Pemerintah Kota Makassar

5 Rekomendasi Buku Belajar Investasi Saham

Saham termasuk jenis investasi jangka panjang yang cocok untuk dana pensiun.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang semakin digandrungi masyarakat, khususnya generasi milenial. Investasi saham memiliki risiko dan imbal balik yang tinggi alias high risk high return.

Maka dari itu, pahami benar-benar fundamental perusahaan, hingga laporan keuangannya sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi pada emiten tersebut. Saham termasuk jenis investasi jangka panjang yang cocok untuk dana pensiun.

Kalau kamu investasi saham hanya karena ikut-ikutan alias fomo (fear of missing out), atau berharap cepat kaya, sebaiknya ubah pola pikir tersebut. Dengan dilansir dari berbagai sumber, Berikut ini 5 Rekomendasi Buku Belajar Investasi Saham.


1. Anak Muda Miliarder Saham – Andika Sutoro Putra

Sesuai dengan judulnya, buku Anak Muda Miliarder Saham cocok untuk generasi milenial dan gen z yang ingin menjadi investor saham. Penulisnya adalah Andika Sutoro Putra, investor saham yang terjun ke pasar modar sejak 14 tahun dan berhasil menjadi miliarder di umur 20 tahun.

Kini pria kelahiran 1994 tersebut aktif sebagai pengusaha dan venture capitalist. Andika sudah berinvestasi ke lebih 13 perusahaan di Indonesia. Anak Muda Miliarder Saham adalah buku pertama yang ditulis olehnya dan menjadi best seller.

Andika mengajarkan anak muda tentang investasi saham dengan bahasa yang sederhana dan muda dimengerti. Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah dari mentor yang telah berpengalaman di bidang tersebut.


2. Smart Traders Not Gamblers - Ellen May

Smart Traders Not Gamblers adalah buku yang ditulis oleh Ellen May, sebagai investor saham yang sukses di Indonesia. Dalam buku ini membahas tentang pola pikir yang harus dimiliki pembaca, untuk belajar saham. Pembaca akan diperkenalkan berbagai istilah saham yang asing di telinga masyarakat. Tak hanya itu, buku ini juga membahas tentang teknik analisis saham. Pembahasannya pun ringan dan mudah dimengerti, sehingga buku ini direkomendasikan bagi investor pemula yang ingin terjun ke dunia investasi saham.


3. Security Analysis - Benjamin Graham dan David L.Dodd

Security Analysis adalah buku yang ditulis oleh Benjamin Graham dan David L.Dodd. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1934, yang dianggap sebagai kitab suci para investor saham. Security Analysis masuk ke dalam buku favorit Warren Buffet, karena buku ini telah memberikan jalan investasi yang dirinya jalani selama 57 tahun.

Selain itu, buku ini membahas berbagai teori pada kegiatan investasi. Pembaca akan mempelajari bagaimana cara untuk menganalisis prospek investasi saham yang menguntungkan, serta membandingkan potensi perusahaan. Tak hanya itu, buku ini mengajarkan kepada pembaca bagaimana cara menelusuri riwayat keuangan suatu perusahaan.


4. Yuk Belajar Nabung Saham - Ryan Filbert Wijaya

Yuk Belajar Nabung Saham adalah buku yang ditulis oleh Ryan Filbert Wijaya, yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2017. Ryan Filbert adalah seorang praktisi dan inspirator investasi di Indonesia.

Dalam buku ini dituliskan bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang takut untuk berinvestasi saham. Berbagai alasan yang ditakutkan mulai dari harganya yang fluaktif hingga menganggap investasi saham haram seperti berjudi.

Melalui buku ini, Ryan Filbert mengajak pembaca untuk mengenal lebih dalam tentang dunia investasi saham. Selain itu, buku ini pun menjelaskan bagaimana cara memulai investasi saham secara berkala. Buku ini akan membuka mindset pembaca tentang pentingnya berinvestasi.


5. The Intelligent Investor - Benjamin Graham

The Intelligent Investor adalah buku yang ditulis oleh Benjamin Graham. Buku ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1949, kemudian diperbarui sesuai dengan kebutuhan para pembaca. Buku ini berfokus pada dasar konsep investasi dan cara memanfaatkan nilai dolar.

The Intelligent Investor menjadi salah satu buku favorit Warren Buffet, sebagai investor asal Amerika Serikat. Buku ini menjadi panutan dirinya dalam berinvestasi, karena membahas filosofi yang berkaitan dengan investasi nilai.

Dalam buku ini, pembaca akan diajarkan betapa pentingnya investasi jangka panjang, termasuk cara melakukan analisa sebelum membeli saham. Direkomendasikan untuk investor pemula, karena didalamnya berisikan tentang sejarah pasar saham hingga bagaimana cara berinvestasi.

(Raffly Azmi)


Baca Juga


Berita terkait
Cup & Handle, Pola Saham yang Menggiurkan
Jika benar yang terbentuk adalah pola cup and handle, trader dapat melakukan pembelian pada titik breakout.
Kumpulan Istilah dalam Investasi atau Trading di Pasar Saham
Pasar saham memiliki banyak sekali istilah-istilah asing yang membuat trader maupun investor pemula bingung.
Yuk Kenali Delisting Saham dan Apa Dampak ke Investor?
Delisting merupakan hal yang sering digunakan dalam dunia investasi saham sebuah saham emiten atau perusahaan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).
0
5 Rekomendasi Buku Belajar Investasi Saham
Saham termasuk jenis investasi jangka panjang yang cocok untuk dana pensiun.