UNTUK INDONESIA
5 Minyak Esensial Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Minyak esensial bisa digunakan untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah yang mengganggu.
Ilustrasi Minyak Esensial. (Foto: nutraingredients-usa.com/Getty Images)

Jakarta - Ketika bibir kering dan pecah-pecah tentu bisa membuat penampilan terganggu dan tidak nyaman. Tak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah kecantikan tersebut bisa menggunakan bahan alami yakni beberapa jenis minyak esensial.

Bibir kering dan pecah-pecah biasanya terjadi karena beberapa faktor, seperti terpapar sinar matahari langsung, sering menjilat bibir, cuaca dingin, dehidrasi, alergi, sampai efek samping dari obat-obat tertentu. Sehingga, dengan adanya sejumlah minyak esensial, masalah tersebut bisa teratasi dan penampilan tampak lebih sempurna.

Dilansir dari laman Brights Stuffs, berikut Tagar mengulas beberapa minyak esensial yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

1. Minyak Lavender

Minyak lavender menjadi salah satu jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Sebab, minyak yang diekstrak dari tanaman lavender ini bersifat menenangkan dan anti-inflamasi di dalamnya, sehingga bisa mengobati masalah tersebut dengan cepat.

Caranya, cobalah campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan ke bibir empat kali dalam sehari secara rutin agar bibir kering dan pecah-pecah bisa teratasi dengan waktu singkat.

2. Minyak Peppermint

Minyak atsiri pappermint memiliki kandungan L-mentol yang mampu mendinginkan dan meningkatkan sirkulasi darah di bibir. Sifat analgesik yang disimpan jenis minyak esensial satu ini juga bisa meredakan bibir pecah-pecah.

Minyak peppermint juga bisa membuat bibir menjadi lembab karena kandungan asam lemak omega 3 yang dimilikinya. Selain itu, kandungan Vitamin C yang disimpan juga mampu melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari langsung.

3. Minyak Geranium

Minyak geranium merupakan jenis minyak yang didapatkan dari batang dan daun tanaman mawar granium. Minyak satu ini bisa mengobati luka di bibir akibat terlalu kering dan juga pecah-pecah lantaran sifat anti-inflamasi yang disimpannya.

4. Minyak Esensial Chamomile

Minyak satu ini didapatkan dari ekstrak bunga Chamomile dan dikenal mampu menenangkan bibir pecah-pecah. Sebab, kandungan anti-oksidan di dalamnya bisa menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu bibir pecah-pecah.

5. Minyak Esensial Melati

Ketika bibir pecah-pecah bahkan terkelupas, cobalah gunakan minyak esensial melati untuk mengatasinya. Sebab, minyak yang diekstrak dari bunga melati ini mengandung sifat cicatrizant dan pelembab yang mampu menenangkan.

Selain itu, minyak esensial melati juga dapat melindungi bibir dari infeksi akibat pecah-pecah. Agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal, cobalah campurkan minyak melati dengan minyak jojoba.

Nah, itulah beberapa jenis minyak yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Dengan begitu, masalah kecantikan satu ini bisa teratasi secara alami dan dalam waktu singkat.

Baca Juga:

Beragam Manfaat Micellar Water Selain Hapus Makeup

Cara Mencerahkan Kulit Leher Secara Alami

Berita terkait
Bahan Campuran Kunyit untuk Mengatasi Jerawat
Kunyit yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya bisa digunakan untuk membantu mengatasi jerawat yang menganggu. Berikut penjelasannya.
Tips Mudah Makeup Agar Wajah Terlihat Lebih Tirus
Memiliki wajah tirus, idaman bagi kebanyakan kaum hawa. Makeup atau riasan wajah kini bisa menjadi solusi atas keinginan tersebut.
Lima Bahan Alami Mengatasi Rosacea Pada Kulit
Rosacea atau kondisi kulit kemerahan dan timbulnya benjolan atau bintik seperti jerawat bisa diatasi dengan beberapa bahan alami.
0
5 Minyak Esensial Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Minyak esensial bisa digunakan untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah yang mengganggu.