UNTUK INDONESIA
5 Pesona Pulau Moyo NTB, Pernah Dikunjungi Lady Diana
Pulau Moyo yang berada di NTB memiliki banyak wisata menarik, Lady Diana pernah mengunjungi wisata disana, yaitu Air Terjun Mata Jitu.
Air Terjun Mata Jitu, di Pulau Moyo Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Jokembe)

Jakarta - Pulau Moyo yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyimpan banyak keindahan obyek wisata yang banyak memikat hati wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Tak terkecuali dengan mendiang Lady Diana yang pernah mendatangi wilayah itu pada 1993 lalu. 

Pulau Moyo ini adalah pulau kecil yang dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. Pantai dengan air yang biru, pasir putih dan suasana yang tenang menjadi daya tarik utama yang sangat menggoda. Makanya, tak heran anak sulung Ratu Elizabeth II ini pernah berlibur menghabiskan waktu ke daerah tersebut. 

Meski lokasinya cukup jauh dari Kabupaten Sumbawa, Pulau ini memiliki fasilitas wisata yang sangat menakjubkan dan tidak kalah dengan tempat lainnya. 

Ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi selama di Pulau Moyo ini, berikut Tagar rangkumkan daftar wisata yang ada di daerah tersebut.

1. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata JituAir Terjun Mata Jitu, di Pulau Moyo Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Jokembe)

Objek wisata ini yang pernah dikunjungi Putri Diana dengan menikmati kesejukan dan keasrian hutan Pulau Moyo. Di air terjun ini memiliki  tujuh kolam yang saling berundak. Bentuknya yang unik ini seolah menggambarkan air terjun yang ada dalam cerita peri negeri dongeng.  

Airnya yang hijau muda menjadi daya pikat utama siapa pun yang datang ke lokasi tersebut. Para pengunjung yang singgah ke wisata ini bisa bebas berendam dan berenang di kolam khusus yang diperuntukkan untuk aktivitas para wisatawan. Tempat ini cocok untuk merilekskan badan dari segala kejenuhan rutinitas ibu kota. Tak salah objek wisata ini bisa menjadi rekomendasi anda yang ingin menghabiskan masa libur bersama keluarga dan orang terkasih. 

2. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir di Pulau MoyoPantai Tanjung Pasir di Pulau Moyo, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Jokembe)

Memang di Pulau Moyo ini, banyak sekali pantai yang keindahannya tak kalah dengan pantai lainnya seperti di Lombok dan Bali. Pulau ini banyak terdapat keindahan alam bawah laut yang memukau, salah satunya adalah  Pantai Tanjung Pasir.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang paling luas di antara pantai yang lain. Birunya air laut seolah-olah mengajak kamu untuk memandang keindahannya dengan kejenihan yang dimilikinya. Bahkan dipinggir pantai, kamu bisa bermain-main dengan ketenangan airnya, atau berenang di kedalaman untuk bercengkerama dengan hewan laut dan terumbu karang yang ada di sana.

3. Air Terjun Diwu Mbai

Air Terjun Diwu Mbai di Pulau MoyoAir Terjun Diwu Mbai di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Instagram/@rahmaahmad)

Air terjun ini juga tak kalah indahnya dengan air terjun Mata Jitu yang juga berada di Pulau Moyo. Kesegaran air terjun ini bagaikan oase di tengah panasnya cuaca Pulau Moyo.Tidak lengkap jika sudah mengunjungi Pulau Moyo, tanpa mampir ke air terjun ini. 

Air terjun ini di kelilingi dengan hutan belantara dengan pepohonan tua yang menjulang tinggi. Disana terdapat ayunan tali tambang yang diikatkan ke salah satu pohon besar di dekat air terjun. Kamu bisa memacu adrenalin dengan berayun dan terjun ke kolam air terjun di bawahnya.

4. Pantai Poto Jarum

Pantai Poto Jarum di Pulau MoyoPantai Poto Jarum di Pulau Moyo, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) (Foto: Instagram/@maleomoyoseasideresort)

Pantai Poto Jarum memiliki ciri khas dibanding dengan pantai lain di Pulau Moyo. Bebatuan besar yang berada di bibir pantai mudah anda temui. Pantai ini merupakan salah satu kawasan yang dilindungi sehingga tidak akan ada kamu temukan bangunan di sekitarnya.

Ombaknya yang tenang dan air berwana toska membuat semua pengunjung seakan tak mau beranjak dari wisata tersebut. Keindahan alam bawah lautnya juga menjadi tujuan utama siapa pun yang datang kemari. Pantai ini dapat ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan perahu motor nelayan setempat dari Pantai Tanjung Pasir.

5.  Pantai Ai Manis

Pantai Ai Manis di Pulau MoyoPantai Ai Manis di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: lombok.panduanwisata)

Di pantai ini, kamu akan disuguhkan dengan hutan tropis yang sangat eksotis. Bebatuan di sekitar pantai bisa menjadi spot yang cocok untuk mengabadikan momen dengan berswafoto. 

Disana, kamu dapat menjelajahi area hutan di dalamnya untuk menguji adrenalin. Nanti di dalam hutan tersebut, jika beruntung anda akan menemukan rusa liar yang menawan dan aneka burung langka yang hinggap di dahan pepohonan.[]

Baca juga:

Berita terkait
Kementerian PUPR Siap Bangun Kawasan Wisata NTB
Kementerian PUPR menyatakan siap memberikan dukungan terhadap program perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah di kawasan wisata NTB.
Touring Merah Putih Promosikan Pariwisata NTB
Touring untuk mengeksplorasi keindahan serta potensi pariwisata yang dimiliki NTB.
Januari 2019, Pengurus Badan Promosi Pariwisata NTB Dirombak
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah merombak kepengurusan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD).
0
Rudiantara: Target 2020 Indonesia Bebas Sinyal
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menargetkan Indonesia akan bebas sinyal pada tahun 2020.