UNTUK INDONESIA

5 Pesan Soal Kecantikan Fisik dari Cerita Drama Korea

Berikut Tagar rangkumkan 5 pelajaran dan pesan yang dapat diambil dari sejumlah judul drama Korea.
Transformasi Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) dalam drama Korea True Beauty. (Foto: tVN)

Jakarta - Kisah tentang kecantikan fisik bukanlah hal baru yang diangkat sebagai tema besar dalam cerita drama Korea. Sering ditemukan si tampan dan si cantik dari keluarga kaya raya.

Ada juga kisah mengenai karakter yang secara fisik kurang menarik sehingga mengalami kesulitan dalam menjalin pertemanan, meningkatkan karier, atau menemukan hubungan yang dapat dipercaya karena penampilan mereka.

Biasanya, jika ada karakter seperti itu, selalu ada penyelesaian masalah dengan cara transformasi menjadi versi lebih baik dari sebelumnya dan kemudian kepercayaan diri mereka pun jadi meningkat.

Jika sudah seperti ini, bisa dikatakan bahwa drakor secara tidak langsung atau terang-terangan membahas tentang standar kecantikan Korea Selatan.

Namun, jangan langsung salah ambil persepsi dari drama-drama dengan alur seperti itu. Jika menonton drama dengan alur seperti itu, penting untuk menonton tayangan tersebut dengan pemahaman, panduan, dan kebijaksanaan yang tepat.

Disarankan untuk menonton sampai habis agar penonton bisa mengambil pelajaran positif dari drama tersebut.

Mengutip catatan dari laman Soompi, terdapat beberapa drama yang mengangkat topik mengenai kecantikan fisik.

Berikut Tagar rangkumkan 5 pelajaran dan pesan yang dapat diambil dari sejumlah judul drama Korea:

True BeautySalah satu adegan dalam drama Korea True Beauty. (Foto: Viu International)

1. Oh My Venus & True Beauty: Anda dapat mencapai kecantikan dengan cara Anda sendiri.

Drama Korea Oh My Venus berkisah tentang sosok Kang Joo Eun, wanita berusia 30-an yang telah mencapai karier yang hebat sebagai pengacara dan hubungan yang stabil. Namun, orang-orang disekitarnya masih sering berlaku buruk padanya karena berat badannya. Bahkan kekasihnya pun mencampakannya.

Ia pun bertemu dengan pelatih olahraga selebriti kemudian memutuskan untuk berlatih padanya. Ia pun berhasil transformasi secara fisik setelah melewati perjalanan panjang.

Sementara dalam drama True Beauty, sosok Lim Ju Kyung dikisahkan sebagai gadis sekolah menengah yang optimis tetapi merasa sulit menyesuaikan diri karena penampilannya.

Teman-temannya sering menindas dan menjatuhkannya. Ia pun memutuskan untuk belajar tata rias dengan menonton video di YouTube.

Setelah melalui proses panjang, akhirnya dia menemukan cara untuk menonjolkan fitur-fiturnya dan membuat dirinya terlihat cantik.

Persamaan dari kedua drama ini adalah adanya pesan bahwa Anda bisa mencapai kecantikan dengan cara sendiri dan pastinya tetap membutuhkan perjuangan.

Selain itu, pelajaran lain yang bisa diambil adalah tidak boleh untuk menghakimi orang lain hanya karena penampilan fisiknya.

Setiap orang berjuang untuk dicintai dan diterima apa adanya. Kehebatan tidak bisa diukur dengan penampilan saja.

2. Birth of the Beauty

Menceritakan tentang Geum Ran, seorang wanita yang ditipu oleh suaminya dan diperlakukan buruk oleh mertuanya karena penampilannya. Hancur setelah ditinggalkan, ia mengalami kecelakaan mobil dan jatuh dari tebing hingga semua orang mengira bahwa ia sudah mati.

Kenyataannya, ia selamat dan menjalani operasi seluruh tubuh dan wajah untuk merencanakan balas dendam terhadap mereka yang telah menganiayanya.

Dia berubah menjadi menakjubkan dengan bantuan Dr. Han Tae Hee (Joo Sang Wook). Sepanjang balas dendam, ia menyadari bahwa dia masih orang yang sama.

Tidak peduli seberapa besar kehancuran yang dia berikan pada mantan suaminya, ia tetap tidak bahagia.

Akhirnya, Han Tae Hee jatuh cinta padanya, menerima semua masa lalu dan ketidaksempurnaannya.

Dari drama ini, dapat dipetik pesan moral bahwa kebahagiaan tidak bisa dicapai dengan balas dendam pada orang lain.

3. My ID is Gangnam Beauty: Keyakinan tidak langsung datang dari kecantikan fisik.

Drama ini bercerita tentang Kang Mi Rae yang tumbuh dengan rasa tidak percaya diri dan selalu mendapatkan penindasan dari temannya karena penampilannya.

Akhirnya ia melakukan operasi plastik pada wajahnya sebelum masuk kuliah. Setelah kuliah, ternyata rumor menyebar bahwa wajah cantiknya adalah hasil operasi plastik.

Karakter lain yang menunjukkan perjuangan ini adalah Soo Ah, seorang dewi universitas yang terkenal karena kecantikan alami dan keramahannya. Namun sebenarnya, ia masih membutuhkan perhatian dan memanipulasi orang lain untuk mendapatkan yang dia inginkan.

Tak disangka, Do Kyung Seok si pangeran universitas mengenal Mi Rae sejak sekolah menengah dan telah mencintainya sejak itu. Dari drama ini, dapat diperoleh pelajaran bahwa kecantikan fisik tidak selalu dapat memberikan keyakinan pada diri sendiri.

4. My Lovely Sam Soon & She Was Pretty

Drama Korea My Lovely Sam Soon bercerita tentang Kim Sam Soon, seorang koki terampil berusia 30-an yang selalu diolok-olok karena usia dan berat badannya. Dia digambarkan tidak memiliki gelar sarjana, tidak memiliki apartemen atau mobil, dan tidak memiliki pacar.

Sedangkan judul She Was Pretty bercerita tentang Kim Hye Jin yang justru tumbuh menjadi lebih jelek daripada saat ia muda. Namun, ia memiliki keterampilan pengeditan dan kecerdasan yang luar biasa hingga dianggap sebagai salah satu staf yang paling berharga.

Kedua drama ini berbagi pelajaran yang sama bahwa bakat dan keterampilan dapat mengalahkan omongan buruk dari orang lain. Karena keterampilan ini juga yang justru membuat orang tersebut terlihat lebih cantik.

5. Perfume

Drama ini menceritakan tentang seorang ibu rumah tangga bernama Min Jae Hee yang selalu memprioritaskan keluarganya sampai melupakan perawatan diri dan tidak pernah membela dirinya sendiri. Suaminya pun meremehkannya karena tubuh gempalnya dan akhirnya pria ini berselingkuh.

Pada dasarnya, Jae Hee bercita-cita ingin menjadi model. Namun, impian itu harus kandas karena tidak ada yang membutuhkan model berukuran plus.

Suatu ketika, Jae Hee menemukan parfum misterius dan mengubahnya menjadi wanita muda dan cantik. Karena hal tersebut, ia melarikan diri dari kehidupan menyedihkannya dan bertemu dengan perancang busana bernama Seo Yi Do.

Pada akhirnya, perancang tersebut jatuh hati pada Jae Hee apa adanya, bukan karena fisiknya yang sudah berubah. Dari drama ini, dapat diambil pelajaran bahwa diri kita yang sebenarnya akan selalu bersinar apa pun yang terjadi. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
4 Drama Korea yang Bakal Tayang Pada Januari 2021
Berikut Tagar rangkum sejumlah judul drama Korea baru yang tayang pada Januari 2021.
Sinopsis Sinetron Love Story The Series, Tayang di SCTV
Sinetron terbaru berjudul Love Story The Series siap tayang perdana di stasiun televisi SCTV pada Selasa, 12 Januari 2021 pukul 20.00 WIB.
Sinopsis Sinetron Buku Harian Seorang Istri, Tayang di SCTV
Sinetron Buku Harian Seorang Istri yang siap tayang pada Selasa, 12 Januari 2020 mendatang, setiap hari pukul 18.20 WIB.
0
5 Pesan Soal Kecantikan Fisik dari Cerita Drama Korea
Berikut Tagar rangkumkan 5 pelajaran dan pesan yang dapat diambil dari sejumlah judul drama Korea.