UNTUK INDONESIA
5 Pulau Tak Berpenghuni Memancarkan Keindahan
Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kepulauan terbesar di dunia, tetapi ada beberapa pulau tidak berpenghuni.
Pulau Pasumpahan di Sumatera Barat, salah satu pulau tak berpenghuni yang memiliki pesona indah. (Foto: Instagram/@jufriford)

Jakarta - Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kepulauan terbesar di dunia. Itu karena lebih dari 17 ribu pulau ada di Nusantara ini. 

Menariknya dari sekian banyak pulau, ternyata ada beberapa pulau yang tak berpenghuni, tetapi menyimpan pesona yang memukau dan indah. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah pulau tak berpenghuni di Indonesia yang memiliki keindahan luar biasa. 

1. Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara BesarPulau Cemara Besar, salah satu pulau tak berpenghuni di Indonesia yang memiliki pesona indah. (Foto: piknikdong.com)

Sesuai dengan namanya, pulau ini ditumbuhi banyak pohon cemara hampir di seluruh daratannya. Jadi, tak salah jika tempat ini terkenal dengan kesejukannya. 

Pulau ini terletak di sisi timur Kepulauan Karimunjawa yang memang tak berpenghuni. Jika mengunjungi daerah ini, kamu akan disuguhkan dengan pasir putih dan birunya air laut yang terlihat jernih. 

Pulau Cemara ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang paling indah di Jawa Tengah. Jadi, tidak heran jika tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. 

Pulau cemara besar ini indahnya bak surga tersembunyi yang memikat hati kamu untuk berlibur ke sana. Jadi, luangkan waktu Anda untuk merasakan kenikmatan sajian pemandangan yang menawan di tempat ini. 

2. Pulau Pasumpahan

Pulau PasumpahanPulau Pasumpahan di Sumatera Barat, salah satu pulau tak berpenghuni yang memiliki pesona indah. (Foto: Instagram/@jufriford)

Pulau Pasumpahan ini masuk dalam wilayah administratif Kotamadya Padang, Sumatera Barat. Pasir putih dan lautan hijau-biru yang masih terlihat jernih, menjadi pemandangan yang mampu memikat hati kamu. 

Pulau cantik ini mudah diakses dari Kota Padang dan dipercaya warga sekitar merupakan jelmaan Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi batu. Itu dasarnya, pulau ini diberi nama 'pasumpahan'.

Menariknya, permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian tengahnya. Tingkat kedalaman perairan laut di sekitar pulau adalah penyebab perbedaan warna tersebut.  

Tempat ini sangat cocok untuk bersantai dan snorkeling. Bahkan kamu juga dapat menikmati hamparan hutan mangrove yang memancarkan kesejukan. 

3. Pulau Mandiki

Pulau MandikiPulau Mandiki berada di semenanjung barat Sumbawa, Nusa Tenggara Barat juga sebagai salah satu pulau tak berpenghuni. (Foto: Instagram/@ @sportourismid)

Pulau ini berada di semenanjung barat Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Di tempat ini kamu akan menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan. 

Bentuknya yang unik dengan dihiasi bebatuan yang indah, membuat pulau ini dijuluki sebagai "Pulau Batu". Tetapi ada juga yang menyebutnya dengan Pulau Genang yang berarti gendang, karena bentuknya yang mirip gendang.

Sembari menikmati keindahan pemandangannya, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti snorkeling atau menyelam untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya.

Jika Anda mempunyai keberanian yang luar biasa, cobalah mendaki tebing batu tertinggi yang ada di pulau tersebut. Karena, tebing itu menjadi titik favorit para wisatawan yang telah berkunjung ke Pulau Mandiki ini.

4. Pulau Pombo

Pulau PomboPulau Pombo berlokasi di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah, juga tidak berpenghuni yang memiliki pesona keindahan. (Foto: phinemo.com)

Pulau ini  berlokasi di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah. Jika berkunjung ke tempat ini, kamu akan mendapatkan beragam pesona alam dan ketenangan. 

Dengan predikatnya sebagai cagar alam dan taman laut, kamu akan disajikan dengan beragam spesies hewan darat serta lut yang unik dan indah. Di sana, Anda akan menemukan spesies burung pombo yang memang hidup di wilayah Maluku. 

Spesies burung ini terbang hilir mudik dengan jumlah yang banyak. Bukan hanya itu saja, saat berkunjung ke sana cobalah untuk diving atau menyelam karena airnya sangat jernih serta beragam biota laut indah akan semakin memanjakan mata dan memikat hati. 

5. Pulau Intata

Pulau IntataPulau Intata terletak di kawasan Sulawesi Utara, juga salah satu pulau yang tak berpenghuni. (Foto: regykurniawan.com)

Pulau Intata terletak di bagian utara Pulau Sulawesi yang berbatasan langsung dengan negara Filipina yang hanya memiliki luas 0,15 kilometer persegi dan banyak ditumbuhi pohon kelapa.  

Di bagian selatan dan barat terdapat pasir putih, sementara di bagian timur pantainya berbatu.  Secara administratif, Pulau Intata masuk dalam Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, dengan dibatasi Samudera Pasifik di sebelah timur dan Pulau Kakorotan di sebelah selatan.

Pulau ini  sangat eksotis karena lautnya masih jernih berwarna biru hijau tosca, pasirnya lembut dan putih, serta kawasannya alami dan sejuk. Jadi, jika ingin menenangkan pikiran dan ingin berlibur, tempat ini cocok buat kamu. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Wisata Semarang Kota Kelahiran Novel Baswedan
Semarang kota kelahiran Novel Baswedan memiliki beberapa wisata favorit untuk berbagai kalangan.
Pasar Terapung Banjar Belum Aman Bagi Wisatawan
Pemkab Banjar hanya sesekali melakukan patroli di objek wisata Pasar Terapung Lok Baintan dan Waduk Riam Kanan akibat minimnya anggaran.
Danau Toba dan Empat Wisata Bali Baru
Danau Toba telah ditetapkan pemerintah sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau Bali Baru. Ada lagi empat wisata lainnya.
0
Orang Batak Sudah Mulai Malu Berbahasa Batak
Trisna Pardede menggelar diskusi soal bahasa Batak bersama Saut Poltak Tambunan, penulis novel berbahasa Batak Si Tumoing Manapu Nipi.