UNTUK INDONESIA

5 Nutrisi Terbaik untuk Mengatasi Mata Kering

Mengatasi mata kering dengan makanan yang terkandung pada nutrisi berikut.
ilustrasi mata kering. (Foto: Tagar/drbittel.com)

Jakarta – Seharian bekerja di depan layar komputer membuat mata mudah kering, situasi ini terasa sangat tidak nyaman. Penyakit mata kering merupakan kondisi saat mata tidak mendapat pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini membuat mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata.

Mata kering ditandai dengan timbulnya rasa gatal, mata kemerahan, muncul lendir di area mata, mata terasa capek, dan penglihatan menjadi kabur. Kondisi mata kering ini bisa diatasi dengan makanan yang mengandung nutrisi terbaik dan beberapa vitamin serta zat gizi.

Jika ingin mengatasi gejala mata kering dan meningkatkan kesehatan mata selain dengan obat-obatan, kamu dapat konsumsi makanan yang mengandung nutrisi terbaik bagi mata. Berikut nutrisi terbaik untuk mengatasi mata kering dikutip dari laman webmd.com:

1. Asam lemak Omega-3

Nutrisi ini dapat meredakan iritasi mata kering dan gatal. Secara khusus, omega-3 membantu meredakan peradangan di kelopak mata atau di permukaan mata. Mereka juga dapat membantu air mata bekerja lebih baik.

Omega 3 membantu kelenjar meibom yang ada di mata anda menjadi lebih berminyak pada air mata. Minyak membantu menjaga agar air mata tidak cepat mengering.

Ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Selain ikan, berikut makanan yang kaya akan omega 3:

Tuna (segar, tidak kalengann), Ikan kembung, Ikan salmon, Ikan haring, Teri, Kacang dan biji-bijian, Minyak sayur, Kedelai dan Sayuran berdaun hijau.

2. Vitamin A

Nutrisi vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata agar tidak kering. Kebutuhan vitamin A yang seharusnya dipenuhi dalam satu hari adalah sekitar 600 mcg. Tanpa harus mengonsumsi suplemen vitamin A, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin A dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan vitamin A.

Makanan terbaik yang mengandung vitamin A yaitu:

Ikan salmon, Minyak hati ikan kod, Telur ikan atau caviar, Hati ayam, Keju, Telur rebus, Brokoli, Wortel dan Sayuran berdaun hjau.

3. Vitamin C

Vitamin C juga disebut dengan asam askorbat, penting untuk pembuluh darah pada mata. Nutrisi ini sangat membantu dalam mencegah katarak, juga membantu kesehatan mata secara keseluruhan.

Makanan dengan sumber vitamin C terbaik yaitu:

Jeruk, Jus jeruk, Jus anggur, Bayam dimasak, Tomat, Pisang, dan Apel

4. Vitamin E

Kekuatan antioksidan nutrisi ini melindungi sel-sel di mata dari kerusakan. Vitamin E juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber terbaik vitamin E terdapat pada makanan:

Sereal gandum (bibit gandum), Kacang almond, Biji bunga matahari, Selai kacang, Kacang hazel, dan Ubi.

5. Zinc

Zink merupakan mineral penting yang membantu mendapatkan vitamin A dari hati ke retina mata untuk membuat sesuatu yang disebut melanin. Melamin adalah pigmen yang melindungi mata. 

Jika Anda tidak mendapatkan cukup Zink pada mata maka akan berisiko lebih tinggi terkena infeksi. Tubuh tidak membuat seng secara alami, jadi penting untuk mendapatkannya melalui makanan.

Anda bisa mendapatkan tambahan zink pada makanan seperti tiram, daging sapi, lobster, yogurt, ikan salmon, susu dan sereal yang diperkaya telur. []

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Nutrisi Penting untuk Imunitas Tubuh Lawan Corona
Pandemi virus Corona mengingatkan masyarakat untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Berikut nutrisi yang harus dipenuhi di dalam tubuh.
Kekurangan Nutrisi, Bisa 'Kena' Kanker dan Jantung
Nutrisi sangat penting untuk tubuh, bila kekurangan dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker.
Lima Nutrisi yang Paling Sering Tidak Terpenuhi
Dengan memakan makanan bergizi dan seimbang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, tapi kenyataannnya sering terjadi ada zat gizi yang tidak terpenuhi
0
5 Nutrisi Terbaik untuk Mengatasi Mata Kering
Mengatasi mata kering dengan makanan yang terkandung pada nutrisi berikut.