung juga bermuara di pantai ini.

Oleh karena itu, air laut yang ada di sekitar muara berwarna kecoklatan. Bibir pantai juga didominasi dengan pasir berwarna hitam yang halus. 

Selain itu kadang pantai ini juga dipergunakan untuk tempat mendarat bagi kegiataan olahraga paralayang. Pantai ini memang biasa dijadikan olahraga paralayang atau paramotor disini.


3. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak TujuhPantai Ombak Tujuh. (Foto: Tagar/Instagram/@exploreciletuh)


Pantai Ombak Tujuh ini juga dekat dengan pantai Pelabuhan Ratu, sekitar 16 kilometer dari Pantai Pangumbahan. Pantai Ombak Tujuh menawarkan keindahan alam yang cukup eksotis dengan bebatuan dan ombak yang besar serta perjalanan dengan medan yang harus ditempuh. 

Pantai ini merupakan tempat yang ideal untuk para peselancar, karena pantai ini memiliki ombak yang tinggi. Ombak Tujuh bukan wisata pantai untuk berenang, karena di lokasi ini terdapat cukup banyak batu karang dan ombak yang besar. Namun jangan khawatir bagi kamu yang tidak suka berselancar, dapat menikmati pesona keindahan pantai ini.


4. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung GentengPantai Ujung Genteng. (Foto: Tagar/Instagram/@visitujunggenteng)


Pantai Ujung Genteng merupakan pantai di area pesisir Sukabumi yang berbatasan langsung dengan laut lepas Samudera Indonesia. Pantai ini berlokasi di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Pantai Ujung Genteng memiliki pasir putih yang membentang berkilauan tertimpa cahaya matahari dengan deburan ombak yang cukup besar. 

Di kawasan Ujung Genteng, para wisatawan bisa menikmati pemandangan unik puing-puing bekas dari dermaga sisa peninggalan jaman Belanda.


5. Pantai Cipanarikan

Pantai CipanarikanPantai Cipanarikan. (Foto: Tagar/Instagram/@chanderaaa)


Pantai Cipanarikan berlokasi di Gunung Batu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini merupakan muara yang berasal dari sungai Cipanarikan dengan air berwarna hijau serta memiliki pantai cukup luas. Muara tersebut sering disebut dengan nama Muara Pantai Cipanarikan.

Di Pantai ini memiliki pasir putih dengan tekstur sangat halus, maka apabila kaki anda menginjak pasir-pasir tersebut, setiap langkahan kaki anda akan dibuat tenggelam oleh butiran-butiran pasir. Membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di Muara Cipanarikan.

(Putri Fatimah)

Berita terkait
Pantai Paling Populer untuk Wisata di Eropa
Eropa punya pantai sekitar 37.000 km dan karena restriksi akibat pandemi Covid-19 sudah dilonggarkan pantai jadi tujuan wisata
Berwisata Akhir Tahun? Cek Dulu 13 Pantai di Cilacap Ini
Cilacap memiliki sejumlah obyek wisata pantai, beberapa di antaranya masih asri dan belum terjamah, cocok untuk dikunjungi dalam masa pandemi.
Jumlah Wisatawan di Pantai Jimbaran Bali saat Libur Panjang
Wisatawan memadati Pantai Jimbaran, Bali selama libur panjang pekan ini, mereka menikmati suasana pantai dan keindahan sunset di ufuk barat.
0
5 Rekomendasi Wisata Pantai di Sukabumi Serasa Bali
Daerah Sukabumi, Jawa barat merupakan surganya tempat wisata alam yang memang lengkap, salah satunya wisata pantai yang serasa Bali.