UNTUK INDONESIA
5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin
AC mobil merupakan salah satu komponen mobil yang sejatinya memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga fungsinya tetap normal.
Ilustrasi AC Mobil. (Foto: Tagar/CarGurus)

Jakarta - Keberadaan air conditioner (AC) pada mobil sudah menjadi komponen yang cukup penting. Berfungsi untuk menyejukkan udara dalam kabin, AC pada mobil harus selalu mendapatkan perawatan. Apabila AC sudah tidak dingin, berarti ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan.

Umumnya apabila AC mobil rusak, biasanya komponen ini mengeluarkan udara yang tidak dingin atau hanya sekadar mengeluarkan angin saja. Untuk itu, perlu dilakukan perbaikan agar AC bisa berfungsi dengan normal kembali.

Berikut Tagar berikan ulasan mengenai lima penyebab AC mobil tidak dingin, dikutip dari laman Auto2000, Senin, 12 Oktober 2020.

1. Freon Habis

Untuk bisa bekerja secara optimal, AC membutuhkan freon. Apabila freon habis, maka otomatis AC menjadi tidak dingin dan hanya akan mengeluarkan angin saja. Penyebab freon habis adalah karena penggunaan. Semakin sering AC digunakan, maka semaki cepat pula freon habis.

Tidak hanya masalah penggunaan, freon juga bisa habis karena kebocoran pada sambungan selang atau pipa dan juga kerusakan pada bagian relief valve kompresor. Jadi jika ingin mengisi ulang freon, maka harus dipastikan kedua bagian tersebut dalam keadaan tidak rusak.

2. Kompresor Rusak

Kompresor yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil menjadi tidak dingin. Kerusakan pada bagian ini biasanya bisa dilihat melalui sight glass yang berwarna hitam.

Sight glass yang menghitam menjadi tanda bahwa expansion valve atau receiver dryer terhambat. Kondisi ini dapat menyebabkan aus dan kerusakan. Apabila kompresor rusak, maka pengguna harus segera melakukan perbaikan dan mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

3. Motor Extra Fan Mati

Penyebab lain AC mobil tidak dingin adalah motor extra fan yang mati. Komponen ini berfungsi untuk proses kondensasi di dalam AC yang mengeluarkan udara dingin. Apabila motor extra fan rusak, maka proses kondensasi tidak dapat dilakukan secara maksimal.

Kerusakan pada komponen ini akan menyebabkan AC hanya akan mengeluarkan angin saja tanpa adanya suhu dingin. Jika ini terjadi, maka pengguna harus segera melakukan perbaikan di bengkel-bengkel terpercaya.

4. Kondensor Kotor

Fungsi Kondensor pada AC adalah sebagai pembuangan suhu panas yang dilepaskan kompresor. Komponen ini membutuhkan pembersihan rutin untuk menjaga debu dan kotoran tidak menempel pada tiap sisinya.

Apabila kondensor kotor, maka proses pembuangan panas tidak sempurna. Akibatnya, udara panas akan terjebak sehingga AC mobil menjadi tidak dingin. Solusinya, pemilik mobil harus membersihkan bagian kondensor agar AC berfungsi normal kembali.

5. Evaporator Tersumbat

Evaporator yang tersumbat akan menyebabkan aliran udara dari blower menjadi terhambat. Hal tersebut mengganggu sirkulasi AC sehingga AC mobil menjadi tidak dingin.

Untuk mengatasi masalah ini, pemilik mobil harus melakukan pembersihan rutin filter dari AC agar tidak mengganggu kinerja evaporator. Pembersihan dapat dilakukan setiap tiga sampai dengan empat bulan sekali, agar debu dan kotoran tidak menempel di evaporator.[]

Berita terkait
Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Aus
Kampas rem yang sudah habis atau aus tentunya akan mengganggu sistem pengereman mobil, sehingga berpotensi menyebabkan kecelakan.
Ini Gejala dan Penyebab Kerusakan Tie Rod pada Mobil
Gejala yang muncul ketika tie rod mengalami kerusakan adalah gerakan mobil yang oleng pada kecepatan normal atau bahkan dalam kecepatan rendah.
Cara Merawat Radiator Agar Mobil Tetap Prima
Merawat radiator Mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Radiator berfungsi sistem pendinginan kendaraan.
0
5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin
AC mobil merupakan salah satu komponen mobil yang sejatinya memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga fungsinya tetap normal.