5 Potret Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung

Meski sempat mengalami musibah kebakaran, kawah putih ciwidey bandung tetap menjadi tujuan bagi para wisatawan karena keindahan alamnya.
Kawah Putih Ciwidey. (Foto: Tagar/Instagram @cakcecep)

Jakarta – Kawah Putih merupakan salah satu tempat wisata populer yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Objek wisata ini berupa kawah berwarna putih yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara karena keindahan alamnya yang membuat kamu merasa berada di dunia dongeng.

Sebuah kawah yang berwarna putih dengan air berwarna kehijauan dan bukit yang mengelilingi, serta ranting pohon mati sangat unik dan mungkin tidak akan kamu jumpai tempat serupa di seluruh Indonesia.

Pemandangan alam Kawah Putih seperti musim dingin di negara dengan empat musim sehingga kerap dijadikan lokasi pemotretan foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah, bahkan menjadi lokasi syuting film romantis.

Objek wisata Kawah Putih pertama kali diketemukan oleh seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837. Hingga akhirnya pada tahun 1987, pemerintah setempat membangun berbagai fasilitas sehingga membuka akses bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana.

Terbuka untuk Umum

Wisata Kawah PutihWisata Kawah Putih Terbuka untuk umum. (Foto: Tagar/kikitransport)

Objek wisata yang terletak di Jl. Soreang Ciwidey sekitar 50 km selatan dari kota Bandung ini terbuka untuk umum. Kawah putih buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 17 sore dengan biaya masuk seharga 20.000 untuk orang indonesia dan 50.000 untuk orang asing. Kamu dapat mendaki perbukitan disekitar kawah, menghirup udara segar dan menikmati pemandangan kawah dari atas bukit yang merupakan puncak Gunung Patuha.

Terbentuk dari Letusan Gunung Patuha

Gunung PatuhaTerbentuk dari Letusan Gunung Patuha. (Foto: Tagar/Instagram @ahmadlian)

Sesuai dengan namanya “Kawah Putih” merupakan sebuah kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke 10 silam dengan air yang berwarna putih sehingga sangat indah untuk anda saksikan. Dulu warga sekitar menganggap Gunung Patuha sangat angker karena banyak ditemukan burung mati didekat puncak gunung hingga akhirnya pada tahun 1837, seorang Jerman yang bernama Dr Franz Wilhelm melakukan penelitian dan menemukan Kawah Putih.

Warna Tanah dan Air Putih Alami

Kawah PutihWarna tanah dan air alami. (Foto: Tagar/wisataoke.com)

Tanah yang ada di kawasan kawah berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Begitupun air danau di kawasan Kawah Putih juga memiliki warna putih kehijauan. Sesuai dengan namanya, warna putih yang ada di Kawah Putih Ciwidey terjadi secara ilmiah.

Air Danaunya Bisa Berubah Warna

Kawah PutihAir danaunya bisa berubah warna. (Foto: Tagar/instagram @wisatakawahputih)

Panorama danau yang cantik yang ada di kawasan Kawah Putih ini menjadi daya tarik pengunjung. Air pada danau tersebut dapat berubah warna sesuai kadar belerang yang terkandung, suhu, hingga karena cuaca. Berada di Kawah Putih, kamu akan melihat keunikan danau yang berubah warna seperti hijau apel, kebiru-biruan, coklat susu, hingga berwarna putih berkabut.

Pemandangan Sunrise Sunan Ibu's View

Pemandangan Sunan Ibu\\\'s Sunrise ViewPemandangan Sunan Ibu\'s Sunrise View. (Foto: Tagar/Instagram @wisatakawahputih)

Salah satu spot paling populer dikunjungi banyak wisatawan adalah Sunan Ibu's sunrise. Spot ini menjadi favorit bagi kalangan traveler pencinta fotografi untuk berburu sunrise. Sunan Ibu Kawah Putih atau juga dikenal dengan nama Sunan Ibu's sunrise view merupakan daya tarik objek wisata Kawah Putih. Jika ingin melihat Sunan Ibu’s Sunrise, pengunjung harus datang pukul 04.00 WIB untuk menikmati pemandangan matahari terbit dari ketinggian 2430 mdpl.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Panduan Berwisata ke Kawah Ijen Saat New Normal
Memasuki era new normal, Kawah Ijen mulai kembali dibuka sejak 11 Juli 2020. Berikut panduan untuk mengunjungi Kawah Ijen.
Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Kembali Dibuka
Kawasan wisata kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, kembali dibuka untuk wisatawan usai dilanda kebakaran hebat pada September 2019.
Hutan yang Terbakar di Kawah Putih Bandung Seluas 20 Ha
Diperkirakan tak kurang dari 20 hektare area hutan di kawasan itu hangus dilalap api.
0
Kimia Farma Impor Vaksin Shinoparm 7,5 Juta Dosis
Kimia Farma sudah menandatangani perjanjian kerja sama dengan produsen vaksin Shinoparm untuk impor 7,5 juta vaksin program gotong royong.