UNTUK INDONESIA
5 Partai Pengusung Jokowi Koalisi di Pilgub Sumbar
Pengurus PDIP Sumatera Barat berkeyakinan lima partai pendukung Jokowi-Maruf 2019 kembali berkoalisi di pilkada Sumbar.
PDIP Sumatera Barat mulai membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur sumbar, serta bupati dan wakil bupati yang akan menjadi kontestasi pilkada 2020, Senin 25 November 2019. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Lima partai pengusung pasangan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin pada Pilpres 2019, diyakini kembali berkoalisi dalam pemilihan gubernur Sumatera Barat (Sumbar) 2020.

Masing-masing Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasdem, Golkar, PKB dan Partai Hanura.

Hal ini dinyatakan Ketua Bidang Organisasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumbar, Yeni S Tanjung di Padang, Selasa 10 Desember 2019.

"Melihat komunikasi dan hubungan yang terus terjalin, misalnya saja Febby Dt Bangso (Ketua PKB Sumbar) dengan Alex Indra Lukman (Ketua PDIP Sumbar), NasDem dan lainnya, koalisi kembali terulang sepertinya," katanya.

Meski demikian, PDIP mengaku tidak alergi dengan partai lain yang berasal bukan dari koalisi pilpres. Sebab PDIP menanamkan agar seluruh kader mencair dan berbaur dengan semua partai politik.

Menurut Yeni, koalisi di daerah dalam menghadapi Pilkada serentak 2020 tidak mesti selaras dengan koalisi di tingkat pusat.

Misalnya dulu, PDIP pernah berkoalisi dengan Demokrat mengusung calon bupati dan wakil bupati Solok. Bahkan di Kepulauan Mentawai, PDIP juga pernah berkoalisi dengan PKS.

"Tidak ada yang tidak mungkin. Koalisi tidak harus sama dengan antara DPD Sumbar atau pusat, tergantung kebutuhan masing-masing. PDIP sangat cair dan tidak kaku," tuturnya.

Di sisi lain, hingga kini partai besutan Megawati Soekarnoputri itu belum memutuskan siapa kandidat yang akan diusung menjadi gubernur dan wakil gubernur Sumbar untuk Pilkada 2020 mendatang. Sebab pihaknya masih melakukan penyeleksian bakal calon yang akan diusung kelak.

"Kami akan usung tokoh yang dekat dengan masyarakat tentunya. Rekam jejaknya juga bagus dan sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat Sumbar," katanya. []

Berita terkait
PDIP Sumbar Segera Rilis Nama Kandidat Pilkada 2020
PDIP Sumatera Barat bakal merilis nama-nama tokoh yang akan mengikuti tahap penyeleksian calon kepala daerah 2020.
KPU Sumbar Minta 162 Miliar untuk Pilgub 2020
KPU Sumbar mengajukan anggaran Pilgub tahun 2020 sebesar Rp 162 miliar. Naik sekitar 110 persen
Mantan Suami Dewi Persik Nyalon Gubernur Sumbar
Aldi Taher bertekad maju menjadi calon gubernur Sumatera Barat pada Pilkada 2020.
0
Yenny Wahid di Garuda, Pemerintah Balas Budi ke NU?
Pemilihan sosok Yenny Wahid di struktur internal perusahaan PT Garuda Indonesia sebagai upaya pemerintah dalam mengakomodir interes NU.