5 Perusahaan Makanan dan Minuman Terbesar di Indonesia

Jenis perseroan ini juga terdaftar pada bursa efek berdasarkan besaran saham yang diperdagangkan dengan tingkat likuiditas masing-masing.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Perusahaan makanan dan minuman termasuk dalam sektor industri manufaktur yang melakukan kegiatan utama berupa operasional produksi bahan pangan setengah jadi atau bahan pangan jadi.

Jenis perseroan ini juga terdaftar pada bursa efek berdasarkan besaran saham yang diperdagangkan dengan tingkat likuiditas masing-masing. Makanan dan minuman merupakan bahan pokok yang termasuk dalam kebutuhan primer masyarakat sehingga perannya di tengah perkembangan dan pertumbuhan negara sangatlah penting.

Berikut adalah daftar perusahaan dalam bidang manufaktur makanan dan minuman terbesar di Indonesia dengan pengaruh dan kepopularitasannya yang mendunia.


1. PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk

PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk merupakan perusahaan skala besar yang sangat populer dan produknya pun mengena ke berbagai penjuru tanah air. Indofood menjadi produsen makanan dan minuman yang telah mengekspor produknya hingga ke Australia, Asia dan Eropa.

Perusahaan telah didirikan sejak tanggal 14 Agustus 1990 oleh seorang pendiri bernama Sudono Salim dan kini telah berhasil mendirikan banyak anak cabang yang juga mengikuti sukses di pasaran. Indofood kian memajukan dan meningkatkan kualitas kinerja serta bertransformasi menjadi perusahaan total food solutions. Perseroan ini resmi menawarkan sahamnya pertama kali pada tahun 1994 dengan harga Rp6.200 untuk per lembar saham dengan nilai Rp 1.000.


2. PT Sido Muncul, Tbk

Perusahaan Sido Muncul merupakan produsen jamu tradisional dan farmasi yang banyak mengalami kemajuan dan transformasi teknologi untuk peracikan dan pembuatan obat-obatan herbal. Awal mula berdirinya perusahaan yakni dimotori oleh Ny. Rakhmat Sulistio yang membuka kedai jamu pada tahun 1940, dan melewati masa jatuh bangun hingga dapat sebesar sekarang ini.

Kini Sido Muncul berhasil menempati posisi sebagai produsen jamu pertama yang melantai di bursa. Saham pertama yang dilepasnya kepada publik berjumlah Rp1,5 miliar lembar saham pada tahun 2013.


3. PT ABC President Indonesia

Perusahaan PT ABC President Indonesia ini merupakan salah satu raksasa produsen makanan dan minuman dengan berbagai jenis dan merk. Berbagai produknya baik berupa olahan makanan maupun minuman telah banyak dinikmati dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1991 ini berkantor pusat di Jakarta.


4. PT Akasha Wira International, Tbk

Perusahaan air minum dengan kode saham ADES ini telah didirikan sejak tahun 1980 dengan bidang produksi utama berupa air minum kemasan botol. Kemudian mulai menambah bidang produksi untuk pembuatan kosmetik pada tahun 2012.

Perusahaan mendapat keputusan dari Bapepam-LK untuk menerbitkan saham pertamanya pada tanggal 2 Mei 1994 kepada masyarakat sejumlah Rp 15 juta saham dengan nominal per lembar sahamnya yaitu Rp 1.000. Sementara harga penawaran per lembar sahamnya adalah Rp 3.850. Kemudian saham tersebut dicatatkan pada BEI tepat tanggal 13 Juni 1994.


5. PT Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk

Perusahaan makanan dan minuman terbesar selanjutnya adalah PT Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk yang memiliki pusat operasional di Jakarta. Tps Food memproduksi berbagai olahan makanan sejak tahun 1959 dan mendapat pengesahan badan hukum sebagai perseroan terbatas pada tahun 1992 dan menjadi perusahaan go public pada tahun 2003.

Perusahaan mencatatkan saham pertamanya pada tanggal 11 Juni 1997 dengan harga per lembar sahamnya yakni Rp 950 untuk nominal saham Rp 500. Total saham perdana yang ditawarkan adalah Rp 45.000.000. []

(Sri Wahyuni Sitorus)


Baca Juga

Berita terkait
Kerugian Aksi Right Issue Bagi Perusahaan dan Investor
Salah satu yang menjadi dampak dari adanya kemajuan teknologi adalah bidang ekonomi, atau lebih tepatnya adalah investasi.
3 Peran Pasar Uang bagi Perusahaan
Pasar uang juga bisa menjadi sarana implementasi kebijakan pemerintah, baik moneter maupun fiskal.
Keuntungan Right Issue Bagi Perusahaan dan Investor
Berbagai jenis instrumen investasi yang bisa kamu jadikan pilihan, salah satunya adalah saham.
0
5 Perusahaan Makanan dan Minuman Terbesar di Indonesia
Jenis perseroan ini juga terdaftar pada bursa efek berdasarkan besaran saham yang diperdagangkan dengan tingkat likuiditas masing-masing.