5 Olahan Mie Asal Korea Selatan yang Sangat Populer

Selain Ramyeon ternyata ada beberapa olahan mie asal negeri gingseng yang juga populer. Berikut 5 olahan mie asal Korea yang harus kamu ketahui.
Ilustrasi - Mie. (Foto: Tagar/Pexels/Rodnae)

Jakarta – Mie merupakan salah satu makanan populer yang sudah tak asing di telinga kita. Olahan yang umumnya berwarna putih atau kuning ini ternyata tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara Asia Tenggara lain, termasuk Korea Selatan.

Bagi para pecinta drama Korea, Ramyeon merupakan panganan mie yang sangat umum diketahui. Mie yang sering dijumpai dalam beberapa potongan scene drama Korea ini ternyata sangat populer di negaranya.

Selain Ramyeon, ternyata ada beberapa olahan mie asal negeri gingseng yang juga populer dan mampu menggoyang lidah para penikmatnya. Berikut 5 olahan mie asal Korea yang perlu kamu ketahui.


1. Jjangjangmyeon

Bagi K-Popers dan pecinta drama Korea, Jjangjangmyeon merupakan makanan yang tentu tak asing karena sering muncul di drama ataupun acara idol Korea.

Mi yang memiliki ciri khas warna hitam ini berbahan dasar tepung gandum dan disajikan bersama saus pasta kacang kedelai hitam.

Bertekstur lembut dan bercitarasa enak, tak mengherankan jika Jjangjangmyeon menjadi makanan yang paling sering di pesan di resto dan kedai mi Korea. Selain populer di negaranya, mi hitam ini juga cukup populer di Indonesia dan kerap ditemui beberapa retoran Korea.


2. Naengmyeon

Selain terkenal akan makanan-makanannya yang nikmat, Korea juga memiliki makanan unik yang bisa membuat Anda mengerutkan dahi. Naengmyeon merupakan olahan mi yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dingin dan potongan es batu.

Meski terdengar aneh, cukup banyak warga Korea yang gemar mencicipi olahan satu ini. Karena beriklim 4 musim, Naengmyeon paling sering disajikan saat musim panas berlangsung.


3. Japchae

Jika di Indonesia ada mi bihun goreng, di Korea olahan seperti ini diberi nama Japchae. Japchae merupakan olahan mi berbahan dasar tepung ubi jakar khas Korea yang biasa disajikan dengan bermacam pelengkap, seperti sayuran dan daging-dagingan.

Mie yang konon pertama kali dihidangkan pada masa dinasti Joseon ini memiliki citarasa yang agak asin karena penggunaan kecap asin dalam takaran penyajiannya.


4. Kongguksu

Jika sebelumnya ada Jjangjangmyeon yang mie nya berwarna hitam, kali ini ada hidangan mi asal Korea yang berkuah putih. Kongguksu merupakan olahan mi berkuah susu kedelai yang disajikan dingin bersama es batu serta potongan mentimun.

Walaupun mirip dengan Naengmyeon, Kongguksu ini memiliki kuah yang lebih putih serta kaya akan protein. Mie kuah yang memiliki citarasa yang gurih dan manis ini diketahui menjadi salah satu hidangan yang populer bagi kalangan vegetarian Korea.


5. Jjamppong

Bagi Anda pecinta seafood dan makanan pedas, Jjampong merupakan salah satu olahan mi yang wajib dicoba. Jjampong adalah kuliner mi yang dipadukan dengan seafood dan sayuran serta diberi kuah pedas yang berasal dari gochugaru (bubuk cabai) dan capsaicin.

Makanan yang pernah muncul di drama korea It’s Okay to Not Be Okay dan Vincenzo ini sangat nikmat disajikan saat musim dingin atau hujan karena mampu menghangatkan tubuh.

(Eka Cahyani)



Berita terkait
5 Kuliner Asli Indonesia yang Mendunia
Kuliner Indonesia bahkan sudah mendunia. Banyak orang-orang luar juga menyukai makanan Indonesia karena rasanya yang kaya akan rempah-rempah.
5 Jenis Kuliner Ekstrem di Indonesia yang Harus Diketahui
Indonesia memang terkenal dengan ragam kuliner yang lezat dan membuat ketagihan. Namun, tak sedikit pulu kuliner yang ekstrem yang harus diketahui.
5 Kuliner Legendaris yang Pernah Dikunjungi Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir ternyata juga pencinta kuliner Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Berikut daftar makanannya.
0
5 Olahan Mie Asal Korea Selatan yang Sangat Populer
Selain Ramyeon ternyata ada beberapa olahan mie asal negeri gingseng yang juga populer. Berikut 5 olahan mie asal Korea yang harus kamu ketahui.