5 Pengeluaran Kecil Ini Berpengaruh Pada Cash Flow

Pengeluaran kecil tersebut bisa berupa ongkos kirim, tambahan barang, kembalian, dan lain sebagainya.
Belanja berlebih (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Kamu pasti sering mengabaikan beberapa pengeluaran kecil yang kamu anggap sepele. Namun padahal pengeluara tersebut sangat berpengaruh pada cash flow mu dan bermanfaat bila kamu hitung ulang.

Pengeluaran kecil tersebut bisa berupa ongkos kirim, tambahan barang, kembalian, dan lain sebagainya. Seperti istilah latte factor yang dicetuskan David Bach, istilah itu mengarah pada kebiasaan seseorang yang sering mengabaikan pengeluaran kecil secara rutin.


1. Beli Barang yang Tidak Perlu

Beberapa di antara kamu pasti pernah membeli barang yang hanya dianggap lucu padahal tidak terlalu dibutuhkan dan diperlukan. Sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan ini karena akan berpengaruh pada cash flow mu. Terlebih ongkos kirim yang terkadang membuat barang tersebut menjadi mahal.


2. Mengabaikan Ongkos Kirim

Jika kamu sering menggunakan platform pasti tidak asing dengan istilah Ongkos Kirim atau ongkir. Bahkan kamu sering mengabaikan ongkir yang terbilang hanya ribuan, puluhan ribu, atau bahkan ratusan ribu. Sebaiknya pilihlah e-commerce yang menawarkan potongan ongkir atau bahkan gratis ongkir. Jika dihitung-hitung, sebenarnya uang tersebut dapat bermanfaat untuk kebutuhan lainnya.


3. Transfer Antar Bank

Seperti yang diketahui, transfer antar bank akan dikenakan biaya admin sebesar Rp6.500, hal tersebut tentunya sangatlah disayangkan jika dilakukan secara terus menerus. Pilihlah platform ataupun e-wallet yang menyediakan transfer dengan biaya admin lebih murah.


4. Ekstra Menu Saat Pesan Makanan

Ketika sedang berbelanja atau memesan makanan, pasti kamu pernah menambah menu yang tidak direncanakan. Seperti dengan Rp10.000 saja kamu bisa dapat kentang goreng, lalu kemu tergiur dan membelinya. Tanpa disadari, jika hal itu dilakukan secara terus menerus, akan menyebabkan pengeluaranmu terganggu dan membuat dompetmu menipis


5. Memilih Ukuran Large, Namun Jarang Habis

Hal kali ini mungkin sering dialami bagi sebagian orang. Karena kamu takut rugi jika membeli ukuran kecil ataupun sedang, kamu lebih memilih ukuran besar karena harganya tidak beda jauh. Padahal jika kamu membeli ukuran besar, belum tentu habis dan membuat uangmu terbuang sia-sia. Cobalah lebih bijak dalam memilih porsi ukuran makan dan minum mu.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Kembangkan Fitur E-Commerce, Ini Cara Belanja di TikTok Shop
Aplikasi TikTok terus mengeluarkan inovasi terbaru dengan fitur-fitur terupdate yaitu TikTok Shop. Berikut cara belanda di aplikasi ini.
Belanja Berlebih? Kenali 5 Ciri-ciri Mengalami Shopaholic
Seseorang yang mengalami shopaholic biasanya kesulitan dalam mengontrol keinginannya untuk berbelanja.
Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Belanja untuk Pelayanan Publik
Mendagri Tito minta kepala daerah tingkatkan belanja pelayanan publik atau belanja yang kemanfaatannya dirasakan langsung oleh masyarakat luas
0
5 Pengeluaran Kecil Ini Berpengaruh Pada Cash Flow
Pengeluaran kecil tersebut bisa berupa ongkos kirim, tambahan barang, kembalian, dan lain sebagainya.